Fobis.ID > Artikel > Ini Realita Kerja di Jepang, dari Ritme, Bahasa dan Budaya

Ini Realita Kerja di Jepang, dari Ritme, Bahasa dan Budaya

FOBIS.ID – Sebuah pertanyaan mengemuka, bagaimana sesungguhnya realita kerja di Jepang? Kerja di negeri Sakura ini tentu menawarkan pengalaman unik yang tak selalu manis dan lembut seperti anime dan manga yang populer.

Dibutuhkan adaptasi yang kuat untuk bisa bertahan dan berkembang di lingkungan kerja Jepang.

Di Jepang, budaya kerja sangat erat dengan kesempurnaan, detail, dan efisiensi tinggi. Tidak jarang, pekerja merasa sangat tertekan baik secara fisik maupun mental.

Bahkan, bagi orang Jepang sendiri, ritme kerja di negaranya dapat terasa begitu berat, seperti yang diungkapkan oleh senior saya.

Bagi mereka yang memiliki kemampuan bahasa Jepang yang bobrok, situasinya bisa menjadi lebih sulit.

Orang Jepang cenderung menjaga jarak dengan orang asing, apalagi jika komunikasi dalam bahasa Jepang terhambat.

Baca juga: Jenis Mesin Motor Listrik, Kenali Sebelum Membeli

Bahasa

Tantangan lainnya adalah perbedaan antara bahasa Jepang standar dengan Hougen atau dialek lokal yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Namun, bukan berarti semua orang Jepang selalu bersikap dingin dan jauh dengan orang asing.

Ada juga momen kecil manis yang mungkin Anda alami, misalnya saat rekan kerja Jepang memberikan camilan di tengah-tengah pekerjaan.

Bagi sebagian orang, gestur kecil seperti ini bisa menjadi penenang di tengah tekanan kerja yang tinggi.

Baca juga: Cari Tahu Mana yang Benar, I Miss You atau I Missed You?

Tiga Wajah

realita kerja di jepang
Foto: Pexels.com

Di Jepang, ada istilah bahwa setiap orang memiliki “tiga wajah”. Wajah pertama ditunjukkan kepada diri sendiri, wajah kedua ditunjukkan kepada keluarga, dan wajah ketiga ditunjukkan kepada teman atau rekan kerja.

Oleh karena itu, jangan heran jika Anda melihat seseorang yang di kantor suka marah-marah, tetapi di luar jam kerja dia sangat ramah.

Orang Jepang cenderung tidak menunjukkan emosi yang berlebihan di tempat kerja. Saya sendiri belum pernah melihat langsung orang Jepang marah-marah pada karyawan Jepangnya ketika berbuat salah.

Pada umumnya, mereka lebih memilih untuk memberikan kritik secara langsung dan berusaha mengatasi masalah tersebut secara profesional.

Dalam hal belajar bahasa asing, mereka memang tidak terlalu mementingkan hal ini. Mereka lebih menekankan pada kemahiran dalam bahasa Jepang sendiri.

Kebanyakan orang Jepang tidak fasih berbicara dalam bahasa Inggris, dan jika mereka bisa, biasanya memiliki aksen Jepang yang kental.

Namun, Jepang adalah negara dengan variasi regional yang besar. Dalam hal sikap terhadap orang asing dan keragaman budaya, penduduk di daerah urban seperti Tokyo dan Osaka bisa jadi lebih terbuka dibandingkan dengan daerah-daerah lebih pelosok.

Baca juga: Apa Arti “Stay Tune” dalam Bahasa Gaul?

Oleh karena itu, pengalaman kerja Anda di Jepang mungkin akan sangat bergantung pada di mana Anda bekerja.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar