Fobis.ID > Artikel > 5 Merek Motor Listrik Terbaik, Canggih dan Murah!

5 Merek Motor Listrik Terbaik, Canggih dan Murah!

Ingin beli motor listrik? Yuk cek daftar merek motor listrik berikut ini!

Seperti yang kita tahu, bahwa adana masaj salonu motor adalah salah satu kendaraan yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Seiring perkembangan teknologi, transformasi bahan bakar motor mulai berubah hingga hadirlah motor listrik ini.

Selain canggih, unitnya terkenal lebih murah dan bahan bakarnya pun terhitung lebih hemat di banding motor berbahan bakar bensin. Apalagi setelah harga BBM naik beberapa waktu lalu, banyak orang berpikir untuk mencari alternatif lain agar bisa lebih hemat.

Salah satu cara untuk menekan biaya penggunaan bahan bakar adalah dengan motor listrik.

Saat ini sudah ada berbagai macam merek motor listrik yang di jual di Indonesia. Meski harganya terbilang lebih murah di banding motor bensin, kita tetap ingin membeli motor listrik terbaik bukan?

Nah, berikut ini adalah beberapa merek motor listrik terbaik yang canggih dengan harga terjangkau. Mari kita simak!

1. U-Winfly

merek Motor listrik U-Winfly T3
gambar : instagram/ @uwinfly.id

Rekomendasi merek motor listrik yang pertama ini mirip sekali bentuknya dengan vespa matic. Mereknya adalah U-Winfly. Motor yang bentuknya seperti kembar dengan vespa ini adalah seri U-Winfly T3.

Anda bisa membayangkan, adıyaman masaj salonu dengan bentuk ala-ala vespa matic, motor listrik U-Winfly juga hadir dengan beberapa warna yang menarik. Mulai dari merah, kuning, putih, abu, hitam, dan juga hijau.

Baterainya berkapasitas 60/20 AH, dengan waktu charger selama 5 jam. Dengan kapasitas baterainya tersebut, U-Winfly T3 bisa menempuh jarak sampai dengan 60 km/ jam.

Selain itu, U-Winfly T3 juga sudah di lengkapi dengan digital speedometer. Tipe bannya sudah tubeless. Motor ini bisa mengangkut beban maksimum 150 kg.

Penasaran dengan harga motor listrik yang satu ini?

Motor listrik U-Winfly hanya di bandrol Rp 10 jutaan saja. Setiap pembelian unit biasanya sudah include dengan bonus helm.

Ternyata, U-Winfly awalnya hanya menjual sepeda listrik saja di Indonesia dan kini mereka memproduksi motor alanya escort listrik dengan menawarkan kerjasama dealer dan waralaba dalam propses penjualannya.

Berdasarkan info dari media sosial resmi U-Winfly, saat ini mereka suda memiliki store resmi di berbagai kota di pulau Jawa. Selain datang langsung ke store, Anda juga bisa membelinya secara online melalui e-commerce resminya di Shopee, Tokopedia dan Akulaku.

2. Selis

selis
gambar : selis.co.id/ selis E-Max Baterai SLA

Merek motor listrik terbaik yang kedua berasal dari brand Selis. Ada beberapa seri motor listrik Selis yang bisa Anda pilih mulai dari Rp 10 juaan untuk seri Neo Scootic.

Jika Anda punya budget di atas Rp 10 juta, bisa memilih seri Selis E-Max di harga Rp 12,5 juta dengan baterai SLA. Namun jika ingin menggunakan baterai lithium, Anda bisa memilih E-Max single lithium seharga Rp 17 juta atau dual lithium di harga Rp 23 juta.

Untuk seri E-Max baterai SLA, kapasitas baterainya sebesar 60 Volt 20 Ah.

Waktu pengecasan terhitung lebih lama dari motor listrik yang sudah kita bahas sebelumnya, yakni sekitar 7 jam (berbeda dengan versi E-Max baterai lithium yang hanya 5 jam saja). Mungkin hal ini bisa jadi salah satu pertimbangan Anda dalam memilih merek motor listrik yang cocok.

Meski begitu, daya angkut beban motor ini cukup besar loh, bisa sampai 200 kg. Untuk jarak tempuhnya bisa mencapai 40 km, dengan kecepatan maksimalnya 50 km /jam.

Tertarik membeli motor listrik dari Selis?

Jika jawabannya iya, Anda bisa membelinya di showroom, ataupun secara online lewat tokoselis.com atau di berbagai marketplace (Shopee, Tokped, Lazada dll).

3. Volta

merek motor listrik volta
gambar : voltaidonesia.com

Volta memperkenalkan produknya sebagai merek motor listrik dengan 4 T (Tangguh, Terhemat, Termurah dan Tercanggih). Dari klaim terebut, produk mereka mungkin bisa menjadi salah satu pertimbangan motor listrik modern untuk di pakai sehari-hari? Mari kita cek!

Dari segi harga, motor listrik Volta cukup affordable, yakni berada di kisaran harga mulai dari Rp 12, 7 jutaan untuk seri Volta 401.

Volta 401 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 60V 23ah. Jarak tempuhnya sudah bisa lebih jauh di banding motor-motor listrik lain, yakni bisa sampai 123 km dengan daya angkut beban yang cukup besar hingga 200 kg.

Selain itu, Volta 401 sudah dilengkapi dengan aplikasi untuk mengetahu kondisi motor dan juga digital speedometer.

Di website resminya, Volta berani memberikan garansi baterai seumur hidup!

Untuk membeli motor listrik yang satu ini Anda bisa langsung mengunjungi showroom terdekat atau e-commerce resmi Volta di Tokped, Shopee dan Blibli.

4. Alva One

merek motor listrik Alva One
gambar : situs resmi oto/ alva one

Merk motor listrik lokal yang tidak kalah canggih selanjutnya yakni Alva One. Kalau motor listrik yang satu ini bentuknya lebih mengarah ke motor-motor matic maxi seperti N-Max, PCX dan lain-lain.

Selain tampilannya yang modern motor ini juga sudah dibekali baterai lithium dengan kapasitas 60 V 2,7 kWh. Kalau Anda kehabisan daya, Alva One sudah dilengkapi portable charger 70,5 V 15 A yang hanya butuh 4 jam saja untuk pengcasan penuh.

Nah, mengenai jarak tempuhnya. Alva One bisa menempuh jarak hingga 70 km dengan kecepatan maksimum 90 km/ jam.

Canggihnya lagi, Alva One menyediakan aplikasi untuk mengetahui kondisi motor hanya lewat smartphone. Dengan aplikasi ini, kita mengontrol on dan off, GPS locator & tracker, bike sharing access, memeriksa kondisi baterai, lokasi pengisian daya, menggunakan Alva roadside assistance, sampai dengan monthly saving estimator.

Tak heran harganya pun memang lebih mahal di banding motor-motor listrik yang sudah di bahas sebelumnya. Untuk memiliki motor listrik Alva One, Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp 34 jutaan dengan pilihan warna putih dan biru.

5. United

motor listrik united t1800
gambar : unitedmotor.co.id

Ingin motor listrik dengan model motor-motor matic maxi tapi budget untuk beli Alva One belum masuk di kantong? Jangan khawatir, karena ada merek motor listrik dari United si motor listrik dengan body maxi yang bisa di beli mulai dari Rp 27 jutaan khususnya untuk seri United T1800.

Motor listrik yang satu ini sudah di bekali daya baterai berkapasitas. Kecepatannya bisa mencapai 70 km/ jam dan bisa di atur sesuai dengan keinginan pengendari. Mulai dari speed 55 km/ jam, 65 km/ jam dan juga 70 km/ jam.

Untied T1800 di desain sebagai motor yang stylish tapi juga futuristic. Hal ini tidak hanya bisa dilihat dari bodinya, tapi juga karena motor ini sudah di lengkapi Multi Information Display (MID) Digital yang bisa menampilkan informasi detail saat kita berkendara.

UnitedT1800 adalah kendaraan berteknologi motor BOSCH dimana kita bisa berkendara dengan kecepatan tinggi dan tenaga maksimum. Ini juga berarti otor ini tidak memerlukan perawtaan rutin seperti halnya motor konvensional.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya saat berkendara karena motor listrik ini juga sudah dibekali dengan bagasi yang luas untuk menyimpan baterai cadangan.

Hmm.. menarik, ya? Apakah Anda berminat membeli motor listrik United T1800?

Baca juga, Nikmati Sensasi Mengendarai Mobil Formula E dengan Zinc Formula E GZ1

Tips Membeli Motor Listrik

Dari beberapa rekomendasi motor listrik di atas adakah yang menarik untuk Anda beli? Namun sebelum membeli ada baiknya untuk mencari tahu lebih dalam dan memastikan apakah motor listrik incaran Anda sesuai dengan kebutuhan Anda ataukah tidak.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini!

Kenali Merek dan Fasilitas Customer Service

Sejauh ini, ketika mencari tahu tentang merek motor listrik, mungkin sebagian dari Anda merasa cukup asing dengan merek-merek mootr listrik yang di jual saat ini.

Tapi hal ini bukan berarti motor listrik yang dijual kualitasnya kurang. BAnyak juga kok brand yang mengeluarkan motor listrik berkualitas. Oleh karena itu jangan sampai tergiur karena harganya yang murah saja ya.

Langkah awal untuk memeriksanya, bisa dari merek atau perusahaannya. Apakah perusahaan yang menjual motor listrik sudah cukup berpengalaman? Apakah sudah mendapatkan lisensi?

Jangan lupa cek juga ketersediaan customer servicenya. Jika perusahan benar-benar sudah profesional maka cs sudah pasti tersedia dengan baik.

Keberadaan cs yang profesional sangatlah penting. Karena dengan layanan yang profesional dari customer service kita bisa lebih mudah mendapatkan solusi jika seandainya terjaid kendala pada motor yang sudah kita beli.

Pelajari Spesifikasi Motor Listrik dan Garansinya

Anda wajib memahami spesikasi motor listrik yang hendak Anda beli sebelum benar-benar memastikan untuk membelinya. Setiap motor listrik punya jenis dan kapasitas baterai yang bisa jadi berbeda dan mempengaruhi jarak tempuhnya serta waktu pengisian dayanya.

Bicara soal spesifikasi, kemampuan angkat beban motor listrik juga berbeda-beda. Begitupun teknologi lain yang di sematkan. BIsa mempengaruhi kecepatan maksimun serta tenaga motor saat dipakai berkendara. Jadi pastikan bahwa spesifikasi utama yang Anda butuhkan ada pada motir listrik yang akan di beli.

Selain itu, cek juga garansinya ya. Karena tiap merek memberikan garansi secara spesifik yang berbeda pada setiap bagian motor listrik. Dengan begitu Anda bisa memperkirakan kebutuhan dan penggunaan motor listrik Anda, khususnya dari segi keuangan.

Cari Tahu Cara Pengisian Daya dan Perawatan Motor Listrik

Karena penggunaan motor listrik masih terbilang baru di Indonesia, pastikan aNda mengetahui cara pengisian daya motor listrik tersebut. Secara umum kita bisa mengisi daya di SPKLU (stasiun pengisian daya baterai) dan juga secara mandiri di rumah.

Pastikan anda mengetahui caranya dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi daya sampai penuh. Srlain itu, cari tahu juga bagaimana perawatan motor listrik ini.

Tentunya perawatan akan berbeda dengan motor konvensional ya. mUngkin tidak seribet motor konvensional, tapi tentu Anda perlu tahu saat kapan harus mengganti sparepart atau hal lainnya yang diperlukan.

Baca juga, 5 Macbook Bekas Terbaik dan Tips Membelinya!

Penutup

Selain lebih murah dan hemat, motor listrik juga memberikan dampak positif untuk lingkungan karena bisa mnegurangi kadar CO2 yang biasanya di keluarkan oleh motor bensin.

Saat ini pilihan merek motor listrik di Indonesia semakin banyak. Nah, dari daftar merek motor litsrik di atas, adakah motor yang menarik untuk Anda beli?

Jangan lupa pelajari dan perhitungkan segala sesuatunya sebelum membeli motor listrik. Sebagai referensi Anda bisa mempertimbangkan tips di atas. Semoga ulasan kali ini bisa membantu Anda menentukan motor listrik yang cocok untuk Anda beli nanti.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar