Fobis.ID > Bisnis > TikTok Shop Dikabarkan Gabung Tokopedia, Apakah UMKM Mendapatkan Keuntungan?

TikTok Shop Dikabarkan Gabung Tokopedia, Apakah UMKM Mendapatkan Keuntungan?

FOBIS.ID- TikTok Shop dikabarkan akan gabung Tokopedia. Apakah hal ini merupakan hal yang menggembirakan bagi UMKM misalnya mereka akan dapat keuntungan? Yuk Di simak!

Tren kolaborasi di dunia e-commerce semakin berkembang. Bahkan, baru-baru ini, ByteDance, perusahaan induk TikTok, di kabarkan telah berinvestasi dalam GoTo.

BACA JUGA : Kapan TikTok Shop Dibuka Kembali? Ini Syaratnya

Hal ini tentu saja akan memperkuat layanan e-commerce di Indonesia melalui kerja sama dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

BACA JUGA : TikTok Shop Bersiap Kembali ke Indonesia, Di beri “Lampu hijau”

Ketua Asosiasi Pengusaha Logistik e-Commerce (APLE), Sonny Harsono mengatakan, masuknya kembali TikTok Shop ke Indonesia dengan dikabarkan gabung Tokopedia bisa memberikan dampak positif terutama dalam bisnis logistik.

Peningkatan aktivitas e-commerce di platform ini dapat mendorong pertumbuhan sektor logistik yang mendukung pengiriman barang.

BACA JUGA : Tiktok Kerja Sama GoTo, Hidupkan Lagi Layanan Belanja Online

Sedangkan David Nugroho, Founder & CEO DCT Agency TikTok Shop MCN, menyambut positif kembalinya TikTok Shop.

Karena ini dapat membawa dampak positif pada bisnis, terutama sektor UMKM, melalui perluasan sistem pemasaran.

TiktTok Shop Dikabarkan Gabung Tokopedia, Apa Keuntungan UMKM?

Kembalinya TikTok Shop dapat menjadi peluang bagi UMKM untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk mereka.

Kabar mengenai TikTok Shop akan di buka kembali semakin kuat setelah adanya kerja sama dengan Tokopedia, unit bisnis dari GoTo.

Di lansir dari Bloomberg, kerja sama antara TikTok dan GoTo akan segera di umumkan minggu depan, memberikan harapan baru bagi para pelaku bisnis online di Tanah Air.

Sebelumnya, TikTok Shop di tutup pada 4 Oktober karena melanggar regulasi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Namun, kesepakatan antara TikTok dan GoTo di harapkan membawa kehidupan baru bagi “TikTok Shop” di Indonesia.

Rincian lebih lanjut mengenai kerja sama ini akan di umumkan dalam beberapa hari mendatang.

Dalam menghadapi kendala hukum, TikTok dan GoTo sepertinya telah menemukan solusi dengan menggandeng Tokopedia.

Kesepakatan ini, yang di yakini sebagai investasi pertama TikTok Shop di Indonesia, juga membuka kemungkinan adanya skema kerja sama lain, seperti usaha patungan (joint venture) atau pembangunan platform e-commerce baru.

Meski demikian, perwakilan dari TikTok dan GoTo enggan memberikan komentar terkait isu ini.

Sementara itu, informasi yang beredar sejak Oktober lalu mengindikasikan upaya TikTok untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan platform media sosial lainnya guna memulai kembali operasional TikTok Shop di Indonesia.

Pada pertengahan November, TikTok di laporkan sedang melakukan pembicaraan dengan beberapa marketplace lokal, termasuk Tokopedia, BukaLapak, dan Blibli.

Hingga akhirnya, berita mengenai kesepakatan antara TikTok dan Tokopedia akhirnya menjadi kenyataan.

Dengan adanya kerja sama ini, harapannya TikTok Shop akan memberikan kontribusi positif, terutama bagi UMKM.

UMKM dapat memanfaatkan platform ini untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan produk mereka.(*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar