Fobis.ID > News > Fitur Baru WhatsApp, Tetap Bisa Kirim Pesan Meski Internet Diblokir

Fitur Baru WhatsApp, Tetap Bisa Kirim Pesan Meski Internet Diblokir

Pemblokiran internet terjadi di banyak negara. Ini menjadi alasan membuat WhatsApp merilis fitur baru, dimana pengguna tetap bisa berkirim pesan meski jaringan internet sedang terganggu.

Dikutip dari blog resminya, pada Jumat (6/1/2023), WhatsApp sadar masih banyak orang tidak bisa menjangkau orang-orang dan keluarga, ini karena penutupan jaringan internet di beberapa negara.

“Untuk mengatasi hal ini, hari ini kami mengenalkan dukungan proksi bagi pengguna WhatsApp” tulis aplikasi chatting WhatsApp dalam pengumumannya.

“artinya, kami memberikan kemampuan mempertahankan akses ke WhatsApp ke orang-orang meskipun koneksi mereka terblokir atau terganggu,” ujar perusahaan.

Dengan memilih proksi, pengguna WhatsApp masih dapat terhubung ke WhatsApp melalui server yang telah disiapkan oleh relawan serta organisasi di seluruh dunia yang berdedikasi untuk membantu orang untuk berkomunikasi dengan bebas.

Fitur Baru WhatsApp, Tetap Bisa Kirim Pesan Meski Internet Diblokir

WhatsApp mengatakan, terhubung melalui proxy akan mempertahankan privasi dan keamanan tinggi yang disediakan oleh mereka.

Pesan pribadi masih akan tetap dilindungi enkripsi end-to-end, dan memastikan pesan tetap berada di antara pengguna dan orang yang yang sedang berkomunikasi.

WhatsApp juga menegaskan pesan tidak dapat dilihat orang lain, bahkan server proxy, pihak WhatsApp, bahkan Meta sekalipun.

WhatsApp Berharap Tidak ada lagi Pemblokiran Internet di tahun 2023

WhatsApp dalam keterangan selanjutnya, mereka berharap tahun 2023 tidak akan ada lagi penutupan jaringan internet.

Jikapunn penutupan jaringan di beberapa negara berlanjut, WhatsApp berharap solusi yang disediakan ini akan membantu orang berkomunikasi secara aman dan bisa diandalkan setiap kali mereka membutuhkan komunikasi.

Opsi proxy dapat disetting dimenu pengaturan, bagi semua pengguna yang menjalankan versi terbaru aplikasi WhatsApp.

Bagaimana Cara Mengakses WhatsApp dengan Proxy

Nah, berikut ini cara menggunakan WhatsApp dengan Proxy. Panduan ini dikutip dari laman resmi WhatsApp.

  1. Terhubung ke proxy
  2. Pastikan menggunakan WhatsApp versi terbaru.
  3. Di tab Chat, klik Opsi lainnya lalu Setelan.
  4. Lanjutkan klik Penyimpanan dan data > Proxy.
  5. Klik pilih Gunakan proxy.
  6. Klik Setel proxy lalu masukkan alamat proxy.
  7. Lalu Ketuk Simpan.

Koneksi berhasil jika Tanda centang muncul.

Jika Anda masih belum bisa mengirim dan menerima pesan WhatsApp dengan proxy, proxy yang Anda pilih mungkin telah diblokir.

Anda dapat menghapus alamat proxy yang sudah diblokir tersebut untuk menghapusnya dengan cara ketuk dan tekan alamat proxy, Anda bisa memasukan alamat proxy baru dan coba lagi.

Catatan: Saat Anda menggunakan proxy dari pihak ketiga, alamat IP Anda otomatis akan dibagikan dengan penyedia proxy. Proxy pihak ketiga ini tidak disediakan oleh WhatsApp yah.

WhatsApp Juga Memperkenalkan Fitur Accidental Delete

WhatsAppp juga memperkenalkan fitur baru yaitu Accidental Delete. Fungsinya pengguna bisa membatalkan pesan yang sudah terhapus. Saat ini pengguna iOS dan Android fitur terbaru WhatsApp ini.

Tentu kamu pernah tidak sengaja menghapus chat bukan?

Dengan fitur baru ini membantu pengguna menyediakan pilihan untuk “undo” atau membatalkan penghapusan.

Baca juga :

  1. Windows 7 dan Windows 8, Microsoft Akhiri Dukungan
  2. 7 Aplikasi Pengubah Suara Telepon WhatsApp

Namun perlu diketahui, Pilihan “undo” ini akan tersedia hanya dalam rentang waktu lima detik. Setelah 5 detik Anda tidak bisa mengembalikan chat yang sudah terhapus.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar