Fobis.ID > Aplikasi > Tips Mengosongkan Ruang Penyimpanan Google

Tips Mengosongkan Ruang Penyimpanan Google

FOBIS.ID – Sebagian dari kita memakai penyimpanan Google sebagai hard drive modern. Di sinilah dokumen-dokumen penting, kenangan, dan komunikasi kita berada. Namun, seperti halnya dengan hard drive tradisional, ruang penyimpanan Google tidak tak terbatas, dan kehabisan ruang bisa menjadi masalah nyata. Lantas adakah cara mengosongkan ruang penyimpanan Google yang efektif? Berikut ini caranya.

Secara default, Google menawarkan 15GB ruang untuk semua akun. Di dalamnya termasuk konten dari Gmail, Google Drive, dan Google Photos. Namun, data bertambah dengan cepat, apalagi bila banyak video ataupun foto tahu-tahu sudah kehabisan ruang.

BACA: Cara Transfer File dari HP ke Laptop Tanpa Kabel Data Pakai Bluetooth hingga Google Drive

Untuk memeriksa status penyimpanan saat ini maka kunjungi halaman penyimpanan di Google. Cara paling praktis adalah membeli lebih banyak ruang dengan harga serendah $2 per bulan untuk tambahan 100GB.

Namun, pada cara untuk mengosongkan ruang pada Google tanpa harus mengeluarkan uang ekstra.

Sebuah sesi membersihkan sederhana bisa cukup untuk membersihkan sarang laba-laba virtual ini dan memberi ruang yang cukup untuk berkembang.

Mengosongkan Ruang dengan Cara Menghapus Berkas di Google Drive

Google Drive adalah tempat umum di mana berkas-berkas yang memakan ruang berkumpul dan mengurangi kuota, namun membersihkannya tidak memerlukan waktu lama.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengosongkan ruang dengan cara menghapus berkas di Google Drive

  • Buka tautan ini untuk melihat daftar semua berkas Drive lantas urutkan berdasarkan ukuran, dengan berkas terbesar berada di bagian atas.
  • Tinjau berkas-berkas terbesar dan hapus apa pun yang tidak lagi berguna.
  • Klik ikon berbentuk gigi di sudut kanan atas Drive, lalu pilih Pengaturan, diikuti oleh Kelola Aplikasi.
  • Beberapa aplikasi yang terkait dengan penyimpanan Google Drive mungkin memiliki data tersembunyi. Untuk aplikasi mana pun yang memiliki data tersembunyi, klik kotak Opsi abu-abu di sebelah kanan, lalu pilih Hapus data aplikasi tersembunyi.
  • Buka folder Sampah Drive lanjutkan dengan mengeklik tautan “Kosongkan sampah” di bagian atas halaman.

Mengosongkan Penyimpanan Foto

Kecuali saat ini memiliki model ponsel Pixel 5 atau sebelumnya, setiap foto dan video yang disimpan cadangan di Google Photos setelah 1 Juni 2021, dihitung dalam penyimpanan Google.

BACA: Beasiswa Doktoral Google Cek Link Berikut Kuliah S3 di Luar Negeri

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengosongkan ruang:

Konversikan foto Anda ke opsi “Penyimpanan hemat” Google (dulu dikenal sebagai “Kualitas Tinggi”). Ini akan mengompres gambar menjadi 16MP dan video menjadi 1080p, menghemat ruang penyimpanan yang signifikan tanpa kehilangan kualitas yang nyata.

Beralih ke penyimpanan hemat di Pengaturan Foto

Jika Anda beralih ke penyimpanan hemat, foto-foto sebelumnya tidak secara otomatis akan dikompres. Untuk melakukannya, di halaman pengaturan Foto, cari tombol “Pulihkan penyimpanan”, yang akan mengompres banyak (tapi tidak semua) video dan foto yang ada. (Periksa daftar di halaman dukungan Google untuk melihat foto mana yang akan terpengaruh.)

Bersihkan Sampah Gmail

Email tidak memakan banyak ruang, namun lampiran adalah biangnya. Berikut adalah cara mengatasinya:

Buka situs web Gmail dan ketik “has:attachment larger:10M” ke dalam kotak pencarian di bagian atas.
Identifikasi pesan-pesan dengan lampiran yang dapat dibuang dan hapus mereka.

Jika Anda seperti kebanyakan orang, dan cenderung mengabaikan sebagian besar, jika tidak semua, email yang masuk ke folder Promosi maka berikut cara membersihkannya:

Buka bagian Promosi, dan klik pada kotak centang kecil tepat di bawah kolom pencarian, lalu Pilih semua [jumlah] percakapan di Promosi > Hapus pilihan.

Jika Anda lebih suka menghapus promosi tertentu, buka salah satu email dari perusahaan yang tidak ingin Anda terima lagi. Setelah mengklik tombol Berhenti Berlangganan di sebelah alamat email, pergi ke kanan alamat email, klik pada tiga titik, lalu pada Filter pesan seperti ini > Cari. Anda kemudian dapat menggunakan metode di atas untuk menghapus semua email dari pedagang tersebut.

Sekarang Anda dapat menghapus semuanya sepenuhnya

  • Buka folder Spam Anda, dan klik tautan Hapus semua pesan spam sekarang.
  • Buka folder Sampah Anda, dan pilih Kosongkan Sampah sekarang untuk mengirim semua sesuatu pergi selamanya.

Rasanya lebih lega, bukan?

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar