Fobis.ID > Artikel > Cara Refund Tiket Kereta Api Melalui Aplikasi Access by KAI

Cara Refund Tiket Kereta Api Melalui Aplikasi Access by KAI

FOBIS.ID- Bagaimana cara pembatalan atau refund tiket kereta api? Ternyata caranya kini semakin mudah melalui aplikasi Access by KAI.

Proses ini memungkinkan penumpang untuk melakukan pembatalan maksimal 2 jam sebelum keberangkatan, asalkan kode booking masih berstatus paid dan belum dicetak sebagai boarding pass.

Menurut informasi resmi dari PT KAI, cara refund tiket kereta api harus di lakukan oleh pemilik data diri.

BACA JUGA : Cek Perkiraan Tanggal dan Tiket Kereta Api Lebaran 2024

Tentunya yang telah terdaftar pada aplikasi Access by KAI dan menggunakan akun miliknya. Namun, bagaimana sebenarnya langkah-langkahnya?

BACA JUGA : Mudik Gratis Bersama PLN 2024, Begini Cara Daftar dan Persyaratannya

Cara Refund Tiket Kereta Melalui Access by KAI

Berikut adalah tata cara pembatalan atau refund tiket kereta melalui aplikasi Access by KAI:

Pilih Kode Booking: Buka menu Tiket pada aplikasi, lalu pilih kode booking perjalanan kereta yang akan dibatalkan. Klik tombol Pembatalan untuk melanjutkan proses.

BACA JUGA : Mudik Gratis Ditjen Hubdat 2024: Jadwal, Cara Pendaftaran, dan Tujuan

Pilih Penumpang: Pilih nama penumpang yang akan melakukan pembatalan perjalanan kereta. Bacalah dan tandai Syarat & Ketentuan yang berlaku, lalu klik Lanjut untuk melanjutkan proses pembatalan.

Isi Data Bank: Masukkan informasi akun bank dengan benar untuk pengembalian bea atau refund, kemudian lanjutkan proses pembatalan.

Konfirmasi Pembatalan: Pastikan pembatalan perjalanan kereta telah sesuai dengan pilihan yang Anda buat di halaman pembatalan. Tekan menu Ya Saya Yakin agar bisa masuk ke proses berikutnya.

Proses Berhasil: Proses pembatalan tiket kereta telah berhasil. Namun, perlu Anda tahu bahwa pembatalan tiket akan kena biaya sebesar 25 persen dari harga tiket.

Pengembalian Dana: Dana refund tiket kereta akan kembali dalam waktu sekitar 30-45 hari kerja, dan hanya melalui transfer bank.

Selain itu, pembatalan tiket kereta secara online juga berlaku untuk tiket yang sistem pembeliannya di luar Access by KAI.

Pastikan kode booking telah masuk ke dalam menu Tambahkan Tiket, dan nama yang tertera di tiket tersebut terdaftar sebagai pengguna Access by KAI.

Nah, itu tadi Tata cara refund tiket kereta secara online melalui aplikasi Access by KAI.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi laman resmi PT KAI atau menghubungi pusat layanan pelanggan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar