Fobis.ID > Artikel > Tabel Angsuran KUR Mandiri 2023: Syarat dan Cara Pengajuannya

Tabel Angsuran KUR Mandiri 2023: Syarat dan Cara Pengajuannya

FOBIS.ID – Sejak resmi buka pada awal tahun kemarin. Banyak masyarakat yang langsung mencari informasi tentang kredit usaha rakyat, khususnya Tabel angsuran atau pinjaman KUR Bank Mandiri 2023.

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan program dari pemerintah RI untuk memberikan support kepada pelaku UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya. Yakni dengan cara metode pemberian kredit bunga rendah lewat Bank Mandiri.

Bank Mandiri sebagai salah satu lembaga keuangan yang mendapat kepercayaan untuk menyalurkan dana KUR kepada masyarakat dengan plafon pinjaman hingga ratusan juta. Selain Mandiri program KUR juga ada di Bank BRI, BCA, BNI dan BTN.

Para pelaku UMKM dan masyarakat bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke Bank Mandiri lewat program KUR Mandiri 2023. Pengajuan bisa dilakukan di kantor cabang Bank Mandiri terdekat di sekitar rumah kamu.

Baca Juga : Tabel Angsuran KUR BRI Plafon 25 Juta, Ini Syarat Pengajuan Agar Cepat Cair!

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana proses pengajuan KUR Bank Mandiri, termasuk syarat-syarat dan dokumen yang harus ada, plafon pinjaman, bunga dan tabel angsuran atau cicilan Bank Mandiri 2023. Berikut penjelasannya.

Tabel Angsuran KUR Bank Mandiri 2023

Perlu masyarakat ketahui, bahwa Bank Mandiri sebagai BUMN kelas VI diberi kepercayaan untuk menyalurkan tiga jenis kredit usaha rakyat. Ketiga jenis kredit tersebut yaitu KUR TKI, KUR Kecil atau Ritel dan KUR Mikro.

Ketiga jenis kredit KUR tersebut memiliki persyaratan dokumen dan plafon pinjaman masing-masing. Masyarakat bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan calon peminjam atau nasabah.

Berikut adalah gambaran singkat mengenai ketiga jenis KUR di Bank Mandiri pada tahun 2023 ini. Bagi kamu yang ingin mendapat penjelasan lengkap bisa kamu baca di KUR Mandiri 2023: Syarat Lengkap dan Tabel Angsuran Terbaru 2023.

1. KUR MIKRO

Salah satu jenis Kredit Usaha Rakyat Mandiri yang pertama adalah KUR Mikro. Dalam program ini, masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman memiliki peluang untuk memperoleh limit kredit maksimal sebesar Rp 25 juta.

Sedangkan jangka waktu yang diberikan untuk produk KUR MIKRO ini tak lebih dari 2 tahun atau 24 bulan. KUR jenis ini sangat cocok bagi kamu pelaku usaha yang ingin mendapat tambahan modal untuk membesarkan bisnisnya.

2. KUR Ritel / Kecil

Pada jenis KUR ini, masyarakat bisa memperoleh kredit minimal 25 juta hingga 500 juta. Kamu bisa mengajukan pinjaman sesuai dengan dana yang kamu butuhkan untuk tambahan modal usaha.

Tenor waktu pinjaman pada KUR jenis ini untuk tujuan modal kerja adalah maksimal 3 tahun atau 36 bulan. Sedangkan untuk tujuan investasi jangka panjang tenor nya lebih lama lagi, hingga maksimal 5 tahun.

3.KUR TKI

Mirip dengan KUR Mikro, jenis produk KUR ini akan memberikan kesempatan kepada calon peminjam atau nasabah untuk mendapatkan pinjaman dengan batas kredit maksimal sebesar Rp 25 juta.

Namun, perbedaannya jangka waktu pinjaman yang ada pada jenis KUR ini batas maksimalnya adalah selama 12 bulan. Dan hanya khusus bagi masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri atau menjadi TKI.

Syarat Pengajuan Pinjaman KUR

Setelah mengetahui jenis-jenis KUR yang ada di Bank Mandiri dan menentukan program KUR mana yang akan kamu gunakan. Selanjutnya kamu juga harus mengetahui persyaratan yang harus kamu lengkapi sebelum mengajukan pinjaman KUR BRI 2023.

1.Persyaratan Umum

Setiap calon peminjam haruslah bebas dari kewajiban pembayaran kredit lain yang sedang berjalan saat ini.

Apabila terdapat Kredit Usaha Rakyat (KUR) lain yang sedang berlangsung, calon penerima harus menyediakan Surat Keterangan Lunas/Roya dari bank terkait sebelumnya.

Selain itu, calon debitur tidak boleh terdaftar dalam daftar hitam Nasional Penarik Cek dan/atau Bilyet Giro Kosong.

Baca Juga : Pinjaman 50 Juta KUR BRI Seminggu Cair Tanpa Jaminan, Ini Syarat dan Tabel Angsurannya

Selain persyaratan tersebut, peminjam juga memiliki usaha yang produktif dan layak yang telah berjalan selama minimal 6 bulan.

Terakhir, setiap calon debitur harus berusia minimal 21 tahun atau telah menikah untuk memenuhi persyaratan usia yang ada tersebut.

2. Dokumen Persyaratan

Fotokopi KTP suami dan istri sebagai identitas diri.

Fotokopi Kartu Keluarga sebagai bukti hubungan keluarga.

Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) sebagai bukti keterdaftaran sebagai pembayar pajak.

Pas foto suami dan istri dengan ukuran 4×6.

Fotokopi Surat Nikah atau Surat Cerai sebagai bukti status perkawinan.

Melampirkan surat izin usaha atau keterangan usaha yang memadai sebagai bukti kelangsungan usaha.

Jaminan berupa aset seperti BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), tanah, dan bangunan sebagai jaminan atas pinjaman yang diajukan.

Bunga KUR Bank Mandiri 2023

Kredit usaha rakyat atau KUR merupakan program pinjaman keuangan dengan bunga sangat rendah. Jika kamu bandingan dengan program pinjaman umum lainnya, maka bunga KUR jauh lebih rendah dari itu.

Peogram KUR Bank Mandiri tahun 2023 memiliki tingkat bunga flat yang relatif cukup rendah, yaitu sebesar 6% per tahun. Dengan kata lain, bunga efektif yang dikenakan kepada nasabah hanya sebesar 0,2% per bulan. Sangat kecil sekali kan..

Cara Pengajuan Pinjaman KUR Mandiri 2023

Jika kamu tertarik untuk mengajukan pinjaman KUR Mandiri maka untuk dapat memperoleh pinjaman modal melalui program KUR Mandiri 2023, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan.

Berikut ini adalah cara pengajuan KUR di Bank Mandiri yang dapat kamu lakukan.

Menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan yang telah kamu sebutkan sebelumnya di atas.

Baca Juga : Tabel Angsuran dan Syarat KUR BRI 2023, 100 Juta Langsung Cair Tanpa Jaminan

Mengunjungi kantor Bank Mandiri dengan membawa seluruh dokumen persyaratan yang diperlukan.

Mengisi formulir pengajuan yang disediakan oleh Bank Mandiri dengan mengisi data yang sebenar-benarnya.

Menyerahkan formulir tersebut kepada petugas Bank untuk diproses.

Selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu kabar dari pihak Bank Mandiri mengenai apakah pengajuan KUR kamu diterima atau ditolak.

Pastikan semua syarat baik persyaratan umum dan persyaratan dokumen sudah kamu lengkap dengan benar. Tujuannya agar pengajuan kamu bisa segera di acc dan pinjaman yang kamu ajukan segera cair.

Tabel Angsuran KUR Mandiri 2023

Bank Mandiri, bersama dengan bank-bank milik pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya seperti Bank BRI, BNI, dan BTN, aktif berpartisipasi dalam program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Jumlah subsidi untuk suku bunga KUR tahun 2023 yang mengalami peningkatan akan secara signifikan memperluas jumlah penerima pinjaman KUR Mandiri dengan suku bunga rendah.

Setelah menjelaskan persyaratan yang kamu perlukan untuk mengajukan KUR Mandiri, serta berbagai jenis KUR yang tersedia dan dokumen yang perlu kamu siapkan sebelum mengajukan pinjaman, penting bagi calon peminjam untuk memahami tabel angsuran KUR Mandiri.

Hal ini akan membantu mereka memahami batas pinjaman, besaran bunga, dan jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya.

Berikut adalah tabel angsuran dan brosur KUR Mandiri 2023 yang memberikan informasi detail tentang batas pinjaman, besaran bunga, dan jumlah cicilan bulanan yang harus kamu bayarkan oleh nasabah.

TABEL ANGSURAN KUR BANK MANDIRI 2023
Tabel Angsuran KUR Mandiri 2023

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar