Fobis.ID > Artikel > Baterai Ponsel Boros? Ini 10 Aplikasi Menguras Baterai Ponsel dan Tips Jitu Mengatasinya

Baterai Ponsel Boros? Ini 10 Aplikasi Menguras Baterai Ponsel dan Tips Jitu Mengatasinya

Terdapat beberapa aplikasi menguras baterai ponsel yang harus diketahui bagi pengguna smartphone. Aplikasi ini dapat berjalan di latar belakang ponsel meski sudah tidak digunakan.

Ponsel menjadi bagian penting dalam kehidupan. Hampir semua kegiatan berlangsung menggunakan ponsel pintar mulai dari streaming film, memesan makanan, memesan taksi online, hingga berbelanja.

Betapa menyebalkannya jika ponsel kehabisan baterai saat sedang membutuhkannya.

Tetapi, tahukah Anda bahwa beberapa aplikasi dapat menguras baterai sangat besar? Bahkan beberapa dari aplikasi ini sangat umum.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gagal atau Tidak Valid Scan Barcode di WhatsApp Web

Aplikasi Menguras Baterai Ponsel

Sebuah firma riset, pCloud, menemukan 10 aplikasi menguras baterai ponsel seperti Uber, Fitbit, Skype, Airbnb, Tinder, Bumble, Instagram, Facebook, Snapchat, dan WhatsApp.

Berikut adalah penjelasan pCloud mengenai aplikasi yang paling menguras baterai.

1. Menjalankan Aplikasi Sosial Media

Berdasarkan penelitian terdapat 6 dari 20 aplikasi sosial media yang dapat menghabiskan baterai lebih besar.

Beberapa aplikasi seperti Instagram, Facebook, YouTube, WhatsApp, Linkedin, dan Snapchat berjalan dibelakang layar. Padahal pengguna sedang tidak mengaktifkan aplikasi tersebut.

Menjalankan Aplikasi Sosial Media

Aplikasi sosial media mengalokasikan daya baterai untuk foto, lokasi, mikrofon, dan sebagainya. Menggunakan aplikasi ini membutuhkan energi lebih besar untuk beroperasi.

2. Membuka Aplikasi Kencan Online

Aplikasi kencan online menghabiskan banyak baterai sama halnya dengan menguras emosi penggunanya. Berdasarkan penelitian aplikasi kencan online paling boros baterai seperti Tinder, Grinder, dan Bumble.

Aplikasi tersebut mengizinkan 11 sumber daya yang menggunakan baterai sangat besar. Belum lagi aplikasi ini tidak memiliki mode gelap untuk menghemat daya.

Sehingga pengguna terpaksa menggunakan mode terang yang nyatanya sangat boros energi.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Daya Listrik Di Rumah

3. Aplikasi Verizon dan Fitbit

Berikutnya Verizon adalah aplikasi layanan yang menyediakan berbagai fitur. Pengguna aplikasi ini dapat mengakses informasi dan layanan tentan akun mereka.

Sedangkan, Fitbit adalah aplikasi yang dapat melacak segala aktivitas penggunanya mulai dari tidur, olahraga, dan banyak lagi.

Keduanya mendapat skor tertinggi sebagai aplikasi menguras baterai ponsel sebesar 92,31%. Aplikasi ini boros daya karena mengizinkan akses kamera, wifi, lokasi, dan mikrofon.

4. Menggunakan Aplikasi Layanan Perjalanan

Sebagian besar aplikasi layanan perjalanan boros daya baterai. Misalnya aplikasi seperti United Airliner membutuhkan ruang 437,8 MB, Lyft membutuhkan 325,1 MB, dan Uber membutuhkan 299,6 MB.

Kebutuhan ruang menghambat kerja ponsel dan menghabiskan ruang penyimpanan dan boros daya. Alangkah baiknya menghapus aplikasi tersebut bila sudah tidak menggunakannya.

Aplikasi Gojek, Grab, Maxim, dan sejenisnya tidak jauh berbeda. Untuk aplikasi akomodasi sehari-hari, sebaiknya pilih salah satu dari banyaknya aplikasi.

Tips Mengatasi Aplikasi Menguras Baterai Ponsel

Tidak perlu khawatir karena ada cara jitu untuk menghentikan aplikasi menguras baterai ponsel. Dengan begitu dapat menghentikan aplikasi yang berjalan dibelakang layar

Tips Mengatasi Aplikasi yang Menguras Baterai Ponsel
  1. Buka “Pengaturan” atau “Setting” pada ponsel
  2. Temukan opsi “Baterai” pada menu yang tersedia
  3. Kemudian, pilihlah “Optimalkan Penggunaan Baterai” atau “Optimize Battery Use” pada bagian bawah “Pengaturan Lanjutan”
  4. Selain itu, Anda dapat memilih “Jangan Optimalkan” atau “Dont Optimize” setelah memilih aplikasi yang tidak ingin di optimalkan.
  5. Selesai

Jika aplikasi tidak berjalan di latar belakang, tetapi baterai tetap terkuras tidak wajar, maka dapat hentikan aplikasi secara paksa.

Berikut adalah cara menghentikan aplikasi yang berjalan dibelakang layar dengan paksa. Namun, tidak perlu khawatir karena cara ini tidak berdampak berbahaya untuk aplikasi.

  1. Buka “Pengaturan” atau “Setting” pada ponsel
  2. Pilihlah opsi “Aplikasi”
  3. Pilih aplikasi yang menguras habis daya ponsel tidak norma
  4. Membuka layar ‘“Baterai”
  5. Pilihan opsi “Paksa Berhenti” untuk menghentikan aplikasi

Baca Juga: Cara Top Up Kartu e-Toll Untuk Mudik Lebaran Lewat HP Secara Online

Tips Merawat Baterai Ponsel

Mengetahui tips merawat baterai ponsel sangat penting untuk menjaga umur baterai. Dengan begitu daya baterai lebih sehat dan terjaga.

Tips Merawat Baterai Ponsel
  1. Tips merawat baterai ponsel adalah dengan menjaga agar baterai tidak sampai 0% atau 100%
  2. Hindar mengisi baterai terlalu penuh sampai 100%
  3. Isi daya baterai secara perlahan dan tidak terlalu cepat (tidak perlu menggunakan pengisi data yang terlalu cepat)
  4. Mematikan Bluetooth dan Wifi Bila Sudah Tidak Menggunakannya
  5. Kelola akses layanan lokasi pada ponsel (menyalakan akses lokasi hanya bila dibutuhkan)

Demikian 10 aplikasi mengatasi baterai ponsel dan tips jitu mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar