Fobis.ID > News > Jangan Keget, Belanja di Shopee Tambah Rp 1000 per Transaksi

Jangan Keget, Belanja di Shopee Tambah Rp 1000 per Transaksi

Buat kamu yang sering belanja online di Shopee, jangan kaget karena mulai hari ini Minggu, 23 Oktober 2022 kemarin. Shopee menerapkan kebijakan baru yaitu menarik biaya layanan sebesar Rp 1000 dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh pembeli.

Jadi jangan kaget ya jika nanti kamu belanja suatu barang di Shopee, terus di akhir transaksi mu ada tambahan sebesar Rp 1000 dalam jumlah total harga yang harus dibayar. Karena itu adalah pungutan dari shoppe. 

Dikutip dari Kompas.com Senin, 24 Oktober 2022 pihak Shoppe menjelaskan. Jika biaya layanan tersebut dikenakan untuk terus melakukan peningkatan pengembangan layanan Shopee. 

Agar saat berbelanja di shopee, para pembeli atau pelanggan akan menjadi semakin nyaman dalam melakukan transaksi. 

“Biaya Layanan mulai diterapkan per tanggal 23 Oktober 2022 untuk setiap transaksi melalui situs Shopee atau aplikasi Shopee senilai Rp 1.000 per transaksi,” tulis Shopee dalam laman pusat bantuan mereka. 

Biaya layanan sebesar Rp 1000 ini akan diterapkan untuk setiap transaksi produk fisik baik di situs atau melalui aplikasi Shopee yang dilakukan pengguna.

Untuk pembelian produk non fisik atau produk digital keuangan seperti pembayaran zakat dan donasi tidak akan dipungut biaya layanan. Kecuali bagi produk digital yang disertai dengan transaksi pembelian produk fisik. 

Biaya layanan ini juga berlaku untuk pembelian menggunakan metode pembayaran apa pun yang digunakan oleh pembeli tanpa ada batas minimal pembelian.

Sedangkan bagi para pengguna baru Shopee, biaya layanan ini tidak akan dikenakan kepada mereka. Namun setelah melakukan empat kali transaksi, biaya layanan ini mulai berlaku untuk mereka. 

Biaya layanan baru ini lanjut Shopee juga sudah termasuk dalam biaya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan ketentuan undang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia. 

Baca Juga : Investasi yang Cocok Saat Suku Bunga BI Naik

Ilustrasi Tambahan Biaya Layanan Shopee

Siti membeli produk kosmetik berupa lipstik di toko kosmetik serba ada di shopee dengan harga Rp 100.000. Maka harga yang harus dibayar oleh siti sekarang tak lagi Rp 100.000.

Melainkan menjadi Rp 101.000 karena ditambah dengan biaya layanan sebesar Rp 1000. 

Harga Produk Rp 100.000 + Biaya Layanan Rp 1000 
Ongkos Kirim Rp 10.000 
Total yang Harus dibayar Siti : Rp 111.000

Baca Juga : 3 Pekerjaan Paling Dibutuhkan Perusahaan 2023

Jangan Keget, Belanja di Shopee Tambah Rp 1000 per Transaksi

Biaya Layanan Shopee Meniru Tokopedia

Kebijakan baru shopee ini sebelumnya telah dilakuan oleh pesaing mereka yaitu Tokopedia yang juga menerapkan kebijakan penambahan biaya layanan sebesar Rp 1000 di setiap transaksi yang dilakukan lewat Tokopedia. 

Tokopedia menerapkan kebijakan itu sejak bulan Agustus 2022 kemarin, dengan dalih untuk pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan transaksi di Tokopedia. 

Untuk terus bisa melakukan pemeliharaan sistem, salah satu caranya adalah dengan menerapkan biaya jasa aplikasi sebesar Rp 1.000 per 3 Agustus 2022.

Biaya layanan ini berlaku untuk setiap transaksi produk fisik melalui situs Tokopedia maupun aplikasi Tokopedia. 

Biaya layanan aplikasi Tokopedia ini tidak berlaku untuk transaksi produk keuangan, produk digital, TopAds, zakat dan donasi.

Kecuali transaksi pembulatan emas, donasi atau pulsa yang disertakan dalam pembelian produk fisik maka akan tetap dikenakan biaya layanan. 

Namun ada pembelian yang tidak akan dikenakan biaya jasa layanan aplikasi Tokopedia ini, yaitu apabila total pembayaran Rp 0 dan terdapat informasi “bebas bayar dari Tokopedia” di halaman pembayaran.

Biaya layanan Tokopedia juga diberlakukan untuk setiap transaksi yang menggunakan metode pembayaran instan lewat bank atau aplikasi pembayaran lainya. 

Namun perlu kalian ketahui, biaya layanan berbeda dan terpisah dari biaya jasa aplikasi. Karena biaya jasa aplikasi itu dikenakan untuk semua metode pembayaran.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar