Fobis.ID > Artikel > KUR BRI 2023 Tanpa Jaminan, Cek Daftar Bank Penyalur Lain

KUR BRI 2023 Tanpa Jaminan, Cek Daftar Bank Penyalur Lain

FOBIS.IDKUR BRI 2023 ada yang tanpa jaminan? Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah inisiatif pemerintah yang ditujukan untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Juga (UMKM) melalui kebijakan penyediaan modal kerja yang disalurkan dalam bentuk pinjaman melalui institusi keuangan.

Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat dan memperluas akses pendanaan bagi usaha yang produktif, meningkatkan daya saing UMKM. Juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Bank Rakyat Indonesia (BRI), sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berfungsi sebagai fasilitator dalam mendistribusikan pembiayaan KUR BRI 2023.

Pada tahun 2022, BRI menawarkan tiga jenis pinjaman KUR BRI 2023. Yaitu KUR Mikro BRI, KUR Kecil BRI, dan KUR TKI BRI.

Dari ketiga jenis pinjaman KUR BRI 2023. KUR Mikro BRI adalah yang paling populer dan banyak dicari oleh pengusaha. Terutama karena suku bunganya yang terjangkau, yaitu sebesar 6% per tahun.

KUR BRI 2023

Lantas, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam untuk mengajukan pinjaman KUR Mikro BRI di tahun 2023? Berikut adalah daftar persyaratannya.

Berikut ini adalah persyaratan untuk calon debitur yang ingin mengajukan pinjaman KUR Mikro Bank BRI:

  1. Debitur harus merupakan individu yang menjalankan usaha produktif dan layak.
  2. Harus sudah menjalankan usaha secara aktif selama setidaknya 6 bulan.
  3. Tidak sedang kredit dari bank lain, kecuali kredit konsumtif yah. Misalnya seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor, dan Kartu Kredit.

Persyaratan administratif meliputi: Identitas dalam bentuk Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha.

Baca juga: KUR BRI 2023 Sudah Dibuka, Persyaratan dan Kriteria Peminjamnya!

Spesifik untuk KUR BRI 2023, Ada KUR Mikro Bank BRI, persyaratannya adalah:

  1. Jumlah pinjaman maksimal Rp50 juta per debitur.
  2. Jenis Pinjaman: Kredit Modal Kerja (KMK) dengan jangka waktu pinjaman maksimal 3 (tiga) tahun. Kredit Investasi (KI) dengan jangka waktu pinjaman maksimal 5 (lima) tahun.
  3. Suku bunga efektif 6% per tahun.
  4. Bebas dari biaya administrasi dan provisi.
  5. Persyaratan administratif yang sama seperti di atas: Identitas dalam bentuk KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha.

Selain BRI, ada tujuh bank lain yang juga menyalurkan KUR BRI 2023. Berikut daftar bank-bank tersebut:

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri

SYARAT PENERIMA KUR Mandiri 2023
KUR 2023

merupakan salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku UMKM. Sebagai bank dengan pinjaman, deposit, dan aset terbesar di Indonesia.

Bank Mandiri dipilih oleh pemerintah sebagai salah satu penyalur KUR. Pada tahun 2020, Bank Mandiri mengajukan kuota KUR sebesar Rp 30 triliun.

Pengajuan KUR di Bank Mandiri dapat dilakukan di unit mikro atau cabang mikro terdekat.

Baca juga: Tabel Angsuran KUR Mandiri 2023: Syarat dan Cara Pengajuannya

Bank Mandiri menawarkan empat jenis KUR, yaitu KUR Khusus, KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI), KUR Mikro, dan KUR Ritel.

KUR Khusus ditargetkan kepada kelompok bisnis yang dikelola dalam bentuk kluster menggunakan Mitra Usaha dan ditujukan khusus kepada komoditas peternakan, perikanan, dan perkebunan dengan limit pinjaman berkisar antara Rp 25 juta hingga Rp 500 juta.

Untuk KUR Penempatan TKI dan KUR Mikro, limit pinjaman yang disediakan adalah Rp 25 juta.

Jangka waktu pinjaman untuk KUR Penempatan TKI maksimal 12 bulan atau sesuai dengan masa kontrak kerja, sedangkan untuk KUR Mikro jangka waktunya adalah dua tahun.

Sementara itu, KUR Ritel menawarkan limit pinjaman antara Rp 25 juta hingga Rp 200 juta dengan jangka waktu kredit modal kerja maksimal 3 tahun dan kredit investasi maksimal 5 tahun.

Baca juga: KUR Mandiri 2023: Syarat Lengkap dan Tabel Angsuran Terbaru 2023

KUR BCA dan KUR BNI Adalah dua opsi lainnya untuk pembiayaan usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Bank Central Asia (BCA)

sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, mulai berperan sebagai penyalur KUR pada September 2016. Produk adalah KUR BCA Plus.

BCA menawarkan layanan yang mumpuni dan berkualitas dalam bidang pembiayaan. Dokumen untuk mengajukan KUR BCA antara lain fotokopi Kartu Keluarga (KK), KTP, jaminan seperti sertifikat aset, dan rekening tabungan.

Proses pengajuan KUR BCA cukup mudah, dengan jangka waktu pembayaran cicilan mulai dari 12 hingga 48 bulan.

KUR BNI 2023

Sementara itu, Bank Negara Indonesia (BNI) menawarkan tiga jenis produk KUR:

  • KUR Mikro,
  • KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI),
  • dan KUR Ritel.

KUR TKI menawarkan pinjaman modal usaha hingga Rp 25 juta, sementara KUR Ritel hingga Rp 500 juta. Untuk mengajukan KUR BNI, usaha harus sudah berjalan minimal 6 bulan dan tidak memiliki pinjaman di bank lain.

Persiapkan dokumen antara lain surat izin usaha, KK, dan KTP. Keunggulan KUR BNI antara lain proses yang cepat, persyaratan yang mudah. Juga suku bunga hanya 6% per tahun, dan jangka waktu pengembalian dana pinjaman hingga 5 tahun.

Anda harus menjadi nasabah BNI yang aktif dan telah lama terdaftar. Serta memastikan bahwa pengajuan KUR BNI sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Selain itu, semua dokumen dan persyaratan harus asli dan lengkap. Dengan memenuhi semua persyaratan ini, proses KUR di BNI dapat diproses dengan cepat.

Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN)

Merupakan salah satu bank yang ditunjuk oleh pemerintah Indonesia untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Bank ini, yang didirikan pada 1958 dan telah melewati berbagai tahap dalam perjalanannya. Kini telah menjadi salah satu bank swasta yang dipercaya oleh masyarakat.

BTPN, yang berkantor di gedung yang sama dengan Bursa Efek Jakarta sejak 12 Maret 2008. Awalnya dikuasai oleh Texas Pacific Group (TPG).

Kemudian, BTPN bergabung dengan Japan Financial Services Authority dan Bank Sumitomo Mitsui Indonesia, sebelum akhirnya berdiri sendiri seperti sekarang ini.

Salah satu produk yang ditawarkan oleh BTPN adalah KUR Mikro. Produk ini merupakan pinjaman tanpa jaminan untuk para pelaku usaha kecil dan menengah serta para pedagang.

Durasi maksimal KUR Mikro adalah 36 bulan, dengan limit pinjaman maksimal Rp 25 juta. Dengan catatan calon debitur tidak memiliki pinjaman lain. BTPN juga menyediakan Program Daya yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan bisnis para nasabahnya.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Jenius, Rp 50 Juta Bisa untuk Modal Usaha

Bank Sinarmas

Salah satu bank swasta yang telah memenuhi kriteria Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan terdaftar sebagai bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Beberapa kriteria tersebut antara lain, bank harus memiliki portofolio kredit usaha mikro yang mencapai lebih dari 5% dari total outstanding kredit. Serta memiliki rasio Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah maksimal sebesar 5% untuk pinjaman mikro.

Bank Sinarmas, berdiri pada tanggal 18 Agustus 1989. Menawarkan dua produk KUR utama, yaitu Kredit Mikro dan KUR Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Dalam jenis Kredit Mikro, terdapat Simas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Simas Kredit Usaha Kecil (KUK).

Simas UKM menyediakan limit pinjaman antara Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar. Sementara Simas KUK menawarkan limit pinjaman antara Rp 50 juta hingga Rp 500 juta.

Kredit Mikro ini bisa untuk memenuhi kebutuhan bisnis, mulai dari modal usaha hingga investasi sarana pendukung bisnis.

Sementara itu, KUR TKI menyesuaikan limit pinjaman dan jangka waktu. Dengan rincian biaya dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Calon TKI dapat menerima pinjaman dana maksimal Rp 25 juta. Dapat kalian cicil sesuai masa kontrak dengan bunga mulai dari 0,4% flat per bulan.

KUR TKI adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang berguna untuk penggantian biaya pengurusan dokumen hingga penempatan calon TKI.

KUR Bank Tabungan Negara (BTN)

KUR BANK BTN 2023
BTN 2023

Bank ini telah mendapatkan izin dari pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) sejak akhir tahun 2017.

BTN menyediakan tiga jenis produk KUR yaitu KUR Linkage, KUR Mikro, dan KUR Kecil dengan nilai pinjaman yang berbeda-beda.

KUR Linkage memberikan pinjaman hingga Rp 2 miliar yang diberikan kepada pelaku usaha kecil melalui lembaga linkage.

KUR Mikro memberikan pinjaman maksimal Rp 25 juta, sementara KUR Kecil memberikan pinjaman maksimal Rp 500 juta.

Baca juga: KUR Bank BTN 2023: Mudah! Syarat dan Cara Daftarnya

KUR Bank Bukopin

Berdiri pada 10 Juli 1970. Juga merupakan bank swasta yang bertanggung jawab sebagai bank penyalur KUR. Bank Bukopin berkomitmen dalam membantu masyarakat Indonesia dalam hal manajemen.

Bank ini adalah bank swasta kelas menengah yang memiliki empat sektor utama yaitu komersial, mikro, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), dan konsumer.

Produk KUR Bank Bukopin tidak membebankan para pelaku bisnis atau usaha. Dengan adanya jaminan dan memberikan pinjaman dengan bunga rendah.

Produk KUR dari Bank Bukopin termasuk KUR Ritel dengan limit pinjaman antara Rp 20-500 juta dan KUR Mikro dengan limit pinjaman maksimal Rp 20 juta.

Dengan adanya pinjaman dana dari bank melalui KUR, Anda bisa mewujudkan rencana memiliki bisnis atau usaha.

Anda dapat memilih bank penyalur kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan mempertimbangkan tingkat bunga dan besarnya cicilan per bulan yang harus Anda bayar.

Akhir kata

Demikian ulasan tentang KUR BRI 2023 Tanpa Jaminan, Cek Daftar Bank Penyalur Lain. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu update berita dan kefalidan data tentang KUR BRI 2023 ini ke kantor Bank Terdekat.

Informasi KUR BRI 2023 ini di himpun dari berbagai sumber yang kredibel dapat terpercaya.

Artikel Terkait KUR BRI 2023 Lain:

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar