Fobis.ID > Gadget > Kapan Android 14 Rilis? Berikut Bocoran Fitur Terbarunya

Kapan Android 14 Rilis? Berikut Bocoran Fitur Terbarunya

Belum semua ponsel mencicipi manisnya Android 13, tetapi Android sudah menjadwalkan update software terbarunya. Kapan Android 14 rilis kerap menjadi pertanyaan bagi pengguna smartphone pintar.

Diketahui sistem operasi Android 14 akan meluncur pada bulan Mei 2023. Tanggal perilisan Android 14 berbarengan dengan gelaran Google I/O 2023 pada tanggal 10 Mei yang akan datang.

Saat ini Android sudah megeluarkan versi beta 2 pada pengembanran software terbarunya. Dapat terlihat Android mengusung sejumlah fitur pembaharuan. Sepertinya Android membawa perubahan bentuk pada menu aksesibilitas.

Beta publik kemudian akan dimulai pada April 2023 dan berlangsung hingga Juli 2023. Terakhir, versi stable build dirilis pada Agustus 2023 yang akan datang.

Selian pertanyaan kapan Android 14 rilis, pengguna juga mencari tahu nama Android 14.

Baca Juga : 13 Rekomendasi Game Offline Ponsel Seru, Bebas Main Tanpa Kuota!

Nama Android 14

Seperti diketahui, Android kerap memberikan nama software dengan nama makanan pencuci mulut. Seperti pada Android 13 yang hadir dengan nama Tiramisu.

Sementara rumor mengenai nama Android 14 sudah tercium dari jauh-jauhnya.

Nama kode internal Android 14 adalah Upside-Down Cake, tetapi nama resminya kemungkinan besar akan tetap Android 14. Sudah dari bulan Februari 2023 lalu nama Android 14 menjadi perbincangan.

Fitur Terbaru Android 14

Setelah mengetahui nama dan kapan Android 14 rilis, tidak sedikit yang penasaran dengan fitur Android 14 terbaru. Berikut adalah beberapa perubahan terbesar dalam pratinjau pengembang pertama fitur Android 14:

Fitur Terbaru Android 14

1. Dukungan Dekode AV1

Google akan menambahkan decode AV1 pada versi terbaru software mereka. Tahap ini sangat berpengaruh pada penggunaan layanan streaming dan konten.

Pada software terbarunya ini Android 14 menawarkan kompresi tinggi.

Dengan begitu konten visual lebih berkualitas dengan bitrate lebih rendah. Artinya konsumsi data lebih hemat. Sebab decode AV1 jauh lebih efisien dari codec sebelumnya.

2. Layanan Gestur Navigasi Terbaru

Kapan Android 14 rilis diprediksi pada bulan Mei 2023. Nantinya Android akan meningkatkan kemampuan fitur gestur navigasi.

Pengguna dapat melakukan sejumlah gestur untuk melakukan perpindahan dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya.

Misalnya saja pengguna dapat menggeser layar dari kanan ke kiri untuk berpindah halaman atau aplikasi. Kemudian, untuk kembali ke home cukup menggeser dari tengah kebawah.

Selain itu bisa juga dengan menggeser lalu tahan layar dari tengah ke bawah (swipe and hold). Gestur navigasi ini berguna untuk melihat aplikasi yang telah berjalan sebelumnya.

Baca Juga: 4 Cara Aktivasi Windows 10 Gratis 100% Works

3. Fitur Health Connect

Selanjutnya ada fitur health connect yang berguna untuk memantau kesehatan. Dengan fitur health connect pengguna dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh dan aktivitas olahraga dari perangkat berbeda.

Fitur Health Connect

Mudahnya konek dengan perangkat berbeda tentunya memudahkan pengguna. Sehingga pengguna perangkat kesehatan tidak perlu memindahkan data kesehatan secara manual dari satu perangkat ke perangkat lainya.

4. Fitur Material You

Dengan fitur “Material You” pengguna dapat lebih leluasa mengatur tampilan antarmuka perangkat. Berbagai tampilan wallpaper dengan bebas dipilih.

Sistem secara otomatis memilihkan warna dominan yang sesuai dengan wallpaper.

Warna dominan dari wallpaper nantinya digunakan untuk tampilan notifikasi, menu, icon volume, widgets, dan masih banyak lainnya. Secara keseluruhan tampilan antar muka terlihat lebih senada.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Ponsel Samsung Kamera Terbaik 2023

Ponsel Mana yang Mendapatkan Android 14?

Android 14 akan tersedia pada perangkat Pixel yang mendapat dukungan seperti Pixel 7 Pro, Pixel 7, Pixel 6 Pro, Pixel 6, Pixel 5, Pixel 5a 5G, dan Pixel 4a 5G. Google Pixel 4a biasa tidak kompatibel dengan pratinjau pengembang Android 14 pertama ini.

Ponsel Mana yang Mendapatkan Android 14?

Kapan rilis lengkap resmi Android 14 juga akan tersedia untuk semua perangkat Pixel yang memenuhi syarat pada musim panas 2023. Sebagaimana mengikuti pratinjau pengembang dan rills beta publik.

Rilis penuh resmi Android 14 juga kemungkinan akan tiba pada ponsel andalan yang belum dirilis dari semua produsen besar seperti Samsung, Xiaomi, Sony, Motorola, OnePlus, dan lainnya.

Misalnya, pengguna dapat mengharapkan Google Pixel 8, Pixel 8 Pro, Galaxy S23, S23 Plus, S23 Ultra, Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, OnePlus 11, dan banyak lagi yang pertama menerima Android 14 saat meluncur pada tahun 2023.

Demikian informasi mengenai kapan Android 14 rilis beserta daftar fitur terbarunya. Semoga bermanfaat.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar