Fobis.ID > Artikel > 4 Cara Aktivasi Windows 10 Gratis 100% Works

4 Cara Aktivasi Windows 10 Gratis 100% Works

Ternyata ada cara aktivasi Windows 10 gratis yang tak banyak orang tahu. Windows 10 adalah sistem operasi yang populer dan terkenal di seluruh dunia. Namun, untuk menggunakannya Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Dengan mengaktivasi pengguna dapat mengakses seluruh fitur dan layanan dari sistem operasi ini. Untuk mengaktivasi Windows 10 Anda memerlukan Product Key. Sedangkan harga Product Key sangatlah mahal.

Namun kini tak perlu khawatir. Pasalnya sudah ada cara aktivasi Windows 10 gratis dan mengunduhnya sangat mudah.

BACA JUGA: Harga 5 Juta Bisa Gaming! 5 Laptop Murah Worth It Tahun 2023

Cara Aktivasi Windows 10 Gratis

Untuk mengaktifkan Windows 10 secara gratis menggunakan kode produk, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Gunakan Kode Produk

Salah satu cara termudah untuk mengaktifkan Windows 10 adalah dengan menggunakan kode produk. Microsoft akan memberikan kode produk nya jika Anda membeli lisensinya.

Cara Aktivasi Windows 10 Gratis

Pengguna harus memasukan kode produk untuk aktivasi saat pertama kali Anda menginstal Windows 10 di PC atau laptop Anda.

  • Buka halaman Aktivasi Windows di Settings. Caranya dengan menekan tombol Windows + I (untuk membuka Control Panel), kemudian memilih Update & Security > Activation
  • Pada halaman Aktivasi, pilih Opsi Aktifkan Windows
  • Pada jendela yang muncul, masukkan Kode Produk Anda dan klik tombol ‘Berikutnya’ untuk melanjutkan proses aktivasi
  • Setelah itu, sistem akan melakukan verifikasi Kode Produk dan akan mengaktifkannya secara otomatis jika valid. Jika tidak valid, Anda akan diminta untuk memasukkan kode produk yang benar atau mencoba kode produk lainnya jika tersedia

Catatan: Kode produk gratis umumnya tidak valid dan dapat menyebabkan masalah pada sistem. Gunakan kode produk yang valid dan resmi.

2. Gunakan Tool Activator KMS

Tool activator KMS (Key Management Service) membantu cara aktivasi Windows 10 gratis. Anda dapat menggunakan fitur ini secara legal meregistrasikan lisensi Windows 10 tanpa harus membayar biaya apapun.

Key Management Service ini bekerja dengan cara mereset waktu kadaluarsanya lisensi. Dengan begitu Anda bisa terus menggunakannya tanpa batas waktu tertentu.

  • Download dan install Tool Aktivator KMS dari situs web resmi
  • Buka aplikasi, lalu pilih opsi “Aktifkan Windows 10” pada menu utama
  • Tunggu beberapa saat hingga proses aktivasi selesai.
  • Restart komputer Anda untuk menerapkan perubahan dan menyelesaikan proses aktivasi Windows 10 dengan Tool Aktivator KMS

BACA JUGA: Simak! Keunggulan Galaxy S23 Series yang Baru Saja Rilis

3. Gunakan Media Creation Tool

Media Creation Tool merupakan alat gratis yang Microsoft sediakan. Anda dapat menggunakan alat ini secara legal dengan meregistrasikan lisensi Windows 10 tanpa harus membayar biaya apapun.

Selain ini, alat ini bekerja dengan cara mendownload file instalasi Windows 10 langsung ke PC atau laptop. Sehinga Anda bisa langsung meregistrasikannya setelah proses download selesai. Kunjungi situs resmi Microsoft untuk mengunduh Media Creation Tool.

  • Klik tombol “Unduh tool sekarang” untuk memulai proses download
  • Setelah file berhasil terunduh, jalankan programnya dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk menginstal Windows 10 di komputer Anda
  • Pada layar pertama, pilih opsi “Upgrade PC saat ini”. Kemudian klik tombol “Mulai”
  • Pada layar berikutnya, pilih versi Windows 10 yang ingin Anda instal dan klik tombol “Lanjutkan”
  • Setelah proses instalasi selesai, masuk ke Pengaturan > Aktivasi > Masuk dengan akun
  • Microsoft Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan Windows 10 secara gratis dengan cara tersebut.

Catatan: Pastikan bahwa Anda memilih versi gratis (Windows 10 Home atau Pro). Jika Anda memilih versi berbayar, maka akan ada biaya yang harus dibayarkan ke Microsoft sebelum aktivasi berhasil.

4. Gunakan Software Activator Genuine

Software Activator Genuine adalah salah satu software gratisan yang tersedia di internet. Anda dapat menikmati semua fitur dan layanan tanpa bayar. Menggunakan layanan ini menjadi salah satu cara aktivasi Windows 10 gratis.

Layanan ini sendiri berfungsi dengan cara membuat keygen baru setelah proses instalasi Windows 10. Dengan demikian Anda bisa langsung mengatur ulang versinya dari sistem operasi tersebut.

  • Download Software Activator Genuine dari situs web yang tersedia
  • Buka software dan ikuti petunjuk yang ada untuk menginstalnya
  • Setelah selesai, buka software dan klik tombol “Aktivasi Windows 10”
  • Tunggu proses aktivasi selesai dan restart komputer Anda jika diperlukan
  • Setelah itu, cek status aktivasi Windows 10 Anda dengan mengetik “winver” di jendela Run (tekan tombol Windows + R). Jika status aktivasinya berubah menjadi “Aktif”, maka proses aktivasi berhasil dilakukan dan Anda sudah dapat menggunakan Windows 10 secara gratis!


Demikian cara aktivasi Windows 10 gratis yang tak banyak orang tahu. Semoga bermanfaat.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar