Fobis.ID > Artikel > Pemeriksaan Keamanan iPhone: Cara Berhenti Berbagi Data Dengan Aplikasi, Orang, dan Perangkat

Pemeriksaan Keamanan iPhone: Cara Berhenti Berbagi Data Dengan Aplikasi, Orang, dan Perangkat

Perhatikan ini Jika Anda baru saja memperbarui iPhone dengan iOS 16. Pemeriksaan keamanan iPhone: cara berhenti berbagi data dengan aplikasi, orang, dan perangkat.

Setiap iPhone yang telah diperbarui ke iOS 16 akan memiliki akses ke fitur Safety Check.

Fitur ini memungkinkan pengguna segera mengatur ulang akses berbagi data dengan orang, perangkat, dan aplikasi tertentu.

Dirancang sebagai pengaturan untuk mengatasi risiko terhadap keamanan pribadi pemilik perangkat Apple.

Pengaturan ini memudahkan untuk memutuskan sambungan dari individu yang tidak ingin lagi terhubung dengan layanan Apple mana pun.

Pemeriksaan Keamanan juga menghapus semua data yang dikumpulkan oleh iPhone dan semua aplikasi yang dipasang pada perangkat.

Masuk Safety Check

Untuk menggunakan Safety Check, pengguna harus masuk ke iPhone mereka menggunakan ID Apple pribadi mereka yang mengaktifkan autentikasi dua faktor.

Mereka juga tidak dapat mengatur batasan apa pun untuk waktu layar mereka atau profil manajemen perangkat seluler diinstal jika mereka ingin mengakses daftar lengkap fitur Safety Check.

Untuk menemukan pengaturan, buka “Settings”, gulir ke bawah dan ketuk “Privacy & Security” lalu buka “Safety Check”. Di sana, pengguna akan memiliki dua opsi modifikasi untuk dipilih.

Batasi Akses Data Anda Sekarang!

Pilih “Emergency Reset” untuk memutus semua akses berbagi yang ada di iPhone.

Semua aplikasi akan kehilangan semua izin privasinya dan siapa pun yang sebelumnya memiliki akses ke keberadaan pengguna melalui aplikasi pelacakan tidak akan dapat menemukannya lagi.

Selain itu, akses ke data Pesan dan FaceTime saat ini hanya akan dibatasi untuk iPhone saja dan tidak akan dapat diakses dari perangkat Apple lainnya.

Pilihan “Manage Sharing & Access” mungkin adalah salah satu yang ingin dijelajahi oleh sebagian besar pengguna iPhone.

Karena di sinilah mereka benar-benar dapat memilih dan memilih orang dan aplikasi mana yang dapat mengakses detail tertentu di iPhone mereka. Untuk memulai, tap menu dan tekan “Continue”.

Pengguna akan diarahkan ke berbagai halaman yang berisi pengaturan yang dapat mereka ubah, dan perubahan yang dilakukan akan disimpan selama proses berlangsung.

Pertama adalah daftar “Sharing with People”, alias mengatur individu yang bisa memiliki akses ke data aplikasi Apple tertentu.

Saat berada di halaman ini, pilih seseorang dan ketuk “Review Sharing” untuk mencari tahu informasi apa yang dapat diakses oleh individu tertentu.

Selanjutnya, pilih informasi mana yang akan berhenti dibagikan dengan kontak tersebut, tekan “Stop Sharing” dan konfirmasikan tindakan saat diminta.

Kemudian tekan “Continue” untuk melanjutkan ke bagian berikutnya atau ketuk “Review More People” untuk mengulangi proses yang sama pada kontak lain. B

Bagi mereka yang lebih suka mengurutkan berbagi data menurut jenis informasi dan menghentikan akses untuk siapa pun yang terdaftar.

Beralihlah ke tab “Information” pada “Review More People” lakukan peninjauan entri untuk setiap tipe data, dan pilih kontak untuk berhenti berbagi.

Tinjau Akses Aplikasi

Hal berikutnya yang perlu ditinjau adalah “App Access”. Untuk mengetahui informasi apa yang dapat diakses oleh suatu aplikasi, tekan ikon “I”di sebelahnya.

Jika ingin mencabut izin untuk informasi pengguna pribadi, pilih sejumlah aplikasi dari daftar saat berada di tab “Apps” dan ketuk “Stop App Access” di bagian bawah.

Selanjutnya, ketuk “Continue” untuk melanjutkan atau “Review More Apps” untuk kembali dan memeriksa izin aplikasi lainnya.

Langkah terakhir adalah memeriksa perangkat  mana saja yang bisa menggunakan Apple ID Anda.

Untuk menghapus salah satu perangkat yang terdaftar dari akun, pilih, ketuk “Remove Selected Devices” dan konfirmasi tindakan.

Pada titik ini, pengguna akan memiliki opsi untuk memperbarui kata sandi ID Apple mereka jika mereka merasa telah dibajak.

Selain itu, mereka juga dapat mengubah kontak darurat dan kode sandi perangkat, jika diperlukan.

Baca juga: Meluncur 2023, Ini Bocoran Desain iPhone 15 Ultra

Pada akhir Pemeriksaan Keamanan, pengguna dapat menerima rekomendasi untuk hal lain yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan keamanan iPhone mereka.

Seperti memperbarui pengaturan pengenalan wajah atau mendefinisikan ulang kontak tepercaya.

Setelah pengguna melewati semua langkah, ketuk “Done”, lalu tekan “Quick Exit” untuk kembali ke layar utama iPhone.

Penting untuk dicatat bahwa ketika akses berbagi telah dicabut untuk kontak iPhone, kemungkinan besar mereka akan mengetahui ketika pengguna telah berhenti berbagi informasi dengan mereka.

Selain itu, saat koneksi berbagi dicabut, pengguna iPhone dapat kehilangan akses ke data tertentu, seperti catatan atau foto bersama.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar