Fobis.ID > Artikel > Beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia Cek Pendaftaran Ada 100 Kuota

Beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia Cek Pendaftaran Ada 100 Kuota

FOBIS.ID – Bagi lulusan SMA atau SMK sederajat yang sedang mencari beasiswa ikatan dinas untuk bekerja sebagai pegawai Pos Indonesia masih ada kesempatan mendaftar.

Melansir dari laman https://admission.ulbi.ac.id/p/ikatan-dinas-dan-beasiswa-posind.html pendaftaran beasiswa ikatan dinas Pos Indonesia ini buka mulai 18 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.

Program beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia ini terbuka bagi mahasiswa baru ULBI mauoun mahahiswa semester akhir ULBI.

BACA: Program Beasiswa Inagro Muda 2024 Bagi Pelajar SMP, SMA, dan SMK Sederajat

Sekilas tentang Beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia

Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) telah mengumumkan pembukaan pendaftaran untuk Program Ikatan Dinas Calon Pegawai PT Pos Indonesia (Persero).

Tentunya ini menjadi kesempatan yang bagus bagi calon mahasiswa 2024 dan mahasiswa semester akhir ULBI.

Program ini merupakan kolaborasi antara ULBI, sebuah kampus yang bernaung di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pos Indonesia (Persero).

Ada 100 kuota yang tersedia berupa beasiswa uang kuliah hingga lulus serta kesempatan untuk mengikuti tes seleksi khusus yang diselenggarakan oleh Pos Indonesia.

Bagi mahasiswa baru ULBI 2024, program ini mencakup beasiswa penuh dana pengembangan pendidikan (DPP) dan biaya semester per semester hingga kelulusan.

Mereka yang lulus dari SMA/SMK/MA antara tahun 2020 hingga 2024 berhak mengikuti tes seleksi khusus.

Adapun tes khusus beasiswa ikatan dinas PP Pos Indonesia dengan ULBI ini meliputi tes potensi akademik (TPA), psikotes, tes kesehatan, dan wawancara oleh PT Pos Indonesia (Persero).

BACA: Terbaru Beasiswa Google 2024 untuk Perempuan, Cek Link Waktu Pendaftaran dan Syarat

Sementara itu, bagi mahasiswa ULBI yang sudah berada di semester akhir, program ikatan dinas ini menawarkan kesempatan perekrutan dan seleksi.

Bagi mahasiswa program Diploma III (D3), proses ini dimulai pada semester 5, sedangkan bagi mahasiswa program Sarjana (S1), prosesnya dimulai pada semester 7.

Mereka juga akan mengikuti serangkaian tes seleksi khusus yang sama seperti yang diikuti oleh calon mahasiswa baru.

Perlu diingat bahwa dalam struktur biaya kuliah ULBI, terdapat juga biaya penunjang akademik yang akan dibebankan kepada mahasiswa. Ini adalah langkah penting dalam memastikan kelancaran program dan peningkatan kualitas pendidikan di ULBI.

Dengan demikian, Program Ikatan Dinas Calon Pegawai Pos Indonesia di ULBI menawarkan kesempatan yang menarik bagi para calon mahasiswa untuk meraih pendidikan berkualitas sambil mempersiapkan diri untuk karir yang cerah di perusahaan BUMN terkemuka di Indonesia.

Jadwal Pendaftaran Seleksi dan Syarat

ULBI, bermitra dengan PT Pos Indonesia (Persero), membuka kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat antara tahun 2020 hingga 2024 untuk mengikuti Program Ikatan Dinas.

Bagi lulusan 2024, syaratnya adalah mengunggah hasil pindai rapor dari nilai pengetahuan semester 1 hingga 5.

Adapun bagi lulusan 2020-2023, harus mengunggah hasil pindai ijazah dan transkrip nilai.

Selain itu, peserta diharuskan mengunggah pasfoto dengan latar belakang merah dan KTP.

BACA: Pendaftaran Beasiswa IISMA 2024 Diperpanjang hingga 19 Februari, Cek Syarat dan Cara Daftar

Jadwal seleksi program ini telah ditetapkan.

  • Dimulai dari periode pendaftaran pada tanggal 18 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.
  • Tahap awal seleksi meliputi pengumuman peserta TPA pada tanggal 4 Maret 2024, dilanjutkan dengan pelaksanaan TPA pada tanggal 6 Maret 2024.
  • Adapun pengumuman hasil TPA pada tanggal 14 Maret 2024.
  • Tes kesehatan akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Maret hingga 22 April 2024.
  • Sementara psikotes dan tes wawancara direncanakan pada tanggal 1 hingga 5 April 2024.
  • Pengumuman hasil akhir seleksi dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 20 April 2024.

Biaya Seleksi

Peserta yang ingin mengikuti seleksi diharuskan membayar biaya untuk setiap tahapan.

  • Biaya seleksi mencakup TPA sebesar Rp 480.000.
  • Psikotes ada biaya sebesar Rp 250.000, dan wawancara sebesar Rp 300.000.
  • Biaya tes kesehatan akan ditetapkan sesuai dengan ketentuan dari puskesmas setempat.

Cara Daftar Beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi https://admission.ulbi.ac.id.

Peserta yang tidak hadir atau tidak dapat mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun akan dianggap gugur.

Ini merupakan kesempatan berharga bagi para lulusan untuk mempersiapkan diri dan bersaing dalam mendapatkan beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia yang prestisius.

Pembiayaan

Pola pembiayaan untuk program ini telah ditetapkan dengan jelas. Selama masa pendidikan, terdapat beberapa komponen biaya yang harus dipenuhi:

  • Biaya Dana Pengembangan Pendidikan (DPP), yang akan ditanggung melalui beasiswa.
  • Biaya Akademik, yang mencakup biaya SPP atau biaya semester, juga akan ditanggung melalui beasiswa.
  • Biaya Non-Akademik, seperti biaya penunjang akademik, akan dibebankan kepada mahasiswa.

Ada beberapa ketentuan penting yang perlu diperhatikan:

  • Biaya untuk proses pendaftaran maupun seleksi tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
  • Panitia Penerimaan Calon Pegawai tidak melayani surat menyurat atau komunikasi selain melalui laman resmi dan akun Instagram resmi.
  • Kesalahan dalam membaca dan memahami pengumuman menjadi tanggung jawab calon pegawai.
  • Calon pegawai yang tidak melengkapi registrasi atau tidak mengunggah seluruh berkas persyaratan akan dinyatakan gugur dari seleksi administrasi.
  • Kehadiran pada tahapan seleksi merupakan hal yang wajib, dan ketidakhadiran tanpa alasan yang jelas akan mengakibatkan diskualifikasi.
  • Ketua Panitia berwenang untuk menggugurkan kelulusan calon pegawai jika terdapat keterangan atau dokumen yang tidak sesuai dengan persyaratan.
  • Kelulusan merupakan hasil dari prestasi calon pegawai sendiri. Janji kelulusan dari pihak manapun dianggap sebagai tindakan penipuan.
  • Layanan informasi tersedia di laman resmi dan akun Instagram resmi ULBI.
  • Pengaduan terkait dugaan pelanggaran seleksi dapat dilakukan melalui email resmi.
  • Keputusan Panitia seleksi beasiswa ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Demikian pendaftaran beasiswa ikatan dinas Pos Indonesia. Proses seleksi dan pembiayaan untuk program ini diselenggarakan dengan transparansi dan keadilan untuk memastikan keberhasilan dan integritas dalam penerimaan calon pegawai.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar