Fobis.ID > News > 5 Obyek Wisata Alternatif di Dieng yang Mempesona

5 Obyek Wisata Alternatif di Dieng yang Mempesona

FOBIS.ID – Obyek wisata di kawasan Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan. Ada beragam obyek wisata di sini yang menawarkan keindahan alamnya.

Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Dieng, yang dikenal sebagai “negeri di atas awan”, terletak lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut dan sering diselimuti awan.

BACA: Kapan DCF 2024 Dilaksanakan Simak Ini Agenda Dieng Culture Festival

Banyak wisatawan yang menjadikan kawasan ini sebagai tempat favorit untuk liburan. Ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa mereka kunjungi.

Akses yang paling mudah seperti pada kawasan Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Warna, Batu Pandang Ratapan Angin, dan Dieng Plateau Theatre.

Namun, bagi yang mencari alternatif, ada beberapa destinasi di Zona 2 yang tak kalah mempesona dan kaya akan cerita rakyat.

Berikut lima obyek wisata alternatif di Zona 2 Dieng yang patut dikunjungi:

  1. Telaga Dringo

Terletak pada ketinggian 2.222 meter di atas permukaan laut, Telaga Dringo terbentuk sebagai hasil dari letusan dahsyat Gunung Sinila pada tahun 1786.

obyek wisata dieng tlaga dringo
obyek wisata dieng tlaga dringo. Foto: IG Imamimul

Telaga ini dinamai dari tanaman air “dringo” yang tumbuh di sekitarnya. Tanaman ini memiliki daun kuning kehijauan berbentuk pedang dan digunakan dalam masakan, parfum, dan obat herbal.

BACA: Dieng Culture Festival atau DCF Tahun 2023 Ini Resmi Ditiadakan

  1. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka menawarkan pemandangan air yang berubah warna dari biru, abu-abu, hingga putih.

Dikelilingi tebing tinggi, kawah ini menarik banyak pengunjung yang ingin merebus telur di air panasnya. Menurut legenda, Gatotkaca, tokoh pewayangan, dicelupkan ke kawah ini untuk menghilangkan sifat jahatnya.

  1. Sumur Jalatunda

Sumur Jalatunda adalah lubang raksasa dengan diameter sekitar 90 meter dan kedalaman ratusan meter.

Dulunya merupakan kawah gunung berapi yang meletus. Legenda mengatakan sumur ini terbentuk akibat perang Bharatayuddha.

Mitos lokal menyebutkan, jika seseorang bisa melempar batu hingga ke dinding sumur, keinginannya akan terkabul.

  1. Pemandian Air Hangat Banyu Alam Bitingan

Terletak di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, pemandian air hangat ini menawarkan pengalaman berendam di alam dengan pemandangan indah.

Pemandian ini memiliki dua kolam terpisah untuk pria dan wanita. Saat kabut turun, suasana pemandian menjadi semakin syahdu.

  1. Tol Kayangan

Berjarak sekitar 2 km dari Pemandian Air Hangat Banyu Alam, Tol Kayangan di Dukuh Sigemplong, Desa Pranten, menawarkan pemandangan indah dari ketinggian.

tol kayangan dieng
tol kayangan dieng. Foto: IG eira_aurelia

Saat tertutup kabut, jalan ini seolah-olah menembus kayangan. Pengunjung bisa menikmati jagung bakar sambil menikmati hawa dingin.

Inilah beberapa wisata alternatif yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Dieng. Dengan segala keindahan alam dan keunikan budayanya, wisata Dieng akan memberikan pengalaman yang penuh kesan.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar