Fobis.ID > Artikel > 9 Ide Bisnis Unik yang Masih Jarang di Indonesia

9 Ide Bisnis Unik yang Masih Jarang di Indonesia

Ingin buka bisnis, tapi bingung mau bisnis apa. Kira-kira apa saja ya ide bisnis unik yang masih jarang ada di Indonesia dan berpotensi tinggi untuk berkembang?

Tertarik memulai bisnis? Sebaiknya Anda membaca artikel ini sampai selesai.

Membuka usaha sendiri bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang susah lelah bekerja sebagai karyawan ataupun sejak awal memang tidak ingin bekerja untuk orang lain. Namun membuka bisnis bukanlah persoalan yang mudah.

Keinginan sudah ada, modal sudah dapat, tapi ide bisnisnya yang belum ada. Sementara persaingan di luar sana makin hari semakin ketat. Tentunya Anda tidak mungkin menawarkan sesuatu yang biasa-biasa saja agar bisnis bisa berjalan dan berkembang.

Maka dari itu memilih bisnis unik yang belum terlalu banyak pesaing bisa menjadi salah satu solusinya. Nah apa saja ide bisnis unik yang masih jarang di Indonesia?

1. Bisnis Anger Room

ide bisnis unik Bisnis Anger Room
gambar : unsplash.com/ daniel bacerra

Ide bisnis unik yang pertama adalah bisnis anger room. Apa itu anger room?

Ini adalah sebuah fasilitas untuk melampiaskan emosinya dengan memecahkan barang-barang yang di sediakan. Terdengar aneh? Atau justru mulai merasa relate dengan solusi yang di tawarkan dalam bisnis ini?

Yes, seiring meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, masyarakat kini mulai mencari solusi untuk membantu proses healing. Salah satunya adalah dengan mengelola emosi.

Rasa marah merupakan emosi yang wajar dirasakan oleh manusia karena berbagai stimulus. Namun jika tidak terkelola dengan baik kita mungkin bisa merusak fasilitas atau bahkan melakukan kekerasan kepada siapa saja.

Nah, angry room ini hadir untuk membantu mengelola emosi marah.

Customer akan di tempatkan di sebuah ruangan dengan berbagai barang bekas yang boleh secara bebas di rusak sesuai durasi yang di pilih. Malah ada pula yang membawa barang dari mantan untuk sama-sama di hancurkan. Oh ya, customer juga di bekali dengan baju pelindung serta tongkat untuk memukul barang.

Bisnis semacam ini masih belum banyak di temukan di Indonesia. Tapi potensinya cukup besar untuk berkembang loh!

Jika Anda ingin lebih tahu tentang bisnis angry room, Anda bisa melihat Breakroom yang berlokasi di Jakarta sebagai contohnya.

Baca juga, Wajib Tahu! Inilah 3 Pondasi Utama Pengusaha

2. Jasa Membersihkan dan Menjaga Rumah

Di luar negeri, bisnis jasa membersihkan dan menjaga rumah sudah banyak berkembang. Sehingga terkelola dengan profesional.

Mungkin sebagian dari Anda berpikir, bisnis tersebut laris sebagi di luar negeri orang-orangnya cukup individual. Di Indonesia, kalau kita mau pergi-pergi kan tinggal titip tetangga atau satpam komplek, beres.

Tapi yakin, langkah tersebut sudah maksimal?

Padahal kita tahu satpam komplek bukan hanya menjaga rumah kita saja. Ada puluhan bahkan ratusan rumah yang perlu di jaga. Apalagi tetangga. Mereka juga tidak bertanggung jawab atas kebersihan rumah kita selama kita tinggal.

Rumput di halaman yang mulai memanjang, debu-debu yang menempel di berbagai sudut rumah, cipraktan air hujan yang mengotori teras atau bahkan masuk ke dalam rumah dll. Semua itu tidak akan selesai sendirinya saat kita pulang nanti.

Sebenarnya jasa membersihkan dan menjaga rumah banyak di butuhkan. Namun selama ini masyarakat menyewa jasa secara pribadi saja yang itupun beresiko tinggi karena hanya berdasarkan kepercayaan saja. Dari sisi pengurus rumah, kadang upahnya tidak sebanding.

Jadi kenapa tidak, jika jasa membersihkan dan menjaga rumah ini di jadikan bisnis yang profesional?

Ini tentu bisa jadi salah satu solusi. Karena nantinya ada SOP, fee yang di bayar secara profesional, dan manajemen yang mengurus berbagai hal demi kenyamanan bersama.

Rumah customer lebih terjaga kebersihan dan keamanannya, lebih banyak juga tenaga kerja yang bisa diberdayakan dan mendapatkan upah yang sesuai.

3. Membuka Les Online (Internasional)

membuka les online
gambar : unsplash.com/ sigmund

Kalau dulu, mengajar les harus datang dari rumah ke rumah. Namun saat ini sistem pembelajaran sudah bisa lakukan secara online dari mana saja berkat adanya teknologi.

Bagi Anda yang memiliki pengetahuan tertentu dan bisa mengajar, tidak ada salahnya untuk menawarkan les secara online. Bukan hanya mata pelajaran formal seperti kimia, matematika, fisika, dan lainnya tapi ilmu lain juga bisa Anda tawarkan.

Misalnya Anda jago memasak atau membuat pastry, bisa membuka les memasak atau pastry. Anda jago bermain piano, maka bisa juga mengajarkan les piano secara online. Dan masih banyak skill lain yang diminati calon siswa.

Selain itu, Anda bisa menggaet calon siswa dari dalam maupun luar negeri. Saat ini, banyak kok yang menyewa guru les online dari luar negeri. Nah, Anda bisa melakukan hal sebaliknya. Andalah yang menjadi guru les online siswa dari mancanegara dan di bayar tinggi.

Untuk memulai bisnis, mulailah untuk membangun portofolio di media sosial ataupun blog pribadi tentang skill mengajar Anda. Atau, Anda bisa mencoba beberapa situs mengajar online yang bisa di manfaatkan jika Anda ingin mengembangkan bisnis ini misalnya seperti preply, superprof dll.

Baca juga, 4 Faktor Penyebab Bisnis Online Gagal!

4. Jasa Dogwalker

Ya Anda tidak salah baca. Dogwalker atau orang yang menemani anjing jalan-jalan.

Di luar negeri, dogwalker sudah banyak dijumpai, sementara di Indoensia idee bisnis unik yang satu ini masih baru berkembang. Tapi pertanyaannya, “masa sih pemilik anjing tidak mau mengajak anjingnya jalan-jalan?”

Biasanya bukan tidak mau, tapi tidak ada waktu karena saking sibuknya atau mereka sedang ingin pergi liburan. Mereka jarang bisa membawa peliharaan. Sedangkan disisi lain anjingnya tidak mungkin di tinggal terus di rumah.

Mereka perlu menitipkan anjingnya untuk di urus ataupun hanya sekedar di ajak untuk berjalan-jalan. Nah, setiap jasa ini ada harganya. Jika Anda melihat sekitar tempat tinggal Anda banyak pemilik anjing, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis penitipan anjing dan dogwalker.

Ini adalah ide bisnis unik baru dan kreatif. Menarik bukan?

5. Penyewaan Zoom Meeting

ide bisnis unik Penyewaan Zoom Meeting
gambar : unsplash.com/ iyus sugiharto

Tidak salah? Zoom kan gratis?

Ya betul, zoom itu gratis namun Anda tahu sendiri kalau durasi zoom versi gratis ini hanya bisa 30-45 menit saja.

Padahal kebutuhan masyarakat untuk melaksanakan webinar, business meeting, melakukan aktifitas belajar mengajar dan lainnya sangat tinggi saat ini. Dan itu tidak cukup hanya 30-45 menit saja.

Rasanya akan sangat mengganggu jika setelah 30-45 menit event berlangsung lalu harus menyalakan zoom dari awal. Sehingga mau tidak mau mereka harus upgrade ke zoom yang berbayar.

Disisi lain, tidak semua orang merasa worth it untuk menggunakan zoom yang berbayar. Mungkin karena eventnya hanya berlangsung 1 kali saja dan alasan lainnya.

Oleh karena itu, penyewaan zoom meeting adalah salah satu ide bisnis unik dan kreatif yang potensial karena bisa menjadi solusi bagi mereka yang enggan untuk upgrade zoom. Anda bisa membeli zoom premium yang memiliki kapasitas terbesar hingga 1000 orang cukup sekali saja per tahun, tapi bisa di sewakan berkali-kali.

6. EO Digital Event

Biasanya event organizer di perlukan untuk mengelola event secara offline seperti acara pernikahan, acara kantor, dan lainnya. Namun seiring berkembangnya zaman, kini banyak juga perusahaan yang melakukan eventnya secara online.

Secara tidak langsung mereka juga membutuhkan EO digital event untuk menghandle acara mereka. Sebab mereka mungkin tidak tahu caranya, tidak punya wkatu untuk menyiapkan dengan matang, atau terlebih jika mereke memiliki multiple speakers.

Event seperti ini tentu memerlukan EO profesional yang paham betul bagaimana mengemas acara secara digital. Dari bisnis ini, Anda bisa di bayar tinggi karena tidak semua orang tahu bagaimana cara mengelola digitak event dengan baik.

7. Rental Peralatan Rekaman Youtube

Rental Peralatan Rekaman Youtube
gambar : unsplash.com/ aqviews

Saat ini industri content digital semakin berkembang. Banyak ide kreatif yang bermunculan dari youtuber pemula. Tapi sayangnya mereka masih belum punya modal untuk membeli peralatan yang lebih profesional untuk membuat konten youtube.

Selain menjadi Youtuber, Anda juga bisa membuka peluang bisnis dengan mensupport Youtuber pemula. Caranya, yakni dengan membuka jasa rental peralatan untuk membuat konten Youtube. Hal ini tentu bisa menjadi angin segar bagi mereka.

Anda bisa menyewakan camera profesional, drone, dan peralatan rekaman Youtube lainnya yang dibutuhkan. Untuk menyewanya, selain membayar sesuai harga sewa mereka cukup menyertakan KTP atau kartu identitas lain sebagai jaminan.

8. Jasa Kru Youtube Profesional

Ide bisnis unik lainnya yang berhubungan dengan Youtube adalah menyewakan jasa kru Youtube profesional.

Saat ini, banyak orang yang ingin menjadi Youtuber namun tidak punya tim atau memerlukan kru di bagian tertentu. Nah, selain membuat channel Youtube sendiri cara lainnya untuk berkarya di Youtube juga bisa dengan menyewakan jasa kru Youtube ini.

Misalnya Anda dan beberapa teman memiliki skill sebagai videografer, menulis script, atau bahkan ada yang bisa menjadi stuntman. Nah ini peluang Anda untuk membuat potensi ini menjadi bisnis unik yang potensial di bidang per-Youtube-an.

9. Bisnis Wifi Koin

ide bisnis unik Wifi Koin
gambar : unsplash.com/ franck

Meski zaman sudah maju, gadget sudah makin canggih dan internet bisa kita jumlai dimana-mana, tapi ingat kalau semua ini belumlah bisa semua orang rasakan.

Di desa khususnya, akses internet biasanya masih terbatas. Masyarakat desa pun sebenarnya sebagian besar sudah tahu ada yang namanya internet dan beragam manfaatnya. Namun tidak banyak dari mereka yang bisa menyewa wifi pribadi di rumah, kuotapun masih terasa mahal bagi mereka.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tinggal di desa atau mungkin memiliki properti di desa, Anda bisa memanfaatkan hal ini menjadi peluang usaha yang menguntungkan dan tentunya bermanfaat.

Sistemnya sama seperti wartel jika Anda masih ingat. Anda bisa memasang tarif perjam untuk menyewakan wifi di rumah Anda yang berada di desa.

Baca juga, Ini 5 Ide Bisnis di Desa yang Dijamin Menguntungkan

Penutup

Intinya, jika ingin bisnis kita terus bertahan dan berkembang maka kita harus memahami apa masalah dan hal yang di butuhkan oleh masyarakat.

Hal ini bisa di ulik dari berbagai sisi. Contohnya saja dulu, sebelum Nadim Makariem mendirikan Gojek, ia mendapai permasalahan di dunia transportasi ojek pangkalan. Baik dari sudut pandangnya sebagai customer dan juga pengendara ojek.

Sehingga, kemampuan pengamatan akan masalah sangat di perlukan untuk menciptakan bisnis yang potensial. Nah, bagaimana dengan Anda?

Dari beberapa ide bisnis unik di atas, adakah yang menarik untuk Anda coba? Semoga ulasan kali ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis unik ya.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar