Fobis.ID > Artikel > Apa Itu Jumlah Tanggungan Orang Tua SNBP 2024? Ini Cara Mengisinya

Apa Itu Jumlah Tanggungan Orang Tua SNBP 2024? Ini Cara Mengisinya

FOBIS.ID – Salah satu kolom penting para profil calon peserta SNBP 2024 adalah mengisi jumlah tanggungan orang tua. Jumlah tanggungan orang tua SNBP ini berbeda dengan jumlah penghasilan orang tua.

Apa itu jumlah tanggungan orang tua SNBP 2024 serta bagaimana cara mengisinya, simak artikel ini sampai selesai.

Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 telah dibuka dari 14 hingga 28 Februari 2024. Namun, tahap pendaftaran ini hanya untuk siswa yang memenuhi syarat.

BACA: Cara Mengisi Biaya Transportasi KIP Kuliah 2024

Kelayakan seorang siswa untuk mendaftar SNBP 2024 ditentukan oleh sistem. Ini akan terlihat ketika calon pendaftar login ke Portal SNPMB BPPP Kemdikbud.

Jika dianggap memenuhi syarat, siswa dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu mengisi jumlah tanggungan orang tua SNBP. Jadi, apa arti dari jumlah tanggungan?

Mengapa Penting?

Mengapa mengetahui jumlah tanggungan orang tua menjadi penting?. Ini karena ada satu kolom yang harus diisi oleh pendaftar SNBP 2024 di halaman “Profil” SNPB yang berisi jumlah Tanggungan Orang Tua.

Jumlah tanggungan orang tua adalah anggota keluarga yang masih bergantung pada orang tua untuk biaya hidup mereka.

Dan yang perlu peserta calon SNBP pahami adalah jumlah tanggungan keluarga yang oleh pendaftar SNBP 2024 masukan harus sesuai dengan data pada Kartu Keluarga (KK).

Contoh dan Penerapan Jumlah Tanggungan Orang Tua SNBP 2024

Sebagai contoh, keluarga seorang peserta SNBP 2024 terdiri dari enam orang, termasuk ayah, ibu, dua kakak laki-laki, dan satu anak peserta SNBP 2024 dan satu masih SMA.

BACA: Syarat Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia 2024, Cek Apa Saja

Ayah, ibu, dan dua kakak laki-laki sudah bekerja, tetapi dua lainnya belum.

Dalam hal ini, jumlah tanggungan keluarga adalah dua orang, yaitu satu anak peserta SNBP 2024 dan satu adiknya yang masih SMA.

Perbedaan Jumlah Tanggungan Orang Tua SNBP dengan Penghasilan Orang Tua

Terkadang mucul sebuah pertanyaan apakah jumlah tanggungan orang tua SNBP sama dengan penghasilan orang tua SNBP? Jawabannya tentu tidak.

Jumlah tanggungan keluarga berbeda dengan penghasilan orang tua SNBP. Jumlah tanggungan merujuk pada orang dalam keluarga yang masih bergantung pada orang tua untuk biaya hidup mereka, sedangkan penghasilan orang tua merujuk pada pendapatan orang tua—biasanya dihitung per bulan.

Cara Mengisi Jumlah Tanggungan Orang Tua SNMP 2024

Adapun cara untuk mengisi jumlah tanggungan orang tua pada SNBP adalah sebagai berikut:

Pada portal resmi SNBP 2024 letak kolom Jumlah Tanggungan Orang Tua SNBP 2024 terdapat di halaman “Profil”.

Untuk mengisinya, langkah pertama adalah masuk ke portal SNBP 2024.

Masuk ke halaman “Profil” berisi informasi biodata siswa, tetapi dalam pendaftaran SNBP 2024, kolom penghasilan orang tua SNBP sudah terisi otomatis pada tahap sebelumnya, yaitu Pendaftaran Akun SNPMB 2024.

Jadi, kolom yang perlu diisi hanya Jumlah Tanggungan Orang Tua SNBP.

BACA: Hari Ini Dibuka, Cek Link Daftar SNBP 2024, Syarat, Serta Cara Daftarnya!

Dengan kata lain, cara mengisi jumlah tanggungan orang tua adalah dengan mencantumkan jumlah anggota keluarga siswa yang tidak memiliki penghasilan.

Berikut adalah tahapan cara mengisi jumlah tanggungan orang tua SNBP 2024:

  • Masuk ke portal resmi SNBP 2024 melalui tautan: https://snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/.
  • Kolom “Jumlah Tanggungan Orang Tua” terletak di bawah kolom “Penghasilan Ayah Per Bulan”. Isilah jumlah tanggungan orang tua SNBP sesuai dengan data yang tercantum di Kartu Keluarga (KK).
  • Usai mengisi jumlah tanggungan orang tua SNBP, tekan tombol “Simpan”.
  • Apabila pengisian berhasil maka akan melihat notifikasi yang menyatakan, “Berhasil menyimpan kelengkapan data”.
  • Anda tidak perlu melengkapi kolom lainnya, termasuk penghasilan orang tua SNBP, karena sudah terisi otomatis. Setelah itu, lanjutkan ke tahapan berikutnya: pemilihan program studi.
  • Apakah Penghasilan Orang Tua Berpengaruh pada SNBP?

Hingga saat ini, belum ada penjelasan resmi tentang pengaruh penghasilan orang tua terhadap kelulusan SNBP, baik dari pihak kampus maupun Kemdikbud.

Secara prinsip tidak ada batasan hak untuk mendaftar SNBP. Ini sejalan dengan tujuan SNBP, yaitu memberikan kesempatan bagi siswa berprestasi tinggi untuk menempuh pendidikan tinggi.

Kualifikasi utamanya adalah prestasi akademik siswa pendaftar. Kemdikbud juga menyediakan alternatif bagi siswa kurang mampu yang ingin mendaftar SNBP 2024 melalui Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah).

BACA: Jadwal SNBP dan SNBT 2024, Catat Tanggalnya

Meskipun demikian, yang terpenting adalah mengisi kolom penghasilan orang tua SNBP dan jumlah tanggungan orang tua SNBP 2024 dengan jujur. Risiko terbesar jika pendaftar mengisi data tersebut secara tidak benar adalah diskualifikasi.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar