Fobis.ID > Artikel > Mudik Gratis Jateng 2024: Cek Syarat, Jadwal, dan Cara Daftarnya Di Sini

Mudik Gratis Jateng 2024: Cek Syarat, Jadwal, dan Cara Daftarnya Di Sini

FOBIS.ID – Ramadan tahun 2024 akan segera datang. Beberapa instansi mulai mengumumkan adanya program mudik gratis, salah satunya pemprov Jawa Tengah yang juga ikut mengadakan mudik gratis Jateng 2024.

Menjelang ramadan dan hari raya Idulfitri, masyarakat akan mulai mencari opsi-opsi mudik ke kampung halaman. Tak jarang, akan ada banyak program mudik gratis juga dari berbagai pihak yang mengadakan.

Tiket transportasi mudik menjelang lebaran kemungkinan akan mengalami kenaikan daripada hari-hari biasanya. Program mudik gratis bisa menjadi solusi untuk menangani masalah ini.

BACA JUGA : Cara Daftar Mudik Gratis Dishub Jabar 2024, Lengkap Beserta Syaratnya

Dilansir dari Instagram @penghubungjateng, bantuan mudik gratis ini merupakan bantuan dari Bank Jateng, Jasa Raharja, Baznas Jateng, Bupati atau Walikota se-Jateng, serta dari Gubernur Jateng dengan kuota yang terbatas.

BACA JUGA : Mudik Gratis BUMN 2024: Jadwal, Kuota, dan Cara Daftar

Persyaratan Pendaftaran Mudik Gratis Jateng 2024

Program mudik yang bertagline “mudik kangen, balik seneng” ini dapat diikuti oleh masyarakat dengan syarat berikut ini.

  • Pendaftar dalam satu kelompok ataupun keluarga berjumlah maks 4 orang
  • Pendaftar adalah warga Jateng dengan bukti Kartu Tanda Penduduk
  • Bila pendaftar bukan asli masyarakat Jawa Tengah, tetap bisa mendaftar mudik gratis ke kantor Bank Jateng di cabang Jakarta
  • Pendaftar merupakan pekerja sektor informal yang berpenghasilan kategori rendah, misalnya ART, Ojek, Buruh, Pengemudi, dan Pedagang kaki lima.

BACA JUGA : Syarat Mudik Gratis Lebaran 2024, Bisa Tampung 80.000 Orang

Mudik gratis Jateng 2024 ini akan ada dua opsi transportasi pemberangkatan, yaitu menggunakan bus atau kereta. Jadwal pemberangkatan mudik masing-masing transportasi ada di bawah ini.

  • Kereta Api : berangkat 7 April 2024
  • Bus : berangkat 6 April 2024

Persyaratan Dokumen

Ada beberapa dokumen yang perlu pendaftar siapkan untuk mendaftar program mudik gratis Jateng 2024.

  • KK (khusus untuk pendaftar kategori satu keluarga)
  • KTP atau KIA untuk anak-anak di bawah umur (berfungsi untuk membuktikan bahwa pendaftar adalah masyarakat Jawa Tengah asli)
  • Bukti yang menyatakan bahwa pendaftar benar-benar bekerja pada sektor informal. Misalnya, pedagang dan ART perlu melampirkan foto saat bekerja, pengemudi perlu melampirkan foto dengan kendaraan, pengemudi ojek online melampirkan scan akun kemitraan.
  • Dokumen berukuran maksimal 5 mb dengan format pdf, foto, atau jpg.

Jadwal pendaftaran program mudik gratis ini akan diinformasikan lebih lanjut melalui Instagram resmi penghubung Jateng. Demikian informasi mengenai mudik gratis Jateng 2024.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar