Fobis.ID > News > Badai PHK masih Terjadi, Microsoft PHK 10 Ribu Karyawan, Berapa Pesangonnya?

Badai PHK masih Terjadi, Microsoft PHK 10 Ribu Karyawan, Berapa Pesangonnya?

Fobis.ID – Badai PHK tahun 2023 belum selesai. Microsoft mem-PHK besar-besaran karyawannya, Apa yang sedang terjadi?

Ada 10 ribu karyawan yang di PHK. Dalam memo, Satya Nadella selaku CEO Microsoft mengatakan Microsoft akan melakukan perubahan dan berdampak pada pengurangan karyawan sampai 10 ribu sampai akhir Q3 tahun fiskal 2023.

Sekarang saja sudah sekitar 800 karyawan terdampak rencana PHK perusahaan, namun dipastikan hingga akhir Maret jumlahnya akan mencapai 10 ribu karyawan yang terdampak. Meskipun melakukan PHK, Nadella memastikan Microsoft akan tetap merekrut karyawan baru pada posisi kunci yang penting dan strategis.

Microsoft PHK 10 Ribu Karyawan

Untuk karyawan yang terkena dampak PHK, dijanjikan mendapatkan pesangon lebih besar dari biasanya, akan mendapatkan asuransi kesehatan selama enam bulan, mendapat layanan transisi karir, mendapatkan saham perusahaan, serta akan mendapat pemberitahuan 60 hari sebelum PHK dilakukan.

Saat ini total Microsoft memiliki lebih dari 220 ribu karyawan, artinya jumlah karyawan di-PHK sekitar 5% dari total karyawan. Jumlah ini jauh lebih besar dari PHK Microsoft sebelumnya, yaitu di angka 1% dari total karyawan pada tahun 2022 lalu.

Dari sumber dikutip The Verge, kebanyakan karyawan terkena PHK ada di divisi HoloLens dan browser Microsoft Edge, juga tim marketing mereka, serta 343 Industri, dan para pengembang game Bethesda.

Dalam memo Nadella juga mengatakan Microsoft mengeluarkan dana USD 1,2 miliar di Q2 2023. Ini terkait pengeluaran untuk pesangon para karyawan, perubahan pada portfolio hardware, serta biaya konsolidasi sewa gedung. Ini karena Microsoft akan segera membuat ruang kerja mereka lebih padat.

Informasinya, pada tahun fiskal 2022 lalu, Microsoft mendapat pemasukan USD 198 miliar dan operating income USD 83 miliar, dikutip dari The Verge pada Kamis (19/1/2023).

Dalam sejarahnya, Microsoft sudah dua kali melakukan PHK besar, jumlah karyawan yang terdampak mencapai ribuan orang.

PHK sebelumnya pada tahun 2009, ada sekitar 5.800 karyawan di-PHK, pada tahun 2014 yang di-PHK mencapai 18 ribu karyawan.

Baca juga :

  1. Ini Keunggulan Samsung Galaxy Z Fold 4 yang Dipakai Bill Gates
  2. Ramai di TikTok, ini 4 Fakta iPhone 16 Pro Max Yang Viral

Sebagai catatan, PHK pada tahun 2014 dilakukan setelah CEO Nadella ditunjuk, dan sebagian besar yang terkena PHK sekitar 12.500 orang adalah mantan karyawan Nokia, yang saat itu baru saja diakuisisi Microsoft

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar