Fobis.ID > Artikel > Dear Netizen, Inilah Waktu yang Tepat Untuk Membeli Emas

Dear Netizen, Inilah Waktu yang Tepat Untuk Membeli Emas

Siapa sih yang tak ingin memliki emas? Jika kita mengajukan pertanyaan seperti itu kepada semua orang, jawabanya pasti akan cenderung sama bahwa orang mempunyai keinginan untuk memilki emas. 

Emas memang menjadi salah satu alat investasi yang banyak diganderungi oleh orang, karena emas cenderung memilki harga yang stabil. Pergerakan naik turunnya harga emas biasanya tidak begitu sigifikan. 

Oleh karenanya melakukan investasi di sektor emas bukanlah investasi seumur jaggung yang bisa cepat panen dan membuahkan hasil. Terlepas apakah hasil yang didapatkan untung atau pun rugi. 

Investasi emas adalah investasi jangka panjang, tak bisa cepet membuahkan hasil. Meski begitu, investasi emas cenderung lebih aman dan tentu lebih mengguntungkan. 

Lalu, pertanyaan adalah kapan waktu yang tepat bagi kita untuk mulai berinvestasi emas? Atau kapankah waktu yang pas untuk membeli emas?

Baca, Wajib Tahu, Ini Fakta-fakta Krisis Ekonomi Inggris

Sebelum penulis jelaskan lebih lanjut terkiat waktu yang tepat untuk mulai investasi emas. Terlebih dahulu penulis akan jelaskan macam-macam investasi emas. 

Dua Macam Investasi Emas 

investasi emas

Sebelum kalian terjun dan mulai berinvestasi emas, alangkah baiknya pahami dahulu macam-macam investasi emas yang bisa kita lakukan. 

Dilansir dari berbagai sumber, bahwa investasi emas terbagi menjadi dua macam. Yaitu investasi emas fisik dan dan investasi emas digital. 

Investasi Emas Fisik

Adalah dengan melakukan pembelian emas secara langsung dan menyimpanya di tempat penyimpanan yang telah anda siapkan. Investasi emas fisik ini memilki kelebihan yaitu terlihat nyata karena kita benar-benar bisa melihat dan memegangnya secara langsung. 

Namun ada kekurangan dari investasi emas fisik ini yaitu ribet karena harus menyiapkan brangkas penyimpanan yang aman serta tidak bisa dilakukan secara bertahap atau sedikit demi sedikit. 

Jadi bagi yang memilki dana minim namun ingin berinvetasi emas menurut Certified Financial Palnner Aline Wiratmaja, seperti dilansir dari kompas.com tidak direkomendasikan untuk melakukan investasi emas fisik. 

Investasi Emas Digital

Investasi emas digital adalah investasi emas yang dilakukan secara online melalui platfom digital atau melalui aplikasi jual beli emas yang kini telah banyak tersedia di playstore mapun appstore. 

Kelebihan investasi emas digital adalah praktis serta bisa dilakukan dari mana dan kapan saja melalui smatphone. Cukup dengan terhubung ke internet, kita bisa mengecek aset emas yang kita milki. 

Tak hanya itu, kita juga bisa menetahi langsung pergerakan naik turunya harga emas dalam aplikasi tersebut. Serta mengetahi harga jual dan harga beli emas. 

Kemudian, investasi emas digital juga bisa dilakukan secara bertahap, sedikit demi sedikit sesuai dengan uang yang kita punya untuk membeli emas. Dan juga tak membuthkan brangkas untuk menyimpanya. 

Kekurangan dari investasi emas digital adalah kita tak bisa memegang atau melihatnya secara langsung. Kita cuma bisa melihat nominal jumlah emas yang kita miliki saja melalui aplikasi. 

Selanjutnya, jika kita melakukan investasi emas digital kita juga harus siap dengan biaya tambahan yang ada. Biaya tambahan ini berupa biaya penyimpanan hingga biaya cetak sertfikat emas. 

Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Membeli Emas

Masih dilansir dari kompas.com Certified Financial Planner Aline Wiratmaja mengatakan, tidak ada waktu yang tepat untuk membeli emas.

Namun Wiratmaja menyarankan agar masyarakat yang ingin membeli emas diharapkan membeli emas dengan metode Dollar Cost Averaging.

Baca juga: Yuk, Persiapkan! Ini 10 Ciri Bisnis Masa Depan

Metode Dollar Cost Averaging adalah strategi investasi yang dilakukan dengan membeli secara rutin dan bertahap dalam jangka waktu yang ditentukan atau bisa disebut sebagai strategi menabung rutin.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar