Fobis.ID > News > Ponsel Baterai Removable Terbaru 2023, Masih Ada?

Ponsel Baterai Removable Terbaru 2023, Masih Ada?

FOBIS.ID – Ponsel baterai removable (lepasan) sekarang memang sudah jarang kita temui. Namun, salah satu merek perangkat elektronik ternama justru menghadirkannya di tahun ini.

Dahulu, penggunaan ponsel sangat identik dengan baterai removable atau lepasan. Namun, seiring berjalannya waktu, eksistensinya terus berkurang. Saat ini, hampir semua ponsel yang ada di pasaran mengusung baterai tanam.

Penggunaan baterai tanam pada ponsel tentu bukan tanpa tujuan. Melainkan, ada beberapa keunggulan yang membuat beberapa merek ternama justru memilih konsep baterai tanam. Pasalnya, baterai tanam biasanya lebih praktis dan bagian dalam ponsel lebih terjaga karena minim kontaminasi.

Namun, berbicara soal baterai, di tahun 2023 ini justru ada merek ponsel yang hadir dengan baterai removable. Perusahaan yang kembali menghadirkan ponsel dengan konsep ini ialah TCL melalui produknya yang bertajuk Ion X.

BACA JUGA: 4 HP ASUS RAM 12GB Terbaik Untuk Gaming Baterai 6000 mAh

Ponsel Baterai Removable dari TCL

Di saat banyak merek ponsel yang meninggalkan konsep baterai removable, TCL Ion X justru membawakan konsep ini. Baterai ini memiliki kapasitas 3000 mAh yang menjadi kekuatan bagi performa ponsel secara keseluruhan.

Ponsel baterai removable TCL Ion X
Metro by T Mobile

Kapasitas baterai dari TCL Ion X mungkin tidak sebesar ponsel yang ada hari ini. Namun, hal ini menjadi lumrah karena biasanya ponsel dengan baterai removable justru masuk ke dalam kelas ponsel entry level.

Ponsel baterai removable ini mendukung pengisian daya menggunakan USB Type-C 2.0. Kabel yang hadir untuk mengisi daya ponsel ini memiliki kekuatan sebesar 10W untuk memberikan waktu pengisian yang singkat.

Selain membicarakan baterai removable yang ada dalam ponsel, kita juga bisa mendalami spesifikasi lainnya. Secara umum, TCL Ion X mengunggulkan kemampuan kamera, ukuran layar dan resolusinya, serta ketahanan baterainya.

Spesifikasi TCL Ion X

Berbicara soal wajah terlebih dahulu, TCL Ion X hadir dengan layar berukuran 6 inci. Layar ini memiliki resolusi sebesar 720 x 1440 piksel atau HD Plus di dalam panel IPS LCD. Seperti ponsel entry-level pada umumnya, layar tersebut hadir dengan bezel yang kentara.

Selain mengusung konsep baterai removeable layaknya ponsel yang sudah lama rilis, TCL Ion X juga memiliki notch kamera yang menyatu bersama bezelnya. Letak dari kamera depan ponsel ini juga bersebelahan dengan speaker ponsel.

Kamera depan dari TCL Ion X sendiri memiliki resolusi 5 MP. Sementara kamera belakangnya tidak banyak dengan single-camera beresolusi 13 MP serta LED Flash sebagai pendukung. Resolusi ini tidak begitu istimewa mengingat ponsel ini berada dalam kelas entry level dengan harga yang terjangkau.

BACA JUGA: Tecno Spark Go 2023 dengan Kamera AI 13 MP

Selanjutnya, ponsel baterai removeable ini memiliki kekuatan lain yang hadir bersama chipsetnya. Chipset yang hadir menjadi tenaga bagi ponsel ini juga mumpuni karena berasal dari perusahaan chipset ternama, MediaTek.

Di dalam ponsel ini terdapat MediaTek Helio G25 yang telah melewati proses arsitektur 12 nm. Prosesor yang ada di dalamnya memiliki 8 inti yang memiliki kecepatan clock maksimum 2.0 GHz dari ARM Cortex-A53.

Chipset tersebut kemudian bersanding dengan perangkat penyimpanan RAM dan penyimpanan internal eMMC 5.1. Dari perangkat tersebut, maka ponsel ini memiliki konfigurasi penyimpanan 3/32 GB yang mendukung ekspansi dengan microSD.

Perihal konektivitas, TCL Ion X hadir dengan dukungan Wi-Fi, Bluetooth 5.1, GPS, dan sambungan jackaudio 3.5mm. Seluruh spesifikasi tersebut kemudian dikemas dalam bodi berdimensi 156.5 x 75.2 x 8.9 mm dengan bobot ponsel 177.4 gram.

Perihal varian warna,TCL Ion X hadir dalam varian warna tunggal, yaitu Black. Sayangnya, ponsel baterai removeable ini hanya tersedia di wilayah Amerika Serikat dengan harga USD 119 atau setara dengan Rp 1,78 juta.

Ponsel Baterai Removable vs Baterai Tanam

Bicara mengenai ponsel baterai removable dan baterai tanam, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Pertama-tama, kita bicara mengenai keunggulan dan kekurangan baterai removeable.

Keunggulan baterai dalam ponsel keluarga TCL
TCL US

Keunggulan baterai removable terletak pada kemudahannya dalam hal perbaikan. Saat Anda sedang memainkan ponsel dan mendapati ponsel berhenti merespons sentuhan, maka Anda bisa melepas baterai agar ponsel bisa melakukan restart.

BACA JUGA: Spesifikasi Nokia C12 dengan Android 12 Go Edition

Selain itu, keunggulan dari baterai ponsel removable juga terletak pada penggantian baterai yang mudah. Namun, baterai removable biasanya mengganggu pengembangan desain karena tidak dapat mengusung material eksklusif seperti logam.

Model baterai lepasan juga berpengaruh pada umur baterai ponsel. Mengingat bahwa pengguna akan sering melakukan buka tutup dan memungkinkan masuknya partikel lain seperti air dan debu, maka baterai lepasan akan lebih rentan mengalami kerusakan.

Selanjutnya, kita bicara mengenai keunggulan dan kekurangan dari baterai tanam. Ponsel dengan baterai model ini biasanya memiliki kelebihan soal tampilan karena mampu mengusung material logam untuk menutup ponsel.

Selain itu, baterai tanam dapat membuat ponsel terlihat lebih ramping dan nyaman dalam genggaman. Kemudian, ponsel dengan baterai tanam juga tidak rentan terhadap kerusakan karena posisi yang selalu terlindungi.

Terlebih, saat ini beberapa merek ponsel memperoleh sertifikasi khusus anti air dan debu yang akan melindungi bagian dalam ponsel, terutama baterai. Namun, baterai tanam juga memiliki kekurangan tersendiri.

Kekurangannya terletak pada biaya servis yang lebih mahal lantaran proses yang lebih sulit dalam penggantian. Selain itu, saat ponsel mengalami gangguan, Anda tidak akan bisa melakukan restart dengan melepas baterai ponsel sehingga Anda perlu menunggu lebih lama.

Kira-kira, ponsel dengan model baterai seperti apa yang menjadi favorit Anda?

BACA JUGA: Realme C33 Dapat Pembaruan Baru ‘Dynamic RAM’

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar