Fobis.ID > Artikel > Terlalu Lama Main Game Menyebabkan Putus Cinta

Terlalu Lama Main Game Menyebabkan Putus Cinta

FOBIS.ID – Bagi para pemain Game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) Xian tahun 2003 an ada pepatah yang menyebut: Terlalu Lama Main Game Menyebabkan Putus Cinta.

Game Xian yang sebelum tutup tahun 2008 berubah nama menjadi nama The Great Merchant ini masuk ke Indonesia tahun 2003 dibawa oleh publisher boleh.com.

Tampilan game Xian ini sangat klasik, karena nyaris satu era dengan Ragnarok.

Pemain game ini bisa mengembangkan karakter permainan melalui basis pertempuran, upgrade prajurit jadi Jenderal lalu High Jenderal serta Hero.

Bukan hanya melalui basis pertempuran, pada Game Xian ini pemain juga bisa mengembangkan karakter dengan basis perekonomian.

Para pemain bisa membangun Plantation (pertanian dan produksi makanan), Ranch (peternakan dan produksi makanan), Artisan (tukang jahit baju dan aksesoris), Factory (Pabrik Nemplate monster, senjata Monster), Weaponry (pabrik senjata), dan Armory (pabrik armor) pada kota-kota tertentu yang diperebutkan.

Fasilitas produksi ini juga bisa diperjualbelikan antar karakter dengan harga yang fantastis karena jumlahnya sangat terbatas dibandingkan jumlah pemain yang mencapai ribuan dalam satu server.

Barang-barang hasil produksi ini juga bisa dijual ke pasar. Tidak perlu khawatir karena pembelinya pasti ada

Selain itu pada game ini pemain juga bisa berdagang dengan mengunjungi berbagai kota di Korea, China, Taiwan, Jepang dan belakangan India.

Keuntungan Zin (mata uang Xian) diperoleh dari selisih harga barang pada berbagai kota itu.

Agar bisa mengangkut banyak karakter utama harus mengganti semua prajuritnya dengan merchenary kuli/porter atau memakai keledai.

Nah biasanya khusus untuk dagang, pemain akan membuat karakter sendiri yang khusus untuk dagang.

Kelebihan dari karakter yang mengembangkan diri dari berdagang dan produksi ini lambat laun akan kuat.

Tagline Game Xian

Pada tahap awal mungkin sulit berkembang dari sisi pertempuran. Namun seiring waktu dia bisa membeli apapun, termasuk prajurit berlevel tinggi. Hanya cinta yang tidak bisa dibeli.

Ada satu yang unik saat itu, yang kemungkinan akan diingat oleh para pemain Xian Indonesia sampai saat ini.

game xian The Great Merchant
game xian The Great Merchant

Saat loading game ada peringatan “Terlalu Lama Main Game Menyebabkan Putus Cinta”

Hari ini untuk main Xian The Great Merchant hanya ada satu server legal yang masih aktif. Yaitu server global dengan alamat di: https://www.thegreatmerchant.com/

Coba mainkan game ini, nanti akan tahu sebagian isinya orang-orang lama. Bisa jadi kamu ketemu dengan Om-om loe, sebab sebagian pemainnya sudha berumur.

Gamer Lama yang Kecanduan Game dan Berujung Putus Cinta

Persoalan kecanduan game dan berujung putus cinta menjadi masalah gamer sejak dulu. Bayangkan saja, saat itu untuk browsing internet harus melalui warnet, apalagi main game online.

Tidak ada smartphone, HP sudah mulai lazim dipakai namun hanya bisa WA dan telpon. Zaman jayanya HP Nokia dengan ringtone monophonik. HP Nokia tipe ini belum bisa dipakai sebagai modem internet.

Jadi untuk main game online harus dari warnet! Bagi yang kecanduan game online bisa menginap berhari-hari di warnet. Saat itu banyak warnet buka 24 jam.

Karena tidak ingin diganggu saat main game, HP dimatikan. Ini menjadi awal perkara mereka yang punya pacar dan kecanduan game.

Satu kali dua kali mungkin masih bisa diobrolin. Berkali-kali hasilnya si cewek seolah-olah kena ghosting. Ujungnya putus cinta.

Gamer Kekinian Masihkan Berujung Putus Cinta?

Saat ini setiap orang bisa memainkan game dari layar smartphone. Memakai smarphone sebagian besar game bisa dimainkan dimanapun, kapanpun bahkan saat dengan kekasih.

Namun persoalan baru muncul bagi para pecandu game online.

Melansir situs kemenkes.go.id mereka yang kecanduan game berpeluang mengalami beberapa masalah emosional. Seperti sulit ngendaliin perilaku impulsif, emosi nggak stabil dan ngerasa FOMO.

Jadi jika sudah mulai seperti ini, bisa berujung komunikasi dengan kekasih kurang bagus dan berpeluang putus cinta juga.

Sehingga sobat semua tetap bijak bermain game online.

Pada lebaran ini luangkan waktu bersama orang-orang sekitar. Meskipun sebagian diri kita kadang sudah hidup di Metaverse namun sebagian lainnya masih tetap di Universe.
Bekerja, belajar dan berinteraksi dengan banyak orang di alam nyata.

Diujung tulisan Fobis ID ucapkan Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir batin.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar