Fobis.ID > Artikel > Info Pedamateng Dibuka! Ini Syarat, Link dan Cara Daftar Mudik Gratis dari Pemprov Jawa Tengah

Info Pedamateng Dibuka! Ini Syarat, Link dan Cara Daftar Mudik Gratis dari Pemprov Jawa Tengah

FOBIS.ID- Info Pedamateng hari ini. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah membuka pendaftaran untuk program mudik gratis mulai hari ini, Rabu (6/3/2024) pukul 09.00 WIB.

Program ini menyediakan lebih dari 12.000 kursi untuk pemudik yang berada di wilayah Jabodetabek dan ingin pulang ke Jawa Tengah dalam rangka Lebaran 2024.

Sarido selaku Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, menjelaskan, pendaftaran mudik gratis bisa secara daring maupun langsung ke tempat.

BACA JUGA : SUDAH BUKA, Cara Daftar Mudik Gratis Jasa Raharja 2024, Bus dan Kereta Api

Ada 11.400 kursi untuk armada bus dan 1.088 kursi kereta api yang disediakan untuk warga Jawa Tengah yang bekerja di sektor informal di wilayah Jabodetabek.

BACA JUGA : Mudik Gratis Jasa Raharja ke Jawa Tengah Segera di Buka, Bagaimana Sih Asal Usul Mudik?

Profesi pemudik gratis yang dilayani misalnya ART, pengojek, pedagang kaki lima, Asongan, dan buruh yang punya KTP Jateng.

Info Pedamateng Terkait Link, Syarat dan Cara Daftar

Bagi yang berminat, pendaftaran dapat di lakukan melalui situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id.

BACA JUGA : Mudik Gratis Jasa Raharja 2024 Segera Dibuka

Calon pemudik di harapkan mengunggah dokumen seperti KTP/KIA, kartu keluarga, dan bukti pendukung lainnya.

Sarido juga menegaskan bahwa mudik gratis juga tersedia bagi penyandang disabilitas.

Mereka dapat langsung mendatangi Kantor Badan Penghubung Jawa Tengah di Jakarta atau mendaftar secara offline di Kantor Cabang Bank Jateng atau melalui paguyuban warga Jawa Tengah di Jakarta.

Pendaftaran mudik gratis ini di buka mulai 6 Maret pukul 09.00 WIB dengan total 228 unit bus tersedia.

Jumlah ini lebih banyak di bandingkan tahun sebelumnya. Adapun sejumlah 58 bus merupakan bantuan PT Semen Gresik, Gubernur, serta Bank Jateng.

Sedangkan 130 bus adalah bantuan dari Perum Perumnas, bupati/wali kota, Jasa Raharja, juga Bank Jateng yang memfasilitasi 40 bus.

Selain itu, untuk mudik gratis menggunakan kereta api, tersedia dua rangkaian yaitu Jakarta-Solo menggunakan KA Jaka Tingkir, dan Jakarta-Semarang menggunakan KA Menoreh.

Jadwal Mudik Gratis

Rencananya, mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan di lakukan pada Sabtu (6/4/2024) dengan titik awal di Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta.

Sarido juga mengingatkan masyarakat agar berhati-hati terhadap informasi mengenai mudik gratis.

Karena seringkali ada pihak yang memanfaatkan dengan menarik biaya pengantaran ke titik kumpul mudik.

Bagi yang ingin info Pedamateng bisa mengakses akun media sosial resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau melalui hotline 0813-1871-2523. (*)

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar