Fobis.ID > News > 10 Pilihan Busana Modis untuk Fotografi Wawancara Anda

10 Pilihan Busana Modis untuk Fotografi Wawancara Anda

FOBIS.ID – Pilihan busana modis memang sangat perlu diperhatikan saat anda hendak melakukan fotografi wawancara kerja.

Selain terbatas dengan penguasaan materi dan pengetahuan terkait bidang yang dilamar, busana modis juga sangat dipandang oleh HRD perusahaan.

Ketika kalian menggunakan busana modis saat wawancara akan menjadi poin tambahan untuk memikat sang HRD.

Biasanya hal yang paling umum ditanyakan ialah seputar data diri pelamar, latar belakang dan juga motivasi. 

Setelah hal tersebut selesai ditanyakan, biasanya akan lebih spesifik terkait pengetahuan perusahaan, target dari seorang pelamar, dalam negosiasi soal pendapatan. 

Seharusnya bisa dinilai secara garis besar saat calon pelamar ketika sudah memasuki ruangan wawancara. 

Oleh karena itu, sebagai calon karyawan tidak boleh seenaknya sendiri dan tetap menjaga sopan santun serta attitude. 

Selain mengetuk pintu dan mengucapkan salam saat akan memasuki ruangan, kalian juga harus memperhatikan busana yang akan dipakai.

Dengan mempersiapkan busana yang akan dikenakan, kalian akan turut andil dalam memperoleh kesan pertama, sekaligus status diterima atau tidaknya sebagai calon karyawan sesuai dengan bidang yang kalian lamar. 

Jika kalian melakukan wawancara di perusahaan besar, jangan sekali-kali menggunakan busana seperti akan hangout. 

Kalian bisa menggunakan busana yang casual jika perusahaan tersebut tidak formal. Agar bisa membuat wawancara anda terlihat lebih berkesan, cobalah menggunakan busana yang dipersiapkan secara maksimal. 

Kalian tidak perlu bingung ingin menggunakan busana apa yang harus dikenakan saat wawancara kerja. Artikel ini akan memberikan referensi berbagai macam jenis dan model pilihan busana modis yang cocok saat akan pergi wawancara kerja.

Baca juga: Cara Memilih Pakaian Yang Tepat Untuk Sesi Foto Wawancara Kerja

1. Gunakan Pilihan Busana Modis Kemeja Berwarna Kalem dan Celana bahan 

Foto: Kemeja dan celana bahan

Pilihan busana modis pertama yang kalian bisa gunakan ialah Kemeja. Busana berkancing ini atau yang sering kalian sebut sebagai kemeja memang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. 

Jenis pakaian satu ini mampu memberi kesan formal dan profesional. Kemeja juga simpel dalam penggunaanya, dan akan terlihat menarik jika kalian memadukan dengan warna yang senada. 

Kemeja sendiri memiliki berbagai jenis bahan, seperti katun sifon hingga sutra. Pilihlah kemeja yang nyaman dikenakan sehingga nantinya ketika kalian sedang melakukan wawancara kerja akan mulus dan lancar.

Pemilihan celana juga harus penting untuk dikombinasikan dengan kemeja. Kalian bisa gunakan celana bahan atau jenis lainnya yang terlihat formal.

Hindari penggunaan celana yang terlalu ketat, hal tersebut akan terlihat tidak sopan di mata rekruter.

Kalian bisa gunakan celana yang pas di badan, sehingga akan terlihat menarik dan enak dipandang.

Celana yang dipilih harus sesuai senada dengan kemeja yang dikenakan. Hindari pemilihan dengan warna yang terlalu mentereng atau cerah. 

Pilihlah warna yang kalem seperti, hitam, abu-abu, biru dongker, coklat tua, cream tua dan lain sebagainya. 

2. Gunakan Pilihan Busana Modis Jas dan Celana yang senada

Foto: Jas dan Celana senada

Bila kalian ingin terlihat rapi bisa gunakan Jas dan celana yang senada. Memakai jas bisa menjadi pilihan yang apik saat akan melakukan wawancara.

Karena jas menjadi atribut yang sangat lengkap dan pas untuk kalian yang akan menghadapi sesi wawancara pekerjaan.

Ketika kalian menggunakan busana tersebut akan terlihat lebih profesional, rapi, dan tentunya percaya diri dimata pihak perusahaan.

Nah, yang paling harus kamu perhatikan adalah hindari dengan menggunakan jas yang bermotif atau yang terlalu cerah. Kalian bisa memilih jas dengan warna yang gelap di balut dengan kemeja putih serta kombinasi warna celana yang senada.

3. Warna Ikat Pinggang yang senada dengan sepatu

Foto: Ikan pinggang senda dengan sepatu

Pemilihan warna ikat pinggang mungkin sering diabaikan oleh kaum laki-laki. Padahal aksesoris tersebut sangatlah penting untuk diperhatikan saat akan melakukan wawancara pekerjaan. 

Ikat pinggang sejatinya memiliki fungsi untuk merapikan baju, akan tetapi jika memilih warna ikat pinggang yang pas sesuai dengan sepatu yang digunakan akan terlihat lebih pas dan penampilah jauh lebih simpel.

4. Batik

Foto: Pakaian Batik

Bagi kalian yang masih bingung untuk pemilihan busana, batik adalah menjadi solusi alternatif yang kalian bisa gunakan.

Pakailah batik dengan kombinasi celana panjang. Hindari penggunaan batik yang terlalu banyak motif dan warna yang sangat cerah.

Pemilihan warna kalem atau gelap bisa menjadi pilihan utama, tanyakan ke teman atau kerabat kalian. Biasanya mereka mempunyai saran batik yang cocok untuk digunakan.

Jangan lupa sisir rambut serapi mungkin, kalau bisa gunakan pomade atau minyak rambut jenis lainya yang dapat membuat rambut lebih basah dan wajah anda akan kelihatan lebih segar.

5. Pilihan Busana Modis Navy Blue Blazer

Foto: Navy Blue Blazer

Blazer biru navy dan sentuhan kombinasi bersama bluse bisa menjadi pilihan utama busana saat melakukan wawancara kerja. Sekilas, busana tersebut terlihat sangat simple, akan tetapi sangat versatile.

Poin selanjutnya, busana tersebut bisa digunakan dalam beberapa acara event lainya, dan di padukan dengan beberapa busana lain. Seperti, bisa dipadukan dengan kemeja, rok bahan celana khaki.

Baca juga: Pakaian Untuk Wawancara Kerja Pria Dan Wanita: Panduan Terlengkap

6. Blouse berpita

Foto: Blouse Berpita

Pemilihan selanjutnya bisa kalian gunakan blouse dengan detail. Salah satunya berpita yang akan menjadi penampilan kamu terlihat lebih elegan.

Kalian bisa memadukannya dengan rok atau celana bahan yang pas di kaki. Kombinasikan dengan ikat pinggang mini sebagai penyempurna penampilan.

Selanjutnya untuk bawahannya kalian bisa menggunakan rok pensil berwarna hitam yang terlihat simple. Jangan lupa sesuaikan busana dengan posisi wawancara anda.

7. Sentuhan busana maskulin

Foto: Busana Maskulin

Busana versatile dari wardrobe bisa menjadi pilihan kalian. Misalnya blazer khaki yang bisa kalian kombinasikan dengan blouse atau bisa juga dengan kemeja berkerah yang menarik. 

Sementara itu, kalian bisa dipadukan dengan rok berwarna senada, atau bawahan berwarna hitam bisa juga blue navy yang bisa membuat penampilan lebih terkesan menarik.

8. Busana dengan Gaya Klasik

Foto: Busana Gaya Klasik

Selanjutnya ada pemilihan gaya klasik little black dress. Busana ini terlihat simpel dan masih memberikan kesan formal. 

Tak ada salahnya jika kalian memiliki busana tersebut, karena busana ini bisa digunakan lagi untuk acara event-event lain di keesokan harinya.

Dress hitam fit body dan detail yang modis memberikan kesan yang profesional dan modern. Sebagai penyempurna kalian bisa gunakan dress dengan celana yang memiliki tekstur, serta sepatu heel hitam yang timeless.

9. Sweater dan kombinasi celana hitam

Foto: Sweater kombinasi celana hitam

Celana hitam menjadi suatu jenis item yang harus kalian miliki dalam lemari pakaian. Selain bisa digunakan untuk wawancara kerja, celana hitam juga bisa kalian gunakan sehari-hari saat kerja.

Sekalipun kalian telah memiliki black dress pants maka mudah untuk dipadukan dengan lainya, seperti kemeja atau blazer buat look formal. Selain itu, kalian bisa kombinasikan dengan sweater untuk terlihat business casual.

Dengan sedikit sentuhan kreativitas dalam berbusana, celana hitam akan terlihat masuk dengan warna apapun dan tidak akan membosankan.

10. V-Neck Sweater dan celana bahan

Foto: V-Neck dan celana bahan

Jika kalian ingin berinvestasi di busana, maka lengkapi dengan tiga blouse simple dan tiga sweater dengan pilihan warna yang bisa kalian mix. Karena setelah wawancara, busana ini bisa kalian pakai lagi untuk kerja.

Perpaduan blouse atau kemeja dengan V-neck sweater bisa membuat penampilan kalian lebih versatile. Dengan dipadukan celana panjang berwarna hitam atau rok, bahkan juga bisa dengan dark-wash jeans jika perusahaan yang kalian lamar startup yang kasual.

Busana ini sangatlah menarik karena bisa dipadupadankan dengan sangat mudah dan simple sesuai keinginan kalian. 

Sebagai tambahan, hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan seperti gelang, kalung dan cincin. Gunakan aksesoris yang bisa menyempurnakan busana kalian contohnya jam tangan dan ikat pinggang.

Bawalah map atau tas kecil yang bisa menyimpan dokumen penting kalian agar tidak rusak. Hal tersebut bisa kalian lakukan apabila interviewer menanyakan soal kelengkapan dokumen bahkan bisa meminta bukti berupa piagam penghargaan atau sertifikat.

Demikian 10 Pilihan Busana Modis yang bisa kalian gunakan saat wawancara kerja. Semoga bisa menjadi referensi pilihanmu dan selamat mencoba.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar