Fobis.ID > Artikel > Cara untuk Cek Jalan Macet Saat Mudik Lebaran 2024, Bisa Lewat Aplikasi

Cara untuk Cek Jalan Macet Saat Mudik Lebaran 2024, Bisa Lewat Aplikasi

FOBIS.ID – Berikut ini beberapa cara untuk cek lalu lintas atau jalan macet saat mudik lebaran 2024 agar lancar dan terhindar dari macet di perjalanan.

Menjelang lebaran atau hari raya Idulfitri 2024, masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan mudik atau pulang ke kampung halaman masing-masing. Nah, untuk menunjang kelancaran perjalanan mudik lebaran, kamu perlu mengetahui cara cek jalan macet atau kemacetan lalu lintas.

Terlebih jika kamu memilih perjalanan mudik lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mengetahui kemacetan jalan atau lalu lintas saat perjalanan mudik lebaran adalah hal yang penting. Hal ini tentunya agar perjalanan mudik lebaran 2024 dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari kemacetan lalu lintas.

BACA JUGA: Jam Operasional Bank BTN 2024, Jadwal Buka Tutup dan Libur

Menurut prediksi, total pergerakan masyarakat selama lebaran 2024 ini berkisar mencapai 193.6 juta orang. Angka tersebut naik jika dibandingkan dengan periode lebaran tahun sebelumnya yang mencapai 123.8 juta orang.

Dengan meningkatkan pergerakan masyarakat tersebut, akan terjadi potensi meningkatnya kemacetan lalu lintas pula saat perjalanan mudik lebaran. Maka dari itu, masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik lebaran hendaknya waspada agar terhindar jadi jalan macet.

BACA JUGA: 4 Cara Cetak Rekening Koran BRI Terbaru Secara Online dan Offline 2024

Untuk menghindari kemacetan, terdapat beberapa cara yang dapat kamu tempuh untuk mengetahui atau cek jalan macet atau pantau kondisi lalu lintas saat mudik lebaran 2024. Berikut ini beberapa cara untuk cek lalu lintas atau jalan macet saat mudik lebaran 2024 agar lancar dan terhindar dari macet di perjalanan.

BACA JUGA: BRI Prioritas Minimum Saldo, Keuntungan dan Syaratnya

Cara Cek Jalan Macet Saat Mudik Lebaran 2024

Berikut ini cara cek jalan macet atau pantau lalu lintas saat perjalanan mudik lebaran 2024, bisa lewat aplikasi.

1. Google Maps

Cara pertama untuk cek jalan macet atau pantau lalu lintas saat mudik lebaran 2024 adalah dengan menggunakan Google Maps. Google Maps dapat menampilkan kondisi kemacetan lalu lintas termasuk untuk perjalanan mudik lebaran. Terdapat tiga warna jalan dalam Google Maps yang nantinya menunjukkan kondisi lalu lintas.

Warna tersebut di antaranya adalah warna merah, kuning, dan hijau. Untuk warna merah menunjukkan kondisi lalu lintas macet, warna kuning menunjukkan lalu lintas cukup macet, dan warna hijau menunjukkan lalu lintas berjalan lancar.

  • Kamu dapat membuka Google Maps pada perangkat kamu, pastikan bahwa Google Maps telah kamu izinkan untuk dapat mengakses fitur lokasi
  • Buat rute perjalanan secara spesifik dari satu lokasi ke lokasi tertentu
  • Jika rute telah muncul, klik ikon persegi kecil yang terdapat pada bagian tampilan peta
  • Pilih jenis peta “Traffic” atau “Lalu Lintas”
  • Selanjutnya, Google Maps akan menampilkan peta dengan informasi khusus mengenai kondisi lalu lintas terkini sesuai dengan indikasi warna

2. Waze

Selain dengan menggunakan Google Maps, kamu juga dapat cek jalan macet atau pantau lalu lintas saat mudik lebaran 2024 dengan menggunakan aplikasi Waze. Pada peta Waze juga terdapat tiga warna indikasi kondisi lalu lintas. Di antaranya adalah warna merah yang menunjukkan kemacetan, warna kuning yang menunjukkan ramai lancar, dan warna abu-abu yang menunjukkan lalu lintas berjalan lancar.

Selain itu, aplikasi Waze ini juga mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi dalam memberikan informasi di perjalanan. Berikut cara untuk cek kondisi lalu lintas di aplikasi Waze.

  • Buka aplikasi Waze dan pastikan bahwa Waze telah diizinkan untuk mengakses fitur lokasi
  • Buat rute perjalanan secara spesifik dari satu lokasi ke lokasi tertentu
  • Selanjutnya, kondisi lalu lintas pada ruas jalan akan langsung muncul pada peta Waze
  • Kamu dapat mengikuti jalur terbaik yang telah ditentukan

Jadi, itulah informasi mengenai beberapa cara untuk pantau lalu lintas atau cek jalan macet saat mudik lebaran 2024 agar lancar dan terhindar dari macet di perjalanan.

Beberapa cara di atas akan memudahkan pengguna untuk mengakses informasi mengenai kondisi lalu lintas saat mudik lebaran 2024. Pengguna nantinya juga dapat memilih alternatif jalan lain jika jalan yang hendak dilalui ternyata macet. (*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar