Fobis.ID > News > Apple M2 Pro dan M2 Max Siap Tenagai Produk Terbaru

Apple M2 Pro dan M2 Max Siap Tenagai Produk Terbaru

FOBIS.ID – Apple merilis chip terbarunya M2 Pro dan M2 Max untuk menjadi tenaga bagi produk terbarunya. Kedua chip memberikan kemampuan CPU dan GPU yang bertenaga serta peningkatan efisiensi daya.

Apple terus membuktikan kemampuannya dalam merilis produknya, termasuk produk System on Chip (SoC). Baru saja, Apple mengumumkan chip M2 Pro dan M2 Max yang merupakan generasi penerus bagi chip yang sudah rilis sebelumnya.

Sebagai generasi baru, berbagai peningkatan hadir untuk mendukung chip ini. Apple bahkan meningkatkan arsitektur M2 untuk M2 Pro hingga 12-core dan GPU hingga 19-core dengan memori terpadu yang lebih cepat hingga 38-core.

Sementara itu, Apple M2 Max juga mengalami peningkatan dengan arsitektur di atas kemampuan M2 Pro. GPU-nya mampu mencapai 38-core, bandwidth memori terpadu dua kali lipat, dan memori terpadu hingga 96 GB.

BACA JUGA: Demi Sistem Operasi Perangkat Headset, Apple Korbankan iOS 17

Performa yang hadir di dalam Apple M2 Pro dan M2 Max juga mendukung per watt yang terdepan sehingga lebih kuat dan lebih hemat daya. Kemudian, kedua chip terbaru ini juga menawarkan teknologi khusus, termasuk Neural Engine 16-core lebih cepat.

Spesifikasi Apple M2 Pro

Apple M2 Pro nantinya akan hadir untuk mendukung performa dari Mac Mini, sementara itu untuk kedua chipset nantinya masing-masing akan menjadi tenaga bagi MacBook Pro 14 inci dan 16 inci.

Apple M2 Pro

Lebih lanjut mengenai spesifikasi Apple M2 Pro, di mana chip ini telah melampaui fabrikasi 5 nm generasi kedua. Chip ini memiliki 40 miliar transistor dengan memori terpadu 200 Gbps dan memori latensi rendah 32 GB.

Prosesor 10-core atau 12-core dalam chip ini akan terdiri dari 8-core untuk performa dan 4-core untuk efisiensi daya. Adanya prosesor ini mampu menghasilkan multithread yang 20% lebih cepat daripada M1 Pro.

Selain itu, chip ini juga mampu menjalankan aplikasi beban berat seperti Adobe Photoshop dengan lebih cepat dan kompilasi Xcode 2,5 kali lebih cepat daripada MacBook Pro tercepat berbasis Intel.

GPU dalam chip ini mampu melalui konfigurasi 19-core serta cache L2 yang lebih besar. Kecepatan grafisnya juga mengalami peningkatan 30% daripada M1 Pro terutama dalam pemrosesan gambar dan game berkualitas konsol.

Spesifikasi Apple M2 Max

Bicara mengenai chip terbaru lainnya, M2 Max, chip ini memiliki 67 miliar transistor yang mendorong kinerja Apple silicon lebih jauh lagi. Chip ini memiliki bandwidth memori terpadu 400 Gbps dan memori terpadu cepat hingga 96 GB.

BACA JUGA: Terbaru: Kabarnya Apple Batal Rilis iPhone SE 4

Apple M2 Max

Prosesor yang ada dalam chip ini menampilkan CPU 12-core generasi baru dengan GPU bertenaga hingga 38-core, serta cache L2. Kecepatan grafis dalam chip ini meningkat hingga 30 persen daripada M1 Max.

Perangkat yang hadir dengan tenaga chip ini akan mampu menangani proyek intensif mulai dari penguatan efek visual, melatih model pembelajaran mesin, dan menyatukan gabar gigapiksel. Klaimnya, chip ini merupakan SoC yang kuat dan efisien bagi laptop pro.

Pembaharuan Teknologi Khusus

Apple M2 Pro dan M2 Max hadir dengan Neural Engine 16-core yang mampu melakukan 15,8 triliun operasi per detik. Kemudian, M2 Pro memiliki mesin media yang kuat dan efisien, termasuk enkode, dekode video H.264, HEVC, dan ProRes.

Pembaharuan teknologi Apple

Prosesor sinyal gambar terbaru juga hadir dalam kedua chip untuk mengurangi noise pada gambar. Selain itu, ada Secure Enclave yang akan memperbaiki keamanan Apple hingga ke level terbaik di kelasnya.

Nantinya, kedua chip akan bersanding dengan sistem operasi MacOS yang mampu mendukung kinerja Apple Silicon. MacOS Ventura juga akan menghadirkan fitur terbaru seperti Stage Manager, Continuity Camera, dan Handoff untuk FaceTime.

Selain itu, MacOS Ventura juga memperbarui Safari, Mail, Messages, Spotlight, dan aplikasi lainnya agar bisa berjalan lebih cepat dan efisien baik dengan M2 Pro maupun M2 Max.

Hadir untuk MacBook Pro 14 inci dan 16 inci

Bersamaan dengan pengumuman chip ini, Apple juga mengumumkan perangkat MacBook Pro 14 inci dan 16 inci terbaru. Namun, belum ada informasi pasti mengenai ketersediaan perangkat serta harga dari perangkat ini di pasaran.

MacBook Pro 14 inci dan 16 inci ditenagai M2 Pro dan M2 Max

Itulah penjelasan mengenai chip M2 Pro dan M2 Max yang baru saja hadir untuk menjadi tenaga bagi perangkat terbaru Apple.

BACA JUGA: Apple Dikabarkan Akan Merilis Airpods Lite Untuk Bersaing Dengan TWS Murah

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar