Fobis.ID > Artikel > Android 13 QPR 1 Versi Beta Sudah Meluncur, Ada Fitur Khusus Untuk Pengguna Pixel

Android 13 QPR 1 Versi Beta Sudah Meluncur, Ada Fitur Khusus Untuk Pengguna Pixel

Android 13 QPR 1 versi beta sudah meluncur, ada fitur khusus untuk pengguna pixel model tertentu. Apakah Ponsel Anda salah satunya?

QPR atau Quarterly Platform Release 1 adalah update 4 bulanan dari Android 13 untuk peningkatan performa

Bagi Anda yang bukan pemilik Pixel jangan berkecil hati, pada akhirnya fitur Android 13 QPR 1 akan bisa digunakan di semua ponsel Android.

Namun Google tampak ingin mengistimewakan Pixel sebagai ponsel besutan mereka, dengan memberi kesempatan lebih dulu untuk menjajal beragam fitur dan penyesuaian dari Android 13.

Namun tidak semua ponsel pixel bisa mendapatkan versi beta Android 13 QPR 1, hanya Pixel 4 ( 4a dan 4a 5G ), Pixel 5 (model dasar dan 5a ), seri Pixel 6 , dan seri Pixel 7 yang bisa mencicipinya lebih dulu.

Menurut Mishaal Rahman, pengamat Android, semua yang ada di versi beta QPR 1dapat dibagi menjadi dua kategori.

Yaitu perubahan desain yang akan didapatkan oleh semua perangkat Pixel yang terdaftar dan fitur yang eksklusif untuk beberapa model Pixel diatas.

Sebagai permulaan, mode desktop di Android 13 telah mendapatkan “opsi jendela yang ditingkatkan”.

Melalui bilah judul baru yang memudahkan untuk menyeret jendela di sekitar layar, kembali ke halaman sebelumnya, atau membuka bilah tools.

Fitur “Transient taskbar” yang baru akan membuat bilah navigasi di beranda Pixel muncul di aplikasi penjelajahan atau aplikasi lain setiap kali Anda menggesek ke atas dari bawah.

Transient Taskbar bisa segera ditarik ke bawah agar tidak mengganggu. Google akan kembali ke desain lama dengan volume dering dan notifikasi yang dipisah.

Selama bertahun-tahun, Anda mendapatkan pengaturan volume dering dan notifikasi jadi satu, jadi senang melihat pengembalian ini.

Aplikasi di layar beranda memiliki ruang ekstra di sekitarnya untuk membuka tab baru.

Ini berarti akan ada lebih sedikit ruang pada peluncur dan Anda mungkin harus menggulir ke bawah lebih jauh untuk menemukan aplikasi yang Anda inginkan. Tetapi padding baru membuat menu terlihat tidak terlalu berantakan.

Fitur Eksklusif

Beberapa fitur yang lebih menarik bisa dibilang eksklusif untuk model Pixel tertentu.

Pixel 6 Pro, misalnya, memiliki driver tampilan yang diperbarui yang memungkinkan pengguna memilih “opsi resolusi layar 1080p”, yang lebih rendah dari resolusi asli 1440p. Opsi ini dapat meningkatkan masa pakai baterai.

Selain itu, audio spasial hadir di 6 Pro bersamaan dengan model dasar Pixel 6, Pixel 7, dan Pixel 7 Pro bertepatan dengan fitur yang hadir di Pixel Buds Pro bulan depan.

Rahman memprediksi ada lebih banyak pembaruan yang bisa dinikmati dari beta Android 13 daripada yang sudah dijelaskan diatas, tetapi ini adalah pembaruan yang paling menonjol.

Tidak diketahui apakah dan kapan fitur ini akan diluncurkan secara resmi tetapi Rahman mengklaim versi beta akan dirilis secara stabil sekitar bulan Maret.

Jika Anda ingin mencoba versi beta, Anda dapat bergabung dengan program Android Beta for Pixel di situs web Google lalu instal melalui pengaturan.

Google menyatakan dalam catatan rilis bahwa beta memiliki beberapa masalah kinerja dan stabilitas, jadi berhati-hatilah saat mencobanya.

Baca juga: Sigma Battle Royale di Playstore Kembali Bisa di Download, Apakah Benar ? Coba Cek Ini

Bagi pengguna Android lain jangan berkecil hati, pasti Anda bisa mendapatkan update Android 13 QPR 1setelah semuanya lebih siap dan lebih stabil.

Diperkirakan pada pertengahan tahun 2023 versi update Android 13 QPR 1 bisa digunakan untuk ponsel Android tanpa terkecuali.

Kami akan selalu memantau berita terkini mengenai update Android 13 dan segera memberitahukan kepada Anda jika ada pembaharuan informasi.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar