Fobis.ID > Bisnis > Cara Settlement EDC Mandiri Terbaru 2024 Lengkap dengan Biaya Transaksi dan Password

Cara Settlement EDC Mandiri Terbaru 2024 Lengkap dengan Biaya Transaksi dan Password

FOBIS.ID – Cara Settlement EDC Mandiri adalah langkah yang dilakukan oleh penjual untuk menyelesaikan pembayaran melalui mesin EDC dari bank Mandiri.

Dalam bahasa yang lebih sederhana, penjual akan memberi tahu bank Mandiri berapa banyak uang yang harus ditransfer ke rekening mereka dari pembelian atau layanan yang digunakan oleh pelanggan mereka.

Hal ini sangat penting dilakukan, bahkan jika hanya ada satu orang pelanggan yang menggunakan mesin EDC, karena ada waktu tertentu yang ditentukan oleh bank, yaitu 1×24 jam.

Baca Juga : Batas Jam Transfer Livin Mandiri dan Waktu Maintenance

Jadi jika melewati waktu tersebut, uang dari pembeli atau pengguna layanan tidak akan bisa dipindahkan ke rekening penjual. Untuk memahami lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lengkap tentang cara settlement EDC Mandiri.

Cara Settlement EDC Mandiri Terbaru

Cara Settlement EDC Mandiri

Seperti yang kita lihat, mesin EDC semakin umum digunakan di berbagai tempat, mulai dari rumah sakit, kampus, hingga usaha kecil. Mesin Mandiri ini terbukti handal dan banyak digunakan oleh banyak orang.

Keuntungan penggunaan mesin ini antara lain:

  1. Menghemat waktu dan tenaga.
  2. Mengurangi risiko menerima uang palsu.
  3. Tidak perlu repot mengembalikan uang kembalian jika pembayaran lebih.
  4. Pengguna hanya perlu membawa kartu debit atau kredit.
  5. Mudah digunakan dengan hanya menggesek kartu dan memasukkan PIN.
  6. Dapat mengkonversi mata uang secara otomatis (untuk EDC tipe android).
  7. Dapat menggunakan QR code dari berbagai e-wallet dan mobile banking (untuk EDC tipe android).
  8. Dapat digunakan untuk transaksi dengan e-wallet seperti Alipay (untuk EDC tipe android).
  9. Dapat digunakan untuk pembayaran tagihan seperti listrik dan pulsa (untuk EDC tipe android).

Semua keuntungan ini membuat masyarakat semakin antusias dengan metode pembayaran ini. Oleh karena itu, penting bagi penjual atau penyedia layanan untuk memahami cara melakukan settlement mesin EDC agar uang yang dibayarkan oleh konsumen dapat dikirim dengan baik ke rekening penjual atau perusahaan.

Baca Juga : Cara Bayar FIF Lewat Livin Mandiri Mudah Terbaru 2024

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan settlement EDC Mandiri:

  1. Tekan tombol navigasi untuk masuk ke menu.
  2. Pilih menu “function”, lalu tekan “ok”.
  3. Pilih menu “settlement”, dan tekan “ok” lagi.
  4. Masukkan password mesin EDC, lalu tekan “ok”.
  5. Periksa nominal transaksi, dan tekan “ok” jika sudah benar.
  6. Akan keluar struk bukti transaksi jika proses berhasil.

Biaya Transaksi Mesin EDC Mandiri 2024

Dalam menggunakan mesin ini untuk pembayaran, sebenarnya tidak ada biaya yang harus dibayar oleh konsumen. Biaya tersebut biasanya ditentukan oleh kebijakan penjual atau perusahaan itu sendiri.

Mereka biasanya mengenakan biaya sekitar 1,5% hingga 3% dari total nilai transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Uang yang diperoleh dari biaya ini akan digunakan untuk membayar biaya keterlambatan settlement dan untuk memelihara mesin EDC.

Bagi penyedia layanan yang menggunakan metode ini, jika ada masalah atau ingin mendapatkan informasi tentang mesin EDC atau proses settlement, mereka dapat menghubungi kantor cabang Mandiri terdekat atau melalui media aduan bank Mandiri seperti berikut:

  • Call center 24 jam di nomor 14000.
  • Email resmi: mandiricare@bankmandiri.co.id.
  • Nomor fax: 021 52997735.
  • Nomor Telepon: 021 52997777.
  • Nomor whatsapp dan telegram: 08118414000.
  • Media sosial twitter: @mandiricare.
  • Media sosial facebook: @bankmandiricare
  • Media sosial Instagram: @bankmandiri
  • Website resmi Bank Mandiri: www.bankmandiri.co.id melalui menu Contact Us.

Password Mesin EDC

Password untuk settlement adalah kombinasi angka yang digunakan untuk memverifikasi transaksi konsumen, agar proses settlement berhasil.

Untuk bank Mandiri, password untuk settlement adalah 1400. Penyedia layanan harus memasukkan password ini ke mesin EDC untuk menyelesaikan proses settlement.

Masalah atau Gangguan yang Sering Terjadi Pada Mesin


Seringkali, masalah bisa muncul saat melakukan transaksi dengan mesin EDC, dan hal ini bisa merugikan baik penyedia layanan maupun konsumen.

Oleh karena itu, penting bagi pedagang dan perusahaan yang menggunakan metode pembayaran ini untuk memahami akar masalahnya dan mencari solusi.

Berikut adalah penjelasan rinci tentang masalah yang sering terjadi di mesin EDC serta solusinya:

  1. Mesin tiba-tiba idle Kadang-kadang mesin EDC bisa terjadi dalam kondisi idle atau diam, meskipun statusnya terhubung. Ini membuat mesin tidak bisa digunakan. Solusinya adalah dengan mematikan mesin dan menyalakannya kembali.
  2. Struk transaksi macet atau tidak keluar Masalah lainnya adalah ketika struk transaksi tidak keluar atau macet. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan menekan “function” di menu kemudian pilih “reprint”.
  3. Gangguan jaringan Mesin EDC menggunakan berbagai jenis jaringan, dan kadang-kadang mengalami gangguan terutama pada jaringan GPRS yang memiliki konektivitas rendah. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan restart mesin dengan langkah berikut:
  • Pilih “function” di menu.
  • Tekan angka 3, lalu tekan “enter”.
  • Masukkan password EDC Mandiri (1400).
  • Proses restart akan selesai.

Tunggu hingga mesin EDC terhubung kembali dengan jaringan sehingga tidak terjadi kegagalan transaksi lagi.

Baca Juga : Cara Bayar KAI Access Lewat M Banking Mandiri Terbaru 2024

Penutup

Demikian pembahasan tentang cara Cara Settlement EDC Mandiri Terbaru 2024 Lengkap dengan Biaya Transaksi dan Password serta cara mengatasi masalah yang kerap terjadi pada mesin seperti gangguan dan lain-lain. Semoga bermanfaat.(*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar