Fobis.ID > News > WhatsApp Akan Memperkenalkan Transkripsi Pesan Suara Jadi Teks dalam Berbagai Bahasa

WhatsApp Akan Memperkenalkan Transkripsi Pesan Suara Jadi Teks dalam Berbagai Bahasa

FOBIS.ID – WhatsApp n sedang menguji fitur yang memungkinkan pengguna transkripsi pesan suara menjadi teks.

Menurut WABetaInfo, sebuah situs web yang melacak pembaruan WhatsApp, fitur ini telah terlihat dalam versi beta dan masih dalam pengembangan.

Pengguna WhatsApp yang ingin mengubah pesan suara menjadi teks ini perlu mengunduh sekitar 150MB data aplikasi baru untuk mengaktifkan fitur transkripsi ini.

BACA: Cara Nonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Menghapus Aplikasi WA

Layanan transkripsi yang akan datang ini diharapkan dapat mendukung lima bahasa pada awalnya, dengan kemungkinan lebih banyak bahasa akan ditambahkan di masa depan.

Fitur ini memanfaatkan pengenalan ucapan spesifik bahasa, memungkinkan pengguna memilih bahasa yang berbeda untuk pesan suara yang berbeda.

Untuk mengakses layanan ini, pengguna harus mengunduh paket bahasa khusus, yang memastikan enkripsi ujung ke ujung dan menjaga privasi data dengan memproses transkrip secara lokal di perangkat.

Setelah data tambahan diunduh, pengguna dapat mentranskripsi pesan suara mereka, memudahkan pemahaman pesan saat memutar audio tidak memungkinkan atau saat membaca lebih disukai daripada mendengarkan.

Fitur ini juga akan bermanfaat bagi pengguna yang sering berkomunikasi dalam berbagai bahasa, menambah kenyamanan.

Fitur transkripsi pertama kali diidentifikasi dalam pembaruan beta untuk iPhone dan diantisipasi akan tersedia untuk pengguna Android segera.

WABetaInfo juga menyebutkan bahwa WhatsApp sedang bekerja untuk menyempurnakan fitur ini, memungkinkan pengguna memilih bahasa transkripsi. Pengembangan ini dicatat dalam WhatsApp Beta untuk Android versi 2.24.13.8.

Awalnya, transkripsi diharapkan mendukung bahasa seperti Hindi, Inggris, Rusia, Portugis (Brasil), dan Spanyol. Pengguna perlu memilih bahasa pilihan mereka dan mengunduh paket data yang relevan untuk mengaktifkan fungsi ini.

Saat ini, fitur transkripsi belum resmi diluncurkan dan hanya dapat diakses dalam versi beta. Fitur ini tidak tersedia untuk penguji beta publik karena masih dalam penyempurnaan.

Selain fitur transkripsi, WhatsApp sebelumnya telah mengumumkan rencana untuk meningkatkan pengalaman panggilan di platformnya dengan pembaruan baru.

Dikenal sebagai “Pembaruan Panggilan”, fitur-fitur baru ini akan diluncurkan di aplikasi desktop dan seluler dalam beberapa minggu mendatang.

Pembaruan ini mencakup dukungan untuk berbagi layar dengan audio, peningkatan partisipasi dalam panggilan video di berbagai perangkat, dan kemampuan untuk menyorot pembicara, dengan tujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan selama panggilan.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar