Mulanya Adalah Mengumpulkan Data, Kini ChatGPT Digunakan Jutaan Orang Seluruh Dunia

Teknologi ini dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, seperti generasi teks, pemahaman bahasa alami, dan pemahaman konteks.

Karena kapasitas dan kemampuannya yang luar biasa, ChatGPT membuka peluang baru dalam bidang teknologi AI dan bahasa. Model ini memungkinkan aplikasi untuk berinteraksi dengan pengguna secara alami dan memberikan jawaban yang relevan sesuai kebutuhan penggunanya.

Di desain seperti chatting pada umumnya, teknologi berbasis AI (Artificial intelligence)
atau kecerdasan buatan ini berusaha memahami dialog manusia.

Perlu diketahui, saat OpenAI membuat teknologi ini, mereka mempersiapkan dan melatih pada pemrosesan bahasa alami.

Setelah dilatih, ChatGPT dapat menerima masukan dari pengguna berupa pertanyaan atau perintah, dan menggunakan informasi yang sudah dipelajarinya untuk menghasilkan jawaban yang sesuai.

Baca juga: Apakah ChatGPT Di Download, Berikut Penjelasannya

Dalam proses ini, model ini menganalisis konteks dan mencari informasi yang relevan dari memori internalnya untuk memberikan jawaban yang tepat.

Sebelum digunakan, model ini dilatih pada dataset besar yang berisi teks dari berbagai sumber seperti artikel berita, buku, dan catatan online. Latihan ini membuat model memahami dan mempelajari hubungan antar kata, frasa, dan konteks dalam teks.

Maka tidaklah heran apabila ChatGPT ini mampu membuat penggunanya nyaman untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Bagaimana cara memakai Chat GPT?

bagaimana chatgpt digunakan

Simak langkah-langkah di bawah ini untuk kamu jika ingin menggunakan ChatGPT,

Pertama, kamu bisa buka browser ChatGPT pada situs https://chat.openai.com/

Kedua, langsung login akun OpenAI dengan menggunakan akun email yang kamu miliki.

Ketiga, setelah login, kamu bisa bertanya apapun persoalan yang ingin kamu ketahui jawabannya. Ketik pada kolom percakapan yang tertera di bagian bawah.

Misalnya, siapa presiden ke 2 Indonesia?

Keempat, klik kirim, lalu kamu akan mendapat jawaban atau informasi yang kamu butuhkan.

Pengguna bisa mendapatkan komposisi tanggapan yang berbeda dari Chat GPT dengan klik fitur ‘Try Again’.

Patut disadari bersama, meskipun ChatGPT memiliki banyak kelebihan, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan model ini.

Misalnya, karena model ini didasarkan pada data yang dikumpulkan dari internet, ada kemungkinan bahwa jawaban yang diberikan tidak selalu akurat atau sesuai dengan pandangan pribadi.

Layaknya sebuah teknologi atau robot, ChatGPT ini tidak selalu bisa untuk memberikan jawaban atas sebuah persoalan secara sempurna.

Tentu saja, sebagai pengguna harus tetap skeptis terhadap informasi yang didapat.

Perlu adanya penelusuran yang lebih mendalam pada beberapa persoalan yang sifatnya subjektif hingga membutuhkan pengetahuan yang spesifik.

Baca juga: Mungkinkah ChatGPT diinstal Di Android

Oleh karena itu, model ini harus digunakan dengan bijak dan selalu diperiksa untuk memastikan bahwa jawaban yang diberikan benar dan akurat.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar