Fobis.ID > News > Kotak Hitam Pada Motor Matik Honda, Ini Fungsinya

Kotak Hitam Pada Motor Matik Honda, Ini Fungsinya

FOBIS.ID – Diperhatikan atau tidak, saat kita mempunyai motor matik Honda, kita akan menemukan kotak hitam yang terletak di atas CVT. Tahukah fungsinya?

Sepeda motor dengan transmisi otomatis (automatic transmission) atau yang biasa disebut skuter matik (skutik) sudah jamak digunakan masyarakat Indonesia sebagai alat transportasi.

Skuter matik ini menjadi sepeda motor yang paling populer dipakai masyarakat pada tiap daerah.

Berdasarkan data, sepanjang tahun 2022, penjualan sepeda motor di dominasi oleh skutik. Kontribusinya mencapai 92 persen dari seluruh penjualan sepeda motor di tanah air.

BACA JUGA : Ingin Subsidi Sepeda Motor Listrik 8 Juta Rupiah, Lihat Dulu Syaratnya

Tingginya penjualan ini karena skutik dianggap memiliki nilai fungsionalitas yang tinggi. Selain itu lebih mudah dipakai semua kalangan termasuk kaum hawa.

Tidak hanya itu, model motor skutik tiap tahun juga terus berkembang. Fiturnya juga kian beragam.

Meskipun jutaan orang memakai skutik namun tidak semua orang paham fungsi dari tiap komponen yang ada pada skutik.

Salah satunya adalah komponen kotak hitam yang letaknya berada di dekat suspensi bagian belakang. Tepatnya berada di atas girboks CVT.

Menurut Technical Training Coordinator Astra Motor Yogyakarta Danang Priyo Kumoro dalam siaran persnya, Kamis 19 Januari 2023 menyebut fungsi kotak hitam itu memiliki fungsi untuk melindungi sensor kecepatan (pelindung speed sensor)

Untuk diketahui skutik Honda sudah tidak lagi menggunakan kabel konvensional guna membaca kecepatan sepeda motor. Nah sebagai gantinya Honda memakai sensor yang diletakkan di atas girboks CVT.

Sensor kecepatan inilah yang kemudian merekam data kecepatan sepeda motor. Hasilnya kecepatan sepeda motor bakal muncul di speedometer.

“Sensor kecepatan ini merupakan komponen wajib sebagai syarat agar fitur Idling Stop System (ISS) berfungsi,” kata dia

Cara kerja sensor kecepatan ini adalah dengan menangkap putaran dari gigi transmisi. Informasi tersebut selanjutnya bakal ditampilkan di bagian speedometer.

Untuk itulah maka sensor kecepatan ini dipasang pada bagian belakang CVT dekat dengan roda belakang skuter matik Honda.

Saat ini sensor kecepatan tersebut sudah dipakai pada seluruh skuter matik Honda. Seperti Honda BeAT series, Honda Vario 125, Honda Vario 160, Honda Genio, Honda Scoopy, Honda PCX160, Honda ADV160, hingga Honda Forza.

Adanya kotak hitam maka sensor kecepatan bisa terlindung dari kotoran. Selain itu kotak hitam tersebut juga berfungsi melindungi sensor kecepatan dari benturan saat skuter matik Honda dipakai untuk ragam aktivitas.

Itulah fungsi kotak hitam pada Motor Matik Honda.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar