Fobis.ID > News > 5 Tips Memilih Foto Latar Belakang Sukses untuk Lamaran Kerja

5 Tips Memilih Foto Latar Belakang Sukses untuk Lamaran Kerja

FOBIS.ID – Bagi kalian yang ingin melamar kerja di suatu perusahaan tentunya harus memilih foto latar belakang sesuai dengan peraturan yang ada. 

Untuk kamu yang masih bingung dengan memilih foto latar belakang lamar kerja pada umumnya hanyalah berwarna biru dan merah ataupun putih.

Namun persyaratan ini sangatlah penting agar kamu bisa menentukan ketika proses untuk mengajukan diri ke perusahaan.

Latar belakang foto merupakan salah satu dokumen yang harus diperhatikan, hal tersebut sangat menentukan kalian saat proses melamar kerja.

Setiap perusahaan biasanya mengumumkan dokumen yang harus kamu ikuti untuk melamar kerja. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengerti informasi terkait background foto yang sesuai yang diinginkan perusahaan tersebut.

Sebenarnya tidak ada aturan yang sangat baku untuk warna dan ukuran foto lamaran kerja. Dan hingga saat ini masih banyak pelamar kerja yang masih membingungkan hal tersebut. 

Apakah foto yang dibutuhkan harus mempunyai latar belakang merah, biru dan putih?

Artikel ini akan memberikan informasi bagi kalian Tips cara memilih foto latar belakang yang sukses untuk melamar kerja. 

Yang nantinya, supaya kalian lebih profesional dan peluang untuk mendapatkan pekerjaan lebih besar. 

Baca Juga: Pakaian Untuk Wawancara Kerja Pria Dan Wanita: Panduan Terlengkap

1. Warna Foto Latar Belakag Setengah Badan

Foto: Setengah badan

Ketika lowongan kerja yang kalian lamar sudah menginformasikan persyaratan warna latar belakang foto. Maka kalian harus mengikuti sesuai dengan peraturan yang telah diumumkan.

Hal tersebut agar kalian tidak salah dalam melampirkan foto di dalam dokumen dan pihak HRD perusahaan agar lebih merasa tertarik dan yakin kepada kalian karena telah mengikuti prosedur dari instansi terkait.

Nah, apabila tidak ada informasi terkait warna latar belakang foto setengah badan yang harus kalian lampirkan ke dalam dokumen kerja.

Maka kalian bisa menggunakan latar belakang yang mencerminkan foto formal. Untuk kalian yang masih bingung terkait warna yang digunakan, bisa memilih warna merah, biru atau putih.

Ketiga warna di atas sering kali digunakan oleh instansi untuk persyaratan administrasi. Kalian sangat dibebaskan untuk memilih dari ketiga warna tadi dan tidak ada salah untuk memilih dari salah satunya.

– Latar Belakang Warna Merah: Untuk foto latar belakang warna merah ditujukan bagi warga negara Indonesia yang lahir pada tahun GANJIL

Contohnya: 1995, 1997, 1999, 2001 dan tahun ganjil lainnya.

– Latar Belakang Warna Biru: Untuk foto latar belakang warna biru ditujukan bagi warga negara Indonesia yang lahir pada tahun GENAP

Contohnya ialah: 1996, 1998, 2000, 2002 dan tahun genap lainnya.

– Latar Belakang Warna Putih: Untuk foto latar belakang warna putih ditujukan bagi kalian yang lahir di tahun GENAP dan GANJIL yang artinya pada kelahiran tersebut bisa menggunakan warna putih.

2. Warna Latar Belakang Foto harus Full Badan

Foto: Full badan

Kalian harus mengetahui bahwa setiap perusahaan tidak selalu menginginkan foto setengah badan. Akan tetapi ada pula yang meminta untuk setiap pelamar melampirkan foto full badan. 

Foto full badan biasanya untuk mengetahui tentang diri kalian. Apabila setiap perusahaan memberikan suatu informasi yang detail tentang foto full badan pasti kalian seharusnya lebih mudah untuk mengetahuinya.

Akan tetapi tidak seluruh lowongan pekerjaan dapat menyebutkan tata cara foto full badan yang detail khususnya pada latar belakang foto.

Bagi kalian yang ingin melamar pekerjaan dan harus melampirkan foto full badan tanpa adanya informasi yang detail. 

Kalian dapat menggunakan warna latar belakang menggunakan warna merah, biru dan puti. Sesuaikan dengan tahun kelahiran anda yang berada pada angka ganjil atau genap.

3. Sesuaikan kode warna saat pengeditan

Kode warna foto digunakan pada saat kalian akan melakukan pengeditan foto di studio menggunakan kamera digital. 

Biasanya studio akan menggunakan software Adobe Photoshop atau lightroom. Hal yang paling utama ialah mengedit latar belakang foto. 

Bagi kalian yang menggunakan kedua software di atas harus benar-benar memperhatikan kode warna supaya tidak keliru dan mempercepat pekerjaan. 

Editlah sesuai dengan warna yang terlihat natural agar sesuai dengan warna aslinya. Foto yang terlihat editan akan mengurangi ketertarikan HRD terhadap pelamar untuk menerimanya sebagai karyawan.

Berikut adalah kode warna latar belakang yang digunakan untuk melamar kerja: 

– Merah: #FF0000

– Biru: #0C0CF6

– Putih: #FFFFFF

Baca juga: Maksimalkan Peluang Dengan Foto Latar Belakang Yang Tepat Untuk Resume Anda

4. Pilih Latar Belakang yang Polos

Bagi kalian yang belum pernah melampirkan foto untuk lamaran pekerjaan. Jangan sekali – kali kalian mengirimkan foto dengan latar belakang yang bebas.

Hal tersebut akan kecil kemungkinan untuk bisa keterima di perusahaan yang kalian lamar. Pilihlah latar belakang yang polos dan sesuai dengan waran yang telah disebutkan di atas.

Latar belakang polos akan menambah kesan formal dan membuat suatu objek lebih difokuskan kepada diri kalian.

Ini mungkin sepele, akan tetapi memiliki arti penting yang harus kalian pahami untuk melamar kerja.

5. Gunakan Latar Belakang dengan pencahayaan yang cerah

Pencahayaan yang cerah juga akan menambah foto kalian lebih menarik. Pastikan latar belakang, wajah, dan badan terlihat dengan jelas saat akan di foto.

Sebab pencahayaan yang gelap akan mengurangi daya tarik HRD untuk menerima kalian di perusahaanya.

Pastikan foto yang nanti dihasilkan beresolusi tinggi dan tidak blur, hal tersebut akan mempengaruhi foto kalian jika nantinya dicetak akan terlihat jernih dan jelas.

Untuk informasi tambahan, bagi kalian pelamar kerja yang belum mengetahui ukuran foto. Ternyata ukuran foto untuk lamaran pekerjaan dibedakan menjadi tiga ukuran. Contohnya seperti di bawah ini:

– 2×3, biasanya digunakan untuk foto identitas standar

– 3×4, seperti ukuran foto ijazah standar

– 4×6, digunakan untuk mengumpulkan foto cetak seperti dalam pembuatan SKCK

– Ukuran 3R atau 4R, biasanya ukuran ini digunakan untuk full-body. Akan tetapi, perusahaan sudah jarang menggunakan ukuran tersebut.

Itulah 5 Tips Memilih Foto Latar Belakang Sukses untuk Lamaran Kerja. Bagi kalian yang akan melamar kerja pastikan setiap berkas harus sesuai dengan klasifikasi perusahaan.

Perhatikan secara detail tiap berkas, agar peluang kalian untuk dapat diterima oleh perusahaan semakin besar. 

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar