Fobis.ID > Aplikasi > Cara Akses Aplikasi SatuSehat Serta Cetak Sertifikasi Vaksin Cepat

Cara Akses Aplikasi SatuSehat Serta Cetak Sertifikasi Vaksin Cepat

Ketahui cara akses aplikasi SatuSehat serta cetak sertifikat vaksin Covid-19 mudah dan lengkap bagi warga Indonesia. SatuSehat merupakan aplikasi untuk menyatukan data rekam medis pasien dalam satu platform Indonesia Health Services.

Kementerian Kesehatan merilis aplikasi SatuSehat sebagai wujud dari tiang transformasi teknologi kesehatan. Sebelumnya terdapat 400 aplikasi pelaporan pasien bagi tenaga kesehatan.

Melalui aplikasi SatuSehat Kemenkes RI merangkum banyaknya aplikasi tersebut ke dalam 8 aplikasi digital. Aplikasi SatuSehat Mobile rilis pada 1 Maret 2023 resmi menggantikan aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: 3 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Perusahaan 2023

Setiaji selaku Ahli Teknologi Kesehatan Menkes sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) pada, Selasa (28/02/23) menganjurkan masyarakat untuk memperbaharui aplikasi PeduliLindingi.

Sangat mudah untuk memperbarui aplikasi PeduliLindungi menjadi SatuSehat Mobile. Cukup dengan memperbarui aplikasi melalui Play Store atau App Store maka aplikasi SatuSehat telah terunduh.

Cara Akses SatuSehat Mudah

Pengguna aplikasi SatuSehat cukup log in menggunakan nomor telepon atau email. Pastikan nomor telepon atau email sesuai dengan yang terdaftar pada PeduliLindungi. Dengan begitu data secara otomatis dapat langsung berpindah.

Melansir laman Kementerian Kesehatan RI cara akses aplikasi SatuSehat sangat mudah. Untuk akses aplikasi SatuSehat ikuti langkah berikut ini:

  • Unduh aplikasi SatuSehat Mobile dari Play Store atau App Store
  • Klik “Daftar” untuk membuat akun, atau “Masuk” dengan akun terdaftar
  • Masukkan nama dan alamat email untuk mendaftar atau masuk ke akun
  • Masukkan kode OTP yang dikirim melalui email
  • Lengkapi profil dengan memilih menu “Akun” di pojok kiri atas
  • Klik ikon pensil untuk mengedit dan melengkapi profil
  • Setelah itu, Masukkan informasi
  • Kemudian klik “Simpan”
  • Klik tombol View QR Code dan akan muncul layar barcode di layar HP.
  • Tunjukkan kode QR profil SatuSehat kepada petugas saat bepergian dengan kereta api atau pesawat.

Lantas apa perbedaan aplikasi PeduliLindingi dengan SatuSehat? Perbedaan PeduliLindingi dengan SatuSehat terlihat dari cara mencetak sertifikat vaksin Covid-19.

Mengecek informasi sertifikasi vaksin melalui aplikasi PeduliLindingi ada pada fitur “Sertifikat Vaksin.” Sementara, pada aplikasi SatuSehat fitur informasi dan cetak sertifikat vaksin berada pada fitur “Vaksin dan Imunisasi.

Baca Juga: Bayar Belanjaan di Shopee Lebih Mudah dengan Aplikasi DANA

Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19

Nah, berikut adalah cara akses aplikasi SatuSehat serta cetak sertifikat vaksin Covid-19.

Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19
  • Buka aplikasi dan login ke aplikasi SatuSehat Mobile pada ponsel Anda
  • Untuk mengakses aplikasi, pengguna dapat menggunakan nomor telepon atau alamat email yang digunakan di PeduliLindungi
  • Setelah login, pilihlah pada menu Vaksin dan Imunisasi pada bagian atas halaman aplikasi SatuSehat
  • Setelah itu, klik Vaksin Dewasa dan kemudian klik pada ikon profil yang tersedia
  • Setelah itu, daftar kartu vaksinasi digital akan muncul untuk semua langkah yang diambil oleh pemilik akun dan anggota keluarganya

SatuSehat hadir menjadi sebuah inovasi. Aplikasi ini juga membuka kesempatan luas kepada penggunakanya untuk melakukan registrasi melalui tautan http://satusehat.kemkes.go.id/platform/.

Mengetahui cara akses aplikasi SatuSehat serta cetak sertifikat vaksin Covid-19 sangat membantu. Belum lagi, secara otomatis sertifikat vaksin yang ada pada PeduliLindingi tersinkronisasi ke SatuSehat.

Sehingga pengguna tidak perlu lagi membuat akun baru saat mengunduh aplikasi SatuSehat.

Sebelumnya, pada aplikasi PeduliLindingi terdapat fitur hasil tes antigen dan polymerase chain reaction (PCR), vaksinasi Covid-19, dan pindai QR code saat masuk ke ruang publik atau transportasi umum.

Kedepannya akan terdapat fitur diary kesehatan dari aplikasi SatuSehat. Fitur diary kesehatan dari SatuSehat bertujuan memonitor kondisi kesehatan seseorang memantau kesehatan diri.

Demikian cara cara akses aplikasi SatuSehat serta cetak sertifikat vaksin Covid-19. Terimakasih

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar