Ini Dia! Spesifikasi Galaxy Book 3 Ultra yang Turut Hadir di Samsung Unpacked 2023

Alivia

/ Gadget

Kutipan Isi

FOBIS.ID – Selain Galaxy S23 Series, Samsung Galaxy Unpacked 2023 juga turut menghadirkan Samsung Galaxy Book3 Ultra. Laptop terbaru ini

FOBIS.ID – Selain Galaxy S23 Series, Samsung Galaxy Unpacked 2023 juga turut menghadirkan Samsung Galaxy Book3 Ultra. Laptop terbaru ini memiliki segudang keunggulan di dalam perangkatnya.

Samsung merupakan perusahaan yang juga aktif dalam merilis perangkat berupa laptop. Kali ini, Samsung mendatangkan Galaxy Book3 Ultra dengan performa yang ciamik untuk kebutuhan gaming.

Laptop ini memboyong keunggulan yang berasal dari layar AMOLED 2X serta kemampuan prosesor di dalamnya. Selain kekuatan dari prosesor, laptop ini juga menawarkan kemampuan grafis NVIDIA RTX terbaru.

Prosesor Intel Core 13th Gen

Keunggulan yang pertama terletak pada prosesor Galaxy Book3 Ultra yang mendatangkan Intel Core generasi ke-13. Prosesor yang tersedia untuk laptop ini ialah Intel Core i7-13700H dan i9-13900H.

BACA JUGA: Samsung Galaxy M14 5G Segera Meluncur, Baterai Awet Kamera Bokeh Begini Spesifikasinya

Samsung Galaxy Book3 Ultra yang ringan dan tipis
Samsung US

Prosesor i9 yang ada di dalam perangkat ini memiliki kecepatan clock 2.6 GHz dan mampu melakukan boost up hingga 5.4 GHz. Sementara itu, prosesor i7 memiliki kecepatan 2.4 GHz hingga 5.0 GHz.

Prosesor yang hadir untuk lapto ini kemudian bersanding dengan grafis milik Nvidia. Untuk modelnya, Samsung menyematkan Nvidia GeForce RTX 4050 untuk versi i7 dan GeForce RTX 4070 untuk versi i9.

Berkat prosesor tersebut, Galaxy Book3 Ultra menawarkan penyimpanan yang mumpuni. Varian penyimpanan untuk laptop ini menghadirkan RAM dengan kapasitas mencapai 32 GB serta penyimpanan internal dari jenis SSD hingga 1 TB.

Tidak berhenti di situ, laptop terbaru milik Samsung ini juga mendukung ekspansi menggunakan micro SD. Kapasitas maksimum micro SD yang kompatibel dengan perangkat ini bahkan mencapai 2 TB.

Selain dukungan performa dalam segi hardware, Samsung juga melakukan peningkatan dalam segi software. Samsung bekerjasama dengan Microsoft untuk memberikan tampilan dari sistem operasi Windows 11 Home.

Layar Besar untuk Galaxy Book3 Ultra

Beralih ke tampilan Galaxy Book3 Ultra yang membawa layar besar berukuran 16 inci. Layar ini menawarkan detail melalui layar Dynamic AMOLED 2X beresolusi 3K dengan 2880 x 1800 piksel.

Layar besar 16 inci
Samsung US

Selain itu, Samsung juga memberikan pergerakan visual yang lebih mulus berkat adanya refresh rate 120 Hz. Samsung juga turut menuangkan inovasi terbaru dan terbesar sepanjang sejarah Galaxy melalui rasio aspek 16:10.

BACA JUGA: Terbaru, HP 5G Samsung Galaxy A14 Termurah Resmi Meluncur, Ini Spesifikasinya

Meskipun hadir dengan layar yang besar, Galaxy Book3 Ultra justru memiliki bodi yang ringan. Samsung mengklaim laptop ini akan menjadi perangkat yang tipis dan ringan dengan bagian dalam yang powerful.

Dengan bodi yang tipis dan ringan, mudah bagi pengguna untuk membawa perangkat ini kemanapun. Pasalnya, ketebalan dari perangkat ini hanya 16.5 mm sementara beratnya adalah 1.7 kg dalam dimensi 13.99 x 9.86 x 0.65 inci.

6 Port Konektivitas

Konektivitas dalam Galaxy Book3 Ultra juga dipertimbangkan dengan baik oleh Samsung. Sehingga, baik sambungan kabel maupun nirkabel, kedua aspek mampu mendukung produktivitas pengguna.

Port yang ada dalam laptop
Samsung US

Konektivitas nirkabel yang tersedia dalam laptop ini ialah Wi-Fi 802.11 abgn/ac/ax serta Wi-Fi 6E. Kemudian, ada pula sambungan nirkabel Bluetooth v5.1 untuk menyambungkannya dengan perangkat lain.

Sementara sambungan kabel bisa melalui berbagai port yang tersedia pada bagian samping laptop. Port tersebut berjumlah 6 yang di antaranya adalah 1 buah port HDMI, 2 buah port Thunderbolt 4, 1 USB-A 3.2, 1 microSD, dan 1 Headphone out/Mic-in Combo.

Laptop ini juga akan mendukung kemulusan dalam menggulir layar berkat keberadaan touchpad yang 39% lebih besar daripada Galaxy Book2 Pro. Selain itu, bodinya juga menawarkan Quad AKG speaker system 5W yang hadir bersama Dolby Atmos.

Untuk kebutuhan konferensi atau rapat online, pengguna juga bisa memanfaatkan WebCam serta fitur pendukungnya. Web Cam dalam laptop ini juga mengusung resolusi Full HD dalam 1080p.

BACA JUGA: Spesifikasi Gahar: Ponsel Samsung Galaxy S23 Ultra

Galaxy Book3 Ultra juga hadir dengan baterai yang lebih tahan lama berkapasitas 76Wh. Pengisian dayanya juga tidak perlu menunggu waktu yang lama berkat USB-C fast charging dengan bodi yang compact 70 x 75 mm.

Harga Samsung Galaxy Book3 Ultra

Seluruh spesifikasi dari Galaxy Book3 Ultra hadir dalam laptop dengan varian warna tunggal, yaitu Graphite. Untuk varian dan harga lengkapnya adalah sebagai berikut.

Harga Galaxy Book3 Ultra Rp 30 jutaan
Samsung US

i7-13700H

  • 512/16 GB: 2.199 dollar AS atau setara Rp 32,8 juta
  • 1 TB/16 GB: 2.399 dollar AS atau setara Rp 35,7 juta

i9-13900H

  • 512/32 GB: 2.799 dollar AS atau setara Rp 41,7 juta
  • 1 TB/32 GB: 2.999 dollar AS atau setara Rp 44,7 juta

Itulah spesifikasi dan harga dari Galaxy Book3 Ultra yang rilis dalam Galaxy Unpacked 2023. Saat ini, ketersediaan dari laptop masih terbatas di wilayah Amerika Serikat saja, belum ada konfirmasi mengenai perilisannya di Indonesia.

BACA JUGA: Simak! Keunggulan Galaxy S23 Series yang Baru Saja Rilis

Tetapi, kita tidak berharap perangkat ini akan menyambangi pasar Indonesia. Hal ini mengingat Samsung belum pernah merilis perangkat laptopnya di Tanah Air.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar