Fobis.ID > Artikel > 4 Faktor Penyebab Bisnis Online Gagal!

4 Faktor Penyebab Bisnis Online Gagal!

Sejak Pandemi Covid-19 melanda, semua aktivitas kehidupan manusia dilakukan secara daring melalui internet. Entah itu bekerja, belajar hingga belanja.

Maka tak heran jika banyak orang yang dulunya hanya memiliki bisnis di dunia nyata, saat ini mulai mencoba untuk memulai bisnis di dunia maya atau online.

Bisnis online saat ini telah banyak dilakukan oleh sejumlah orang untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Begitu juga dengan belanja online yang kini juga sudah menjadi gaya hidup baru pada masyarakat Indonesia.

Para pebisnis online menjajakan barang dagangan mereka melalui berbagai macam platform website atau aplikasi jual beli online dan media sosial.

Banyak orang yang kemudian bisa meraih kesuksesan dari bisnis online. Namun banyak juga yang  mengalami kegagalan, bahkan kebangkrutan total.

Kegagalan dalam bisnis online tentu disebabkan oleh banyak faktor, seperti barang yang di jual tidak laku atau tidak ada peminatnya.

Pada artikel kali ini Fobis.id akan membahas faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab kegagalan bisnis online.

Berikut empat faktor penyebab bisnis online gagal.

Baca Juga : Untuk Pemula, Ini 6 Cara Memulai Bisnis yang Cocok

4 Faktor Penyebab Bisnis Online Gagal

 4 Faktor Penyebab Bisnis Online Gagal

Tidak Serius

Faktor penyebab kegagalan yang pertama adalah karen tidak serius dalam menjalankan bisnis online.

Banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis online merupakan bisnis sampingan.

Pendapat itu tidak sepenuhnya salah, jika saat ini kamu memiliki usaha pokok atau pekerjaan utama.

Namun jika kamu tidak sedang memiliki usaha pokok maka pendapat itu salah.

Karena pendapat semacam itu bisa menjadikan kita tidak serius dalam menjalankan bisnis online.

Akibatnya kita menjadi malas-malasan dalam mengelola toko online yang sudah kita buat.

Hal itu lah yang bisa membuat bisnis online yang telah kita lakukan mengalami kegagalan.

Tak Melakukan Riset Pasar

Sekecil apapun bisnis online yang kita lakukan, hendaknya terlebih dahulu kita melakukan riset atau penelitian terlebih dahulu.

Riset ini berfungsi untuk mencari supplier yang terpercaya dan barang yang berkualitas.

Selain itu juga untuk menentukan target pasar, hingga tingkat persaingan bisnisnya.

Hasil riset tersebut nantinya bisa menjadi acuan kita jika kelak di masa depan terjadi kendala pad bisnis yang kita jalankan.

Tidak Ada Promosi

Iklan atau promosi dalam bisnis online merupakan kunci utama larisnya barang yang kita jual.

Karena semakin sering kita melakukan promosi, maka semakin sering orang akan melihat barang yang kita jual.

Jika banyak orang yang dapat melihat barang yang kita jual, maka kemungkinan untuk laku terjual pun semakin besar.

Berbeda jika kita tidak melakukan iklan atau promosi. Boro-boro barang yang kita jual bisa laris terjual.

Akan dilihat oleh orang-orang pun sepertinya tidak.

Pesan dari penulis jangan pernah malu untuk mempromosikan barang yang kita jual.

Jangkauan Sempit

Bisnis online membutuhkan jangkauan yang luas. Agar barang yang kita jual dapat menjangkau semua orang.

Faktor penyebab gagalnya bisnis online salah satunya bisa disebabkan karena jangkauan barang yang kita jual tidak luas.

Baca juga: 3 Aplikasi Bisnis Online WAJIB Anda Miliki, Cek Berikut!

Jangkauan kurang luas ini karena kita jarang melakukan iklan atau promosi.

Selain itu, juga bisa disebabkan karena kita tidak melakukan optimasi pada toko online kita.

Seperti menerapkan teknik SEO, penempatan kata kunci yang salah, deskripsi produk yang kurang menarik.

Dan hal lainnya yang bisa mempengaruhi produk kita bisa dilihat banyak orang.

Demikian empat faktor yang bisa menjadi penyebab bisnis online gagal.

Tips Cegah Bisnis Online Gagal

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah kegagalan bisnis online:

Rencanakan dengan baik: Buatlah rencana bisnis yang komprehensif sebelum memulai bisnis online.

Tentukan target pasar, strategi pemasaran, produk atau layanan yang akan ditawarkan, serta sumber daya yang kamu butuhkan.

Pelajari pasar dan pesaing: Lakukan riset pasar yang mendalam untuk memahami tren industri, preferensi pelanggan, dan kekuatan pesaing.

Bangun kepercayaan pelanggan: Kepercayaan adalah kunci dalam bisnis online. Pelanggan yang puas akan cenderung kembali dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Baca juga: Kamu Punya Bisnis? Ini Cara Membuat Website Untuk Para Pebisnis

Fokus pada pengalaman pengguna: Pastikan situs web atau platform Anda mudah digunakan, responsif, dan menawarkan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

Manajemen keuangan yang baik: Kelola keuangan bisnis dengan bijak. Buatlah anggaran yang realistis, pantau pendapatan dan pengeluaran secara teratur, dan jaga cash flow agar tetap sehat.

Pemasaran yang efektif: Buat strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda secara online.

Gunakan berbagai saluran pemasaran digital, seperti media sosial, iklan online, SEO, dan konten berkualitas untuk meningkatkan visibilitas dan menarik calon pelanggan.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar