Fobis.ID > Artikel > 4 Cara Screenshot Laptop Asus Paling Mudah, Yuk Cobain!

4 Cara Screenshot Laptop Asus Paling Mudah, Yuk Cobain!

FBIS.ID – Untuk mengetahui cara screenshot laptop Asus di laptop akan membuat pekerjaanmu sangat mudah dan membantu dalam mempercepat sebuah pekerjaan. Saat kamu melakukan pekerjaan menggunakan laptop dan menyelesaikan beberapa tugas lebih gampang dan mudah dengan mengetahui cara ss di laptop Asus.

Pesatnya perkembangan zaman dan teknologi memang sudah tidak bisa kita bendung, lantaran sangat membantu pekerjaan manusia dengan lebih cepat dan hampir terlibat dalam semua bidang. Bahkan kecanggihan dari gadget saat ini telah membawakan kebiasaan yang baru.

Sebuah pekerjaan bisa kamu lakukan dengan secara online datau digital tanpa harus bertatap muka lagi atau face to face. Untuk mengetahui cara screenshot laptop asus akan sangat membantumu dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan menggunakan laptop tersebut.

Baca juga: 15 Cara Merawat Laptop Tetap Awet dan Memperpanjang Umur Laptop

Pada dasarnya screenshot atau nama lainnya adalah tangkap layar merupakan suatu metode untuk menangkap momen layar komputer dan laptop. Hal ini telah didukung oleh sebuah sistem operasi yang terdapat pada perangkat laptop Asus tersebut.

Selain melakukan cara print screen di laptop, screenshot juga bisa kamu lakukan pada pengguna smartphone. Saat ini hampir seluruh ponsel pintar sudah dapat melakukan tangkap layar dengan mudah.

Nah agar kamu bisa menangkap momen penting, cukup lakukan saja screenshot untuk menyimpannya dan tanpa harus repot untuk mencatat informasi penting tersebut. Ada beberapa cara screenshot laptop Asus yang wajib kamu ketahui.

Ilustrasi Melakukan Secreenshot
Ilustrasi Melakukan Secreenshot

Kebanyakan pengguna laptop hanya mengetahui cara screenshot di laptop Asus dengan menekan tombol PrtSc. Namun demikian, metode tersebut hanya bisa menyalin tangkapan layar yang kamu lakukan ke clipboard. Bukan menyimpannya secara langsung atau otomatis ke folder penyimpanan.

Selain itu, pada laptop Asus juga menempatkan sebuah fitur lain yang bisa mempermudah penggunanya untuk melakukan cara ss di laptop Asus. Mengutip dari Screen Rec, berikut adalah cara screenshot laptop Asus dengan mudah dan bisa kamu lakukan untuk mempermudahkan pekerjaan.

Cara screenshot laptop Asus Dengan Kombinasi Windows + PrtSC

Nah cara yang pertama ini akan mempermudahkan kamu lantaran bisa melakukan penangkapan layar dan akan masuk ke folder penyimpanan. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot membuka aplikasi lain untuk bisa melihat hasil screenshot yang telah kamu lakukan.

Baca juga: Cakwe Kelihatan Lebih Besar, Ini Cara Bermain Kantin Sekolah Simulator pada Laptop atau PC

Nah adapun cara screenshot laptop Asus yang bisa kamu lakukan pada metode ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama kamu buka halaman atau dokumen yang hendak di screenshot.
  • Kemudian lanjutkan dengan menekan kombinasi tombol yang berlogo Windows + PrtSc.
  • Setelah itu, maka gambar yang kamu tangkap akan tersimpan secara langsung.

SS di Laptop Asus Dengan Menekan Tombol PrtSc

Untuk menggunakan metode ini kamu harus menyimpan gambar terlebih dahulu gambar salinan sebelum melakukan screenshot dengan tombol PrtSC. Kamu bisa membuka Microsoft Paint dengan menekan tombol Ctrl+V terlebih dahulu untuk melihat hasil ss dari hasil desain poster tersebut. Selanjutnya maka kamu bisa pilih menu save as supaya gambar yang telah kamu lakukan tersimpan. Berikut adalah caranya ss di laptop Asus menggunakan tombol PrtSc:

  • Pertama buka halaman atau dokumen yang akan kamu gunakan untuk screenshot.
  • Lalu lanjutkan dengan menekan tombol PrtSc pada halaman itu.
  • Lanjutkan dengan membuka Microsoft Paint.
  • Tekan tombol Ctrl+V.
  • Maka gambar yang telah tersalin akan muncul pada lembar kerja di Microsoft Paint.
  • Dan yang terakhir tinggal menekan Ctrl + S untuk menyimpannya.

Alt + PrtSc

  • Buka pada halaman atau dokumen yang akan kamu lakukan screenshot.
  • Lalu tekan Alt+PrtSc pada halaman tersebut.
  • Lanjutkan dengan membuka menu Microsoft Paint.
  • Tekan pada tombol Ctrl + V.
  • Gambar yang berhasil tersalin akan berhasil muncul pada lembar kerja Microsoft Paint.
  • Serta pada langkah terakhir maka tinggal tekan Ctr+S agar bisa menyimpannya.

Menggunakan Aplikasi Windows Snipping Tool

Cara screenshot laptop Asus pada metode ini memang beberapa orang mungkin tidak asing lagi. Kamu bisa menangkap layar menggunakan aplikasi Windows bawaan yaitu Snipping Tool. Kelebihan aplikasi ini memang sangat memungkinkan pengguna melakukannya, tanpa mengalami kerumitan. Nah untuk caranya simak penjelasan ini:

  • Pertama kamu bisa tekan pada logo Windows yang terletak di papan keyboard.
  • Lalu Snipping Tool di kotak pencarian untuk bisa melanjutkannya.
  • Jika sudah berhasil kamu buka, maka klik New pada sudut kiri atas halaman tersebut.
  • Lanjutkan dengan klik seret mouse untuk bisa memilih area tertentu pada layar laptop yang kamu gunakan, lanjutkan dengan melepaskan mouse.
  • Ikon Save Snip kamu klik, untuk menyimpan sebuah tangkapan layar.
  • Kamu juga bisa menggunakan sebuah menu shortcut dengan menekan tombol kombinasi Shift + Windows +S.

Baca juga: Kerusakan Hard Drive Laptop, Ini Cara Mencegahnya!

Jadi demikianlah pembahasan tentang cara screenshot laptop Asus dari semua metode yang telah kami sampaikan melalui metode ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar