Fobis.ID > Artikel > 10+ Ide Bisnis Makanan Sehat yang Pasti Laris!

10+ Ide Bisnis Makanan Sehat yang Pasti Laris!

Dua tahun pasca pandemik covid 19, bukan hanya soal keuangan tapi kita juga makin melek akan pentingnya kesehatan. Tak heran, kini banyak bermunculan bisnis makanan sehat yang laris manis hingga sekarang.

Gaya hidup mulai berubah perlahan. Resto yang menyediakan makanan sehat menjadi pilihan prioritas, terutama bagi masyarakat perkotaan yang sibuk dan tidak sempat memasak. Makan langsung di resto atau pesan lewat aplikasi, tidak jadi masalah yang penting nutrisi harian terpenuhi.

Inilah mengapa bisnis makanan sehat tidak hanya sekedar trend sesaat tapi mungkin sudah menjadi bagian dari life style. Potensi ini bisa dimanfaatkan jika Anda tertarik mengembangkan bisnis f&b. Modal minim?

Jangan khawatir, ada banyak pilihan ide bisnis makanan sehat yang tidak memerlukan modal terlalu besar di awal. Jadi apa saja ide bisnis makanan sehat yang pasti laris?

1. Salad Corner

Salad Corner
gambar : usnpalsh.com/ louis hansel

Ide bisnis makanan sehat yang pertama adalah salad, baik itu salad buah ataupun salad sayur. Dua-duanya punya fansnya masing-masing. Tapi jika budget modal Anda masih terbatas, Anda bisa memilih salah satunya.

Nah, kalau Anda memilih keduanya maka Anda mungkin bisa membuat kedai bertemakan salad corner dimana salad menjadi menu utama kedai Anda. Baik salad buah maupun salad sayur, Anda tidak perlu menyiapkan terlalu banyak alat. Bahannya pun bisa di sesuaikan dengan menu salad yang akan di pasarkan terlebih dulu.

Untuk alat-alatnya Anda cukup membeli cup, sendok plastik, keresek, selotip. Sementara alat seperti pisau, wadah dan juga kulkas Anda bisa menggunakan milik pribadi terlebih dulu.

Bahan-bahan yang perlu Anda beli selain buah-buahan atau sayuran adalah dressing dan topping. Untuk dressing salad buah, biasanya bisa menggunakan mayonaise, dan susu. Sementara untuk salad sayur biasanya pakai mayonaise, atau saus thousand island, minyak zaitun, wijen.

Untuk topping salad buah, Anda bisa menyiapkan keju, kacang almond dan buah lain seperti strawberry dan jeruk. Dan topping salad sayur bisa memakai fillet dada ayam yang di panggang, beef bacon, dll. Cukup simple bukan?

Baca juga, Yuk, Persiapkan! Ini 10 Ciri Bisnis Masa Depan

2. Rujak Buah

Sebelum mengenal salad, masyarakat kita mungkin lebih dulu mengenal rujak ya?

Bedanya dengan salad buah, rujak buah menggunakan sambal kacang yang di tambahkan sensasi pedas dari cabai. Sensasi manis asam pedas serta sedikit creamy dari kacang yang pasti disukai oleh orang Indonesia.

Sampai saat ini, meskipun sudah banyak varian makanan dari buah-buahan yang lebih modern, tapi rujak tetap selalu ada di hati. Hampir semua orang Indonesia suka dengan rujak. Sehingga Anda tidak perlu takut kekurangan pasar.

Rujak adalah makanan sehat yang termasuk tidak terlalu ribet persiapannya. Jika ingin berjualan rujak buah, Anda cukup menyiapkan buah-buahan seperti jambu air, kedongdong, bengkuang, dan mangga. Semua buah ini cukup di potong-potong kecil saja.

Tak lupa buat juga bumbu saus kacang dan sediakan cabai suapya customer bisa mengatur kepedasannya sendiri.

3. Jus & Smoothies

bisnis makanan sehat Jus & Smoothies
gambar : unsplash.com/ the nix company

Masih seputar buah dan sayur. Jika Anda kurang sreg dengan sald dan rujak, jus dan smoothies bisa jadi salah satu pilihan ide bisnis makanan sehat selanjutnya.

Seperti yang kita tahu, dari dulu bisnis jus biasanya menjadi usaha yang tidak lekang oleh waktu. Nah, agar berbeda dari kedai jus kebanyakan, Anda bisa menambahkan menu smoothies serta meningkatkan kualitas serta menambah keunikan menu jus yang di jual.

Misalnya jika kedai lain menjual jus yang terlalu manis dan cair, maka buatlah jus berkualitas dengan menambah volume buah di banding air dan gula. Atau bahkan Anda menyediakan menu khusus jus non gula atau susu.

Sementara menunya, Anda bisa menambah menu mix buah seperti stawberry campur apel, dan lainnya.

Untuk mulai berbisnis jus dan smoothies, Anda bukan hanya perlu membeli buah-buahan biasa namun juga buah beku. Gula, susu serta topping untuk smoothies (kacang-kacangan, chia seed, granola, buah-buahan lain seperti pisang/ strawberry).

Alat-alat yang perlu di siapkan tentu saja blender/ juicer, cup dan plastic bowl, keresek, freezer.

4. Kimbab

Tahukah Anda kalau kimbab juga termasuk makanan sehat?

Pada dasarnya di negara asalnya, kimbab adalah makanan yang sehat. Kimbab adalah makanan Korea yang bukan hanya mengenyangkan tapi juga sehat dengan kandungan karbohidrat, sayur, dan sumber protein dari daging-dagingan.

Nah, Anda bisa menjual kimbab dengan menyiapkan beberapa varian. Anda juga perlu mempertimbangkan untuk membuat menu dengan daging atau ikan/ udang yang panggang untuk pasar Indonesia.

Cara pembuatan kimbab juga tergolong mudah. Anda bisa mungkin tidak terbiasa menggunakan roller, namun dengan latihan 2-3 kali Anda akan bisa membuat kimbab dengan baik.

Bahan-bahan yang perlu di siapkan untuk memulai bisnis sushi tentunya nasi yang di campur ketan atau nasi jepang, nori, wijen, minyak wijen. Sementara isiannya bisa menggunakan ayam dan bahan makanan laut seperti ikan atau udang, lalu sayuran. Anda bisa menyediakan cocolan seperti kecap asin dan juga wasabi.

5. Dessert Shop Sehat

ide bisnis makanan sehat membuka dessert shop sehat
gambar : unsplash.com/ toa heftiba

Siapa bilang dessert itu selalu identik dengan makanan tinggi kalori?

Saat ini sudah mulai bermunculan beberapa kedai dessert sehat yang menawarkan komposisi dan bahan-bahan menyehatkan. Ini akan sangat menarik minat dessert lovers yang ingin tetap menjaga kesehatannya.

Ternyata puding, hingga pastry bisa di sulap menjadi lebih sehat dengan berbahan dasar yang lebih ramah bagi tubuh namun tetap enak. Jika Anda berasal atau berminat di dunia pastry, mungkin Anda bisa mempelajari dan mulai resepnya dan membuka kedai dessert sendiri!

Baca juga, Wajib Tahu! Inilah 3 Pondasi Utama Pengusaha

6. Mie Sehat

Siapa yang tidak suka mie?

Pada umumnya mie di kenal sebagai makanan yang tidak sehat. Karena pengawet dan juga berbagai penguat rasa yang di tambahkan saat menyajikannya.

Anda bisa membuat mie tanpa pengawet dan menambahkan berbagai sayuran seperti brokoli atau ubi sebagai pewarna alami pada mie. Dengan warna mie yang berbeda, hal ini akan menambah daya tarik masyrakat untuk mencobanya. Selain itu Anda juga bisa menambahkan menu mie shirataki yang sedang hits.

Untuk toppingnya Anda bisa menggunakan sayuran yang di potong-potong, fillet ayam, ikan atau daging lainnya yang di olah dengan cara less minyak. Tertarik mencoba bisnis makanan sehat yang satu ini?

7. Menu Sarapan dan Makan Malam Sehat

Menu Sarapan dan Makan Malam Sehat
gambar : unsplash.com/ medina catering

Bagi ibu bekerja, memasak untuk keluarga adalah hal yang sangat challenging terutama pada saat sarapan dan makan malam.

Bagi keluarga yang tidak diperkotaan, manajemen waktu yang baik adalah kunci. Mereka ingin memenuhi nutrisi keluarga dengan baik dan tidak kehilangan waktu kebersamaan saat sarapan dan makan malam di rumah.

Oleh karena itu mereka yang sudah melek pentingnya kesehatan, biasanya rela merogoh kocek lebih terutama untuk mendapatkan menu sarapan dan makan malam siap makan namun tetap sehat.

Hal ini menjadi peluang bagi Anda untuk memulai bisnis menu sarapan dan makanan sehat. Anda bisa menggunakan strategi catering yang di natar ke setiap rumah. Untuk itu, penting bagi Anda memiliki data base sendiri supaya lebih mudah menawarkan produk kepada calon customer.

8. Meal Prep

Tidak jarang bagi kita yang sudah berkeluarga tidak sempat menyiapkan makanan baik itu untuk bekal ke kantor, ke sekolah atau makan di rumah dengan baik. Mau terus-terusan membeli menu makanan yang sudah jadi, keuangan jadi boros. Apalagi seringkali kita malah jadi tergoda membeli makanan-makanan yang kurang sehat.

Maka dari itu, banyak juga ibu-ibu yang tetap mengusahakan memasak sendiri meski terbatas secara waktu dan energi. Hal ini agar kebutuhan nutrisi keluarga tetap terjaga namun tetap bisa berhemat.

Nah, masalah inilah yang memunculkan ide bisnis makanan sehat lainnya berupa bahan-bahan makanan home made yang instant/ meal preparation. Bisa lebih hemat uang, wkatu dan energi plus kualitas gizi untuk keluarga tetap terkontrol.

Misalnya saja, sayur beku yang sudah di potong-potong, nugget ayam dan sayur yang dibuat home made, dan masih banyak menu lainnya. Ini belum termasuk bumbu-bumbu uleg dari rempah asli yang tinggal digunakan dengan berbagai varian.

Biasanya ada juga menu-menu rumahan yang di jual perpaket (sudah lengkap sayuran dan bumbunya siap masak) seperti capcay, sayur sop, tempe bacem, ayam goreng dll.

Selain itu ada juga yang memfokusakan produk bahan makanan home mad instant iniuntuk anak-anak & MPASI. Sehingga ibu-ibu bisa menyetok dan mudah menyiapkan makanan sehat untuk anak-anak mereka.

9. Fitness Food Prep

bisnis makanan sehat Fitness Food Prep
gambar : usnpalsh.com/ dylan nolte

Fitnes food prep adalah menu makanan yang di persiapkan untuk mereka yang melakukan fitness.

Biasannya mereka yang pergi fitness memiliki tujuan kesehatannya masing-masing. Misalnya mereka memang atlet, atau mungkin ingin meningkatkan masa ototnya, menurunkan atau meningkatkan berat badan.

Oleh karena membutuhkan asupan makanan tertentu, tapi biasanya mereka kesulitan untuk mengolah makanan sehat yang tepat. Nah, ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda. Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis fitness food prep, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan nstruktur fitnes dan ahli gizi.

Baca juga, Wajib Tahu! Inilah 3 Pondasi Utama Pengusaha

10. Menu Diet Pasien

Berbeda dengan meal prep ataupun fitnes prep, menu diet pasien ini memang khusus di tujukan untuk pasien dengan kondisi medis tertentu.

Seperti misalnya pasien dengan penyakit diabetes, darah tinggi dll. Anda bisa menyediakan menu-menu makanan yang less sugar, garam, rendah karbo, atau makanan dengan fitonutrien tinggi.

Seperti halnya bisnis fitness food prep, untuk memulai bisnis menu diet pasien Anda perlu bekerjasama dengan ahli gizi dan dokter spesialis.

Penutup

Saat ini sangat banyak orang yang mulai menyeriusi kondisi kesehatannya demi masa depan yang lebih baik. Namun tidak dipungkiri mereka juga tetap mempertimbangkan soal budget. Oleh karena itu, ini menjadi suatu tantangan juga bagi kita yang ingin memulai bisnis makanan sehat.

Selain itu menjadi keuntungan bagi kita, sebab bisnis makanan sehat ini pesaingnya belum seketat makanan biasa. Nah, dari 10+ ide bisnis makanan sehat di atas, adakah yang menarik minat Anda? Atau Anda justru mendapatkan ide bisnis lainnya yang berbeda setelah membaca artikel ini?

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar