Fobis.ID > News > Fitur SOS Satelit iPhone 14 Selamatkan 2 Orang yang Jatuh ke Jurang

Fitur SOS Satelit iPhone 14 Selamatkan 2 Orang yang Jatuh ke Jurang

ARUSGADGET – Akhir September 2022 Apple mulai menyematkan fitur SOS Satelit pada iPhone 14. Keberadaan fitur Emergency SOS melalui satelit pada iPhone 14 ini, kabar terakhir berhasil menyelamatkan pria dan wanita yang terlibat kecelakaan mobil dan masuk ke jurang.

Kecelakaan tersebut terjadi pada 14 Desember 2022 waktu setempat pada saat keduanya melintas di kawasan Hutan Nasional Angeles (Angeles National Forest).

Dikutip dari PCMag pria dan wanita yang berusia sekitar 20 tahun ini saat kejadian sedang melintas di Angeles Forest Highway di kawasan Angeles National Forest California.

Tim SAR dari Montrose Search & Rescue Team (Tim Pencari dan Penyelamat Montrose – MSRT) menyebut kendaraan yang pasangan ini naiki keluar dari jalan raya. Secara tak terkendali mobil itu lalu terguling dan masuk ke dalam ngarai yang sempit sedalam 300 kaki.

BACA JUGA : iPad 10.9 (2022), Kombinasi Desain Cantik Dan Kualitas Apik

Di dalam ngarai, dalam kondisi terluka, mereka menemukan ponselnya tidak ada sinyal. Salah satu korban lantas menghidupkan fitur SOS Satelit iPhone 14.

Pesan Emergency yang langsung terhubung ke satelit ini kemudian mengirimkan sinyal ke Pusat Tanggap Darurat Apple

Apple Emergency Response Center yang menangkap pesan tersebut kemudian mencatat koordinatnya.

Secara cepat Apple meneruskannya pesan satelit ini kepada tim penyelamat lokal terdekat. Termasuk informasi kondisi dan koordinat korban.

Pada kejadian kecelakaan di jurang kawasan Hutan Nasional Angeles tersebut pesan diteruskan ke tim pemadam kebakaran LA County, sheriff, dan tim SAR di Montrose.

Setelah menerima informasi tanggap darurat, Tim SAR melakukan upaya penyelamatan memakai helikopter.

Melalui Twitter resminya, Tim SAR dari Montrose Search & Rescue Team membagikan video aksi penyelamatan terhadap pasangan yang terlibat kecelakaan dan masuk ke dalam jurang di Monkey Canyon itu

Menurut Montrose Search & Rescue Team bemper depan mobil dari pasangan sampai terlepas. Ini menandakan saat kecelakaan ada benturan yang keras dan mobil itu terguling ke dalam jurang.

Sersan Los Angeles County Sheriff, John Gilbert menyebut pada daerah ini biasanya jika terjadi kecelakaan biasanya fatal. Sebab pada jalur itu ada ngarai yang curam dan sempit.

Kedua korban yang berhasil diselamatkan lalu diantar memakai helikopter ke rumah sakit terdekat.

Dalam unggahan Twitter-nya tim penyelamat menyebut pusat tanggap darurat dari Apple memberikan koordinat yang akurat dari pada korban.

Perlu diketahui pada akhir September 2022 Apple meluncurkan fitur Emergency atau SOS via Satellite untuk iPhone 14.

Pada tahap pertama layanan fitur emergency ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone di Amerika Serikat dan Kanada.

Sepekan lalu menyusul fitur tersebut juga mulai tersedia di Amerika Utara, Prancis, Jerman, Irlandia, dan Inggris.

Untuk benua Asia termasuk Indonesia belum diketahui kapan layanan fitur Fitur SOS Satelit iPhone 14 mulai berfungsi.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar