Fobis.ID > Artikel > 20 Aplikasi Ini Menguras Baterai Hp Kamu, Ini Cara Menghentikannya

20 Aplikasi Ini Menguras Baterai Hp Kamu, Ini Cara Menghentikannya

FOBIS.ID – Berbagai macam aplikasi kini dengan mudah dapat diinstal oleh pengguna smartphone. Namun begitu kamu harus ketahui bahwa ada berbagai macam aplikasi yang dapat membuat baterai smartphone kalian cepat terkuras, meskipun sedang tidak digunakan.

Sejumlah aplikasi tersebut dapat berjalan dilatar belakang (background) sistem. Jika ada sebuah aplikasi yang jalan secara terus menerus, maka daya pada baterai ponsel anda dapat terkuras dan membuat penggunaan baterai akan cepat habis. Sebagai pengguna smartphone, anda wajib tahu aplikasi yang menguras baterai smartphone.

Dilanisir dari detikNET, sebuah perusahaan riset yang bernama pCould mendaftarkan aplikasi yang mengurasi baterai paling banyak di android. pCould melihat 3 faktor saat menentukan aplikasi mana yang banyak menguras baterai paling banyak.

Tiga faktor tersebut menyimpulkan fakta bahwa setiap aplikasi meminta dan mengirimkan informasi secara terus-menerus.

Seperti lokasi, kamera dan konsumsi baterai. Dari analisis yang telah dilakukan, pCould telah menentukan aplikasi yang paling banyak menguras baterai di HP Android.

20 Aplikasi Ini Menguras Baterai Hp Kamu, Ini Cara Menghentikannya
20 Aplikasi Ini Menguras Baterai Hp Kamu, Ini Cara Menghentikannya

Hasilnya sangat mengejutkan, ternyata ada berbagai macam aplikasi yang populer yang masuk daftar itu. Aplikasi media sosial sangat mendominasi dalam pengurasan baterai Hp anda.

Aplikasi media sosial merupakan aplikasi yang hampir setiap orang menggunakannya, karena aplikasi tersebut sangat menuntut penggunaan di baterai ponsel.

Aplikasi media sosial seperti WhatsApp, YouTube, Facebook, Instagram, Snapchat dan Linkedin menggunakan 11 fitur tambahan yang dapat beroperasi dibackground, seperti wifi, foto, lokasi dan mikrofon.

Aktifitas dibackground ini memakan banyak daya utuk bekerja dan akhirnya menguras penggunaan daya baterai lebih banyak.

Aplikasi Penguras Baterai

Dikutip dari laporan pCould, berikut daftar aplikasi yang menguras baterai di HP anda:

  1. Fibit
  2. Verizon
  3. Uber
  4. Skype
  5. Facebook
  6. Airbnb
  7. Bigo Live
  8. Instagram
  9. Tinder
  10. Bumble
  11. Snapchat
  12. WhatsApp
  13. Zoom
  14. YouTube
  15. Booking.com
  16. Amazon
  17. Telegram
  18. Grindr
  19. Likke
  20. Linkedln

Dari enam aplikasi media sosial ini, hanya Instagram yang dapat menggunakan mode gelap, sehingga dapat menghemat penggunaan baterai mencapai 30% lebih banyak masa pakai baterai diponsel.

Twitter juga merupakan aplikasi media sosial satu-satunya yang mengizinkan fitur ini.

Cara Menghentikan Aplikasi Yang Menguras Baterai Pada Hp Anda

Setelah anda mengetahui aplikasi mana saja yang dapat menguras baterai, anda bisa tetap menjalannkannya tanpa harus menghapus aplikasinya.

Namun, harus mengakali dengan cara aplikasi tanpa menguras baterai, sehingga baterai Hp anda tidak akan boros dalam penggunaanya. Berikut caranya:

  1. Masuk ke pengaturan ponsel kalian
  2. Ketuk Aplikasi, lalu lihat semua aplikasi
  3. Cari aplikasi yang ingin di optimalkan, lalu ketuk Baterai
  4. Jika anda tidak menemukannya, bisa cari opsi Baterai di menu pengaturan lanjutan, lalu masuk ke “Optimalkan penggunaan baterai”
  5. Pilih aplikasi yang akan anda dioptimalkan, lalu ketuk opsi “Opsi Dioptimalkan”

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar