Fobis.ID > News > 11+ Ide Bisnis Modal 1 Juta Untuk Pemula

11+ Ide Bisnis Modal 1 Juta Untuk Pemula

Lelah bekerja, tapi disisi lain masih butuh tambahan income. Ingin mulai merintis bisnis tapi bingung mau bisnis apa karena modalnya terbatas. Adakah ide bisnis modal 1 jutaan saja?

Ya jelas ada dong!

Nah, kali ini kita akan membahas 11+ ide bisnis yang bisa di coba untuk para pemula yang ingin punya penghasilan tambahan.

Banyak orang yang awalnya hanya merintis bisnis rumahan tapi lama-lama bisnisnya makin berkembang hingga omzetnya ratusan juta. Hal yang sama juga bisa kita dapatkan jika bisnis dikelola dengan benar dan serius. Bukan tidak mungkin bisnis bisa berkembang lebih dari saat ini.

Meski modalnya kecil, jangan awali bisnis dengan pesimis. Yang di perlukan adalah berpikir realistis. Artinya kita harus mengukur goal jangka pendek dari bisnis dan juga kapasitas kita sebagai owner agar bisnis bisa tetap berjalan dan di kembangkan.

Baiklah, sudah siap untuk menyimak 11+ ide bisnis modal 1 jutaan? Yuk kita bahas satu persatu!

1. Bisnis Pre-Order Dessert

ide Bisnis Pre-Order Dessert.png
gambar : unsplash.com/ reno laithienne

Siapa yang sering di puji teman atau orang terdekat setiap menyajikan dessert saat mengii waktu bersama?

Jika Anda termasuk di dalamnya, kenapa tidak dibuat peluang bisnis saja?

Untuk memulainya Anda tidak perlu modal besar kok karena di awal Anda bisa menggunakan sistem pre-order. Yang penting bisnis jalan dulu, dan orang-orang semakin tahu. Anda bisa membuat pre-order 1 hari dan memberitahukan di grup-grup whatsapp.

Karena sistemnya pre-order, sehingga modal yang di perlukan juga tidak banyak. Terutama untuk bahan–bahan, 1 juta saja sudah bisa jualan. Asalkan Anda memilih menu yang alat-alatnya sudah Anda miliki di rumah.

Menunya, bisa di buat dengan sistem variasi tiap minggunya jika Anda adalah tipe orang yang sangat suka berinovasi.

Misalnya minggu pertama Anda umumkan kepada calon pembeli bahwa Anda akan membuat mango sticky rice dan cheese cake. Minggu kedua menunya dessert box tiramissu dan salad buah dan seterusnya.

Atau Anda juga bisa menyajikan menu tetap dengan beberapa pilihan menu Andalan. Ini cocok untuk Anda yang ingin menjual menu tertentu saja.

Setiap pilihan ada plus minusnya, tinggal pilih yang lebih Anda minati juga bisa dilakukan.

2. Dropship

Ide bisnis yang kedua dengan modal 1 juta saja adalah bisnis dropship. Sudah pernah dengar sebelumnya?

Dropship bisa dikatakan juga sebagai bisnis ‘tanpa modal’ karena minimal kita punya smartphone dan kuota untuk menjalankannya.

Kita tidak perlu menyetok barang, repot-repot packing dan mengirimkannya ke pihak ekspedisi. Karena semua itu sudah dilakukan oleh pihak toko yang sudah bekerja sama dengan kita.

Dulu, ketika mahasiswa saya juga mempraktikan bisnis ini dan alhamdulillah bisa menambah uang saku. Menurut saya, jika kita mengambil barang dari online, bisnis dropship ini cocok dipasarkan ke orang-orang yang jarang membuka marketplace seperti contohnya ibu-ibu generasi boomers.

Bisnis dropship saya laris karena saat itu pengguna marketplace masih belum seramai daat ini. Bahkan untuk orang-orang seusia saya. Nah kalau sekarang sudah berbeda, hampir semua orang mengakses marketplace.

Tapi, berbeda lagi jika Anda sudah bekerjasama secara resmi dengan toko tertentu dan mendapatkan harga jauh di bawah pasaran. Anda bisa memasarkannya secara online juga dengan target pasar yang lebih luas.

Baca juga, Bangun Bisnis Online Sambil Kerja, Mulai Dari Mana?

3. Jualan Permainan Kartu dan Permainan Group

Saat ini, permainan group mulai populer kembali. Mungkin ini adalah bagian dari respon mengatasi krisis kedekatan emosional akibat efek samping dari ketergantungan kita terhadap gadget. Terutama di dalam keluarga, atau kerabat terdekat.

Dulu mungkin kita mengenal permainan monopoli dan ular tangga yang bisa di mainkan bersama. Hal ini mampu menciptakan kehangatan dalam hubungan.

Nah sekarang, permainan kartu semacam ini sedang banyak diminati tapi dalam bentuk yang berbeda dengan tujuan agar bisa mengobrol dan melakuakan hal seru. Namanya permainan kartu.

Jika Anda punya ketertarikan lebih perihal hubungan (relationship), Anda bisa mencoba berjualan permainan kartu secara online. Tidak butuh terlalu banyak variasi kok, misalnya Anda bisa menjual permainan kartu untuk suami istri, pacar, dan juga sahabat.

Anda hanya butuh kreatifitas untuk menggali pertanyaan-pertanyaan dan mencari percetakan yang pas untuk mencetak kartunya. Oleh karena itu, dengan modal di bawah 1 juta Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.

4. Membuat Souvenir Pernikahan dan Hampers

Souvenir Pernikahan dan Hampers
gambar : unsplash.com/ Erica Marsland Huynh

Ide bisnis modal 1 jutaan yang ke empat adalah souvenir pernikahan dan juga hampers.

Dua barang ini sepertinya tidak akan kehabisan konsumen. Sepanjang tahun selalu ada orang yang menikah, ada banyak hari spesial yang membuat orang ingin memberikan hampers.

Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal besar di awal karena sistemnya PO. Anda cukup membuat konsep souvenirnya dan hampers yang ingin di jual serta mencari percetakan untuk mencetak kertas ucapan.

Sebagai inspirasi saja, saat ini generasi milenial dan zoomers lebih suka souvenir yang fungsional. Jadi usahakan untuk menjual souvenir yang memang bisa digunakan oleh para tamu undangan. Misalnya sendok garpu, tumbler, sumpit, gelas kopi, dan sebagianya.

Sementara hampers, Anda bisa berkreasi sendiri ya ingin berupa makanan, pakaian, buku dan lain-lain.

5. Agen Frozen Food

Padatnya aktifitas masyarakat perkotaan membuat frozen food atau makanan beku menjadi salah satu ‘makanan pokok’ yang wajib ada di kulkas setiap rumah dan juga kosan.

Ini bisa Anda jadikan peluang bisnis loh!

Bisnis frozen food ini tidak perlu modal besar, Anda bisa mulai dengan modal 1 jutaan saja bahkan di bawah itu. Untuk awal bisnis, frozen food bisa di simpan di dalam freezer kulkas rumah Anda dan memasang banner iklan di depan rumah agar orang-orang tahu bahwa Anda menjual frozen food.

Agar menarik, jangan lupa sertakan gambar dan juga beberapa daftar harga frozen yang di jual di dalam banner. Untuk daftar harga selengkapnya Anda bisa membuat list di kertas yang di print.

Jika bisnis ramai, sebagian untungnya bisa dibuat untuk membeli freezer bekas yang masih bagus dengan bukaan transparan sehingga nantinya pelanggan bisa memilih langsung.

6. Aksesoris atau Pernak Pernik Wanita

Wanita punya banyak kebutuhan. Salah satunya aksesoris dan pernak-pernik lainnya. Ini juga bisa jadi peluang bisnis modal 1 jutaan!

Aksesoris dan pernak-pernik wanita ada beragam macamnya. Nah, Anda bisa memulai bisnis ini dengan mengamati circle pertemanan terdekat yang perempuan. Apa yang banyak disukai?

Mulai dari ikat rambut, bando, berbagai jenis topi, cincin manik-manik, dan masih banyak lagi.

7. Thrift Shop

Saat ini, banyak orang yang memilih beerbelanja pakaian di thrift shop karena harganya murah dan kualitas yang masih bagus serta model yang kekinian.

Oleh karena itu, soal pasar tidak perlu di pertanyakan lagi. Asalkan pakaian yang Anda jual layak pakai, modelnya menarik, terawat dan di jual di tempat yang tepat toko trhifting Anda akan ramai.

Mengenai distributor, Anda bisa mencarinya secara online maupun offline. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi yang pasti bisnis ini bisa Anda jalankan dengan modal mulai dari 1 jutaan bahkan di bawah itu jika Anda ingin mulai jualan kecil-kecilan dulu.

Baca juga, 10 Tips Bisnis Thrift Shop Modal Kecil

8. Es Kopi Botolan

Kopi adalah salah satu minuman hits yang banyak di cari. Mau pergi bekerja, saat bekerja, meeting atau sekedar nongkrong, rasanya tidak lengkap tanpa kopi.

Apakah bisnis kopi harus punya modal puluhan juta?

Tidak juga.

Karena bisnis kopi botolan sebenarnya bisa di mulai dengan modal 1 jutaan. Apalagi jika Anda merupakan penggemar kopi. Anda tentu punya tahu jenis kopi yang enak, sehingga tinggal mencari tahu cara membuatnya saja.

Dengan modal 1 jutaan kita perlu membeli mesin pembuat kopi di bawah 500 ribu, botol plastik, kopi dan beberapa bahan lainnya. Lalu mulai berjualan dari rumah. Tanpa booth pun Anda bisa mulai berjualan secara online lewat aplikasi.

9. Street Food Korea

ide bisnis Street Food Korea.png
gambar : unsplash.com/ (っ◔◡◔)っ Clement 🇰🇷

Street food korea biasanya selalu ramai sejak kpop dan drakor hits di Indonesia. Nah, dibanding membeli franchise yang mahal, Anda bisa langsung jualan street food korea sendiri dengan modal di bawah 1 juta.

Bahan-bahannya pun sekarang sudah mudah di temukan kok dan mulai dengan 1 atau 2 menu saja terlebih dulu. Pelajari resepnya, dan bahan-bahan yang di perlukan.

Jika sudah, Anda bisa berjualan di depan rumah atau secara online lewat aplikasi.

Baca juga, 10+ Ide Bisnis Makanan Sehat yang Pasti Laris!

10. Jual Phone Case Unik

Ide bisnis lain dengan modal 1 juta adalah dengan menjual phone case unik. Bisnis ini cocok bagi Anda yang suka melukis, karena phone case yang dibuat merupakan phone case custom yang dilukis dengan cat aklirik atau cat kuku.

Karena eksklusif dan sangat unik harga phone case pun bisa dijual lebih mahal. Tentunya lebih baik Anda memilih bahan phone case yang cukup bagus dan kuat ya.

Anda bisa menawarkan secara pre order karena memerlukan waktu untuk membuatnya. Modal bisa belikan phone case polos, cat untuk melukis phone casenya dan juga packaging.

11. Perlengkapan Dapur, Makan dan Tumbler

Ide bisnis yang terakhir adalah perlengkapan dapur, makan dan tumbler. Bisnis ini minim rugi karena tidak akan basi, selalu dibutuhkan dan tidak lekang oleh waktu.

Modalnya pun tidak besar, karena bisa di jual secara pre-order terlebih dulu. Untuk awal bsinis, Anda bisa memilih salah satunya dulu, misalnya tumbler dengan berbagai jenis, ukuran dan warna.

Promosikan secara online di media sosial Anda. Kemudian buat akun marketplace sendiri, untuk memanfaatkan fitur gratis ongkir. Jika pembeli sudah deal dan barang sudah ada di tangan Anda, kirimkan link pembeliannya agar pelanggan bisa checkout.

Keuntungan yang sudah di dapatkan sebagiannya bisa di belikan barang, sehingga lama-lama Anda jadi reseller.

Penutup

Selalu ada jalan bagi mereka yang terus berusaha dan berdo’a. Ibaratnya seperti air laut yang kalau airnya di ambil sebanyak apapun tidak akan surut.

Begitu juga rezeki, sudah di sediakan Tuhan di dunia dengan jumlah yang unlimited. Tinggal kitanya yang pintar-pintar mencari cara membawa rezeki. Yang terpenting, agar bisnis bisa berjalan dan berkembang, kita perlu konsisten dan tidak keberatan berinovasi.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan ide bisnis terbaik.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar