Fobis.ID > Artikel > Apple Tingkatkan Keamanan Digital Pada macOS 13.2 dan iOS 16.3

Apple Tingkatkan Keamanan Digital Pada macOS 13.2 dan iOS 16.3

Apple tingkatkan keamanan digital pada MacOS 13.2 dengan kunci keamanan terbaik sebagai lapisan perlindungan ekstra pada data Anda.

Rilis iOS 16.3 paling baru merupakan komitmen Apple untuk menambahkan kompatibilitas kunci keamanan ke perangkat iPhone dan iPad-nya.

Tidak lupa, penambahan juga dilakukan pada laptop dan desktop dengan pembaruan macOS 13.2.

Pembaruan ini konon menggunakan rekomendasi paling baik saat ini untuk kunci keamanan fisik bagi setiap perangkat.

Dalam meningkatkan kunci keamanan, Apple mengikuti standar FIDO sebagai aliansi terdepan dalam keamanan kredensial yang juga diikuti oleh sebagian besar teknologi besar.

Kunci keamanan terbaru Apple berupa perangkat fisik yang dapat Anda gunakan untuk mengautentikasi login ke situs web atau layanan, ini merupakan jenis metode autentikasi multifaktor (MFA).

Jika metode MFA lain yang lebih umum menggunakan pesan SMS atau aplikasi autentikator di perangkat lain.

Maka kunci keamanan fisik tidak terhubung ke jaringan Anda, sehingga terlindung dari potensi penyusupan.

Namun kunci keamanan fisik juga mempunyai kelemahan, yaitu tidak ada salinan kunci dekripsi terkait yang disimpan pada jaringan cloud.

Artinya jika Anda salah menempatkannya, Anda tidak akan dapat masuk. Apple tidak simpan cadangan apa pun, jadi Anda mungkin terkunci secara permanen dari akun Anda.

Apa Itu Aliansi FIDO?

Aliansi FIDO (Fast Identity Online) diluncurkan secara publik pada tahun 2013.

FIDO membuat standar dan mengadopsi teknologi autentikasi yang lebih kuat dan sederhana atas nama pengguna, kata sandi, dan metode lama lainnya untuk masuk ke layanan online.

Anggota FIDO Alliance mencakup platform teknologi terbesar di dunia seperti Apple, Google, dan Microsoft.

Ada juga perusahaan keuangan seperti Visa, Mastercard dan JCB.

Kemudian pemain perangkat konsumen seperti Samsung dan Huawei.

Beberapa media sosial dan Ecommerce juga mengadopsi FIDO, seperti Meta dan Twitter; Amazon dan eBay.

Mereka semua merupakan pemangku kepentingan yang berpartisipasi dalam aktivitas pembuatan dan adopsi standar FIDO Alliance berbayar.

Saat ini, standar FIDO didukung oleh miliaran perangkat dan semua browser web modern.

Juga mendapat dukungan dari ratusan produk bersertifikat FIDO, dan penyedia layanan utama seperti Amazon, eBay, dan Microsoft sudah menawarkan FIDO untuk masuk.

Menggunakan Kunci Keamanan Fisik Pada Perangkat Apple

Anda dapat menggunakan kunci keamanan saat masuk ke AppleID, mereka akan menggantikan kode enam digit biasa yang terdiri dari proses MFA standar.

Namun, Anda tidak dapat menggunakan kunci keamanan untuk masuk ke akun AppleID lain, Anda juga tidak dapat menggunakannya pada iCloud untuk Windows.

Untuk menggunakannya dengan Jam Tangan Apple, mereka harus dipasangkan dengan ponsel Anda sendiri, bukan ponsel anggota keluarga.

Apple telah merekomendasikan apa yang diyakini sebagai tiga contoh kunci keamanan yang baik, yaitu YubiKey 5C NFC, YubiKey 5Ci, dan FEITAN ePass K9 NFC USB-A.

Dua yang pertama dikatakan akan bekerja dengan sebagian besar Mac dan iPhone karena menggunakan fitur USB-C.

Sedangkan yang terakhir akan bekerja dengan model lama dari perangkat Apple  karena menggunakan koneksi USB-A.

Baca juga: Ada Masalah Teknis, Apple Tunda Peluncuran Kacamata AR

Secara lebih umum, perusahaan menyatakan bahwa kunci keamanan apa pun yang Anda pilih harus bersertifikat FIDO dan memiliki jenis koneksi yang tepat untuk perangkat Anda.

Apple menyatakan bahwa kunci keamanan dengan konektor USB-C berfungsi dengan sebagian besar perangkatnya.

Kemudian kunci keamanan yang menggunakan komunikasi jarak dekat (NFC) hanya berfungsi dengan iPhone dari iPhone 6 dan seterusnya.

Ini terhubung secara nirkabel ke perangkat Anda, tetapi tidak menggunakan jaringan wi-fi Anda, jadi aman dari pengintaian.

Update Terbaru Apple Tingkatkan Keamanan

Pada Mei 2023 Apple kembali meningkatkan sistem keamanannya berupa update Rapid Scurity Response untuk pengguna iOS 16.4.1, iPadOs 16.4.1 dan macOS 13.3.1.

Update tersebut bisa pengguna unduh pada suftware seperti biasanya namun tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan pembaruan.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar