Fobis.ID > News > Lama Absen, Kini Esemka Akan Pamer Produk di IIMS 2023

Lama Absen, Kini Esemka Akan Pamer Produk di IIMS 2023

Fobis.ID – Setelah lama absen di IIMS, bulan ini Esemka akan pamerkan produknya dan berpartisipasi pada gelaran pameran otomotif Indonesia international motor show (IIMS) 2023. Hal ini membuat warganet bertanya-tanya, kenapa esemka baru hadir Kembali di IIMS setelah sekian tak ada kabar.

Tidak sedikit komentar warganet yang mengatakan bahwa Esemka adalah pabrikan mobil yang hanya muncul ketika perhelatan pemilu sudah dekat.

Esemka sendiri merupakan mobil buatan tanah air yang berasal dari Boyolali, dan sempat dipopulerkan oleh presiden Joko Widodo Ketika beliau menjabat sebagai walikota Surakarta. Karena karir politiknya yang semakin melejit, dengan menjadi gubernur DKI tahun 2012 dan Presiden pada 2014 sampai sekarang.

Kemudian esemka menanggapi keseriusannya menjadi pabrikan mobil asal indonesia dengan mendirikan pabrik pada 2019 dan diresmikan oleh Jokowi kala itu. Anehnya setelah itu tidak terdengar kabar lagi. Hingga muncul kembali pada gelaran IIMS 2023.

Project manager IIMS 2023, Rudi MF mengatakan bahwasannya pihak Esemka menghubunginya secara langsung dan berkeinginan ikut serta dalam gelaran pameran otomotif ini, dan sudah mempersiapkan booth khusus untuk pabrik mobil asal Boyolali tersebut.

Baca juga: Mobil Listrik Panda Mini EV Mungil Penantang Wuling Air EV

Terdapat beberapa line up mobil Esemka yang dikabarkan akan hadir di IIMS 2023, mulai dari mobil jenis sport utility vehicle (SUV) , mobil listrik, sampai mobil kelas niaga, berikut daftarnya.

1. Mobil Esemka Garuda 1

Mobil Esemka Garuda 1
Mobil Esemka Garuda 1

Mobil yang diperkenalkan di IIMS 2023 yaitu garuda 1, merupakan mobil kelas SUV berkapasitas 7 orang yang sempat viral beberapa tahun kemarin.

Dari foto-foto yang telah ada, garuda memiliki fitur yang tak kalah mewah. Mulai dari adanya sun roof pada bagian atap, spion dengan lampu sein, dan aksesoris tambahan seperti roof rail.

Pihak Esemka mengatakan bahwa foto-foto yang ada di internet tersebut merupakan unit prototipe yang tengah di kembangkan.

2. Mobil listrik Gandeng Pindad

Dikabarkan Esemka juga menghadirkan mobil electric vehicle (EV) di gelaran IIMS. Produk mobil listrik ini dikabarkan merupakan kolaborasi Esemka dengan Pindad, karena dua pabrikan ini memang sudah pernah saling bekerjasama. Atau mungkin nantinya mobil ini merupakan rancangan dari Esemka sendiri

Juru bicara dari Esemka masih merahasiakanya dan dan tidak mau memberikan penjelasan lebih jauh. Dan membuat kita menunggu akan produk apa saja yang akan di pamerkan di IIMS 2023 nanti.

3. Mobil anti peluru

Jenis mobil ini pernah diperlihatkan Esemka sebelumnya, mobil yang seperti SUV ini digadang-gadang akan menjadi line up pameran yang sukses saat IIMS berlangsung.

A.M Hendropriyono mantan kepala Badan Intelejen Negara (BIN), pernah mengunggah suatu postingan mengenai mobil ini, yang memperlihatkan body mobil dan karpet yang bertulis Garuda 1.

Tidak terdapat informasi lebih lanjut dari postingan video tersebut, akan tetapi apa bila dilihat sekilas, mobil tersebut mempunyai sekat pemisah antara baris pengemudi dan penumpang belakang.

Baca juga: Mirip Wuling! Begini Tampilan Mobil Seharga 80 Jutaan

Dan bertuliskan ”armored by esemka” pada pameran tersebut yang semakin menunjukan bahwa mobil tersebut merupakan mobil yang memiliki proteksi lebih dari mobil pada umumnya.

4. Mobil Esemka Pick-up Bima

Mobil Esemka Pick-up Bima
Mobil Esemka Pick-up Bima

Adapun mobil yang termasuk kelas niaga dan merupakan mobil pertama yang buat Esemka pada segmen tersebut. Dan akan diperkenalkan pada IIMS 2023.

Pick-up ini hadir berbarengan Ketika peresmian pabrik oleh Jokowi pada tahun 2019. Terdapat dua jenis pilihan mesin yang ditawarkan pada pick-up ini, yaitu 1.500 cc dan 1.300 cc.

Baca juga: Simak Syarat Subsidi Mobil Listrik 80 Juta

Akan tetapi mobil tersebut menuai kontroversi, lantaran bentukannya yang mirip dengan Changan Star Truck kendaraan asal China.

Itulah beberapa produk-produk mobil Esemka yang disinyalir akan dihadirkan pada gelaran otomotif IIMS 2023 nanti

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar