Fobis.ID > News > Bahasa Indonesia mulai Diajarkan di Universitas Harvard Tahun Ini

Bahasa Indonesia mulai Diajarkan di Universitas Harvard Tahun Ini

FOBIS.ID – Bahasa Indonesia makin mendunia. Tahun ini Bahasa Indonesia akan mulai diajarkan di Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Dilansir dari laman Balai Bahasa DIY, Bahasa Indonesia ini nantinya akan diajarkan di Harvard dengan dua bahasa lainnya dari Asia Tenggara. Yaitu Bahas Tagalog (Filipina) dan Thai (Thailand).

Pengajaran Bahasa Indonesia di Harvard ini mulai diselenggarakan pada tahun akademik 2023/2024.

Dalam laman Balai Bahasa DIY yang melansir berita dari surat kabar mahasiswa Universitas Harvard, The Harvard Crimson pada, Jumat (24/3/2023) menyebut bahwa Bahasa Indonesia dan Thai sebenarnya sudah diajarkan di universitas itu.

Baca Juga : Konser Red Velvet Akan di Gelar Mei 2023 di Jakarta

Sedangkan untuk Bahasa Filipina (Tagalog) baru diajarkan tahun ini.

Guna kursus Bahasa Indonesia, Thai dan Tagalog ini, Universitas Harvard bakal merekrut 3 orang instruktur.

Direktur Eksekutif Pusat Asia Universitas Harvard, Elizabeth K. Liao mengatakan bahwa Pusat Asia di universitas ini memberikan dukungan secara finansial. Itu dibuka melalui penggalangan dana.

Akan ada kontrak bagi tiap instruktur yang direkrut tersebut.

Kontrak kerja akan dilakukan selama tiga tahun dan bisa diperpanjang melalui tambahan masa kontrak hingga lima tahun.

Profesor Bahasa dan Peradaban Asia Timur dan direktur Pusat Asia Harvard, James Robson, mengatakan sudah dua tahun lebih Pusat Asia di Universitas Harvard berupaya meningkatkan pendidikan mengenai Asia Tenggara

Prof James Robson mengatakan ada ketertarikan dari para mahasiswa untuk belajar tiga bahasa ini (Indonesia, Tagalog dan Thai).

Dia berharap Pusat Asia bisa meyakinkan pemerintah agar lebih mendukung studi Asia Tenggara secara umum. Lebih khusus lagi pada pembelajaran bahasa Asia Tenggara.

Penambahan kursus Bahasa Indonesia di Universitas Harvard, Amerika Serikat ini tentunya menambah jumlah kursus bahasa di luar negeri.

Melansir Tabloid Diplomasi yang merupakan tabloid resmi Direktorat Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI ada sekitar 9 universitas di luar negeri pada tahun 2017 yang menjadikan Bahasa Indonesia dalam salah satu mata kuliahnya.

Universitas luar negeri yang menjadikan Bahasa Indonesia dalam salah satu mata pelajarannya antara lain:

  • Universitas Tokyo Jepang
  • Universitas Southern Queensland Australia
  • Universitas Nasional Tharav Shevchenko Ukraina
  • Universitas Hankuk Korea Selatan
  • Universitas Hong Bang Vietnam
  • Universitas Mohammed V Maroko
  • Sejumlah di Kanada, Kepulauan Hawai, dan Suriname.

Hingga saat ini Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terus melakukan internasionalisasi Bahasa Indonesia.

Baca Juga : Prediksi Al Adalh vs Al Nassr Saudi Pro League: Statistik, Susunan Pemain, H2H, Pertandingan dan Skor

Salah satu langkah yang dilakukan adalah melalui pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) pada sejumlah negara di lima benua. Asia, Amerika, Eropa, Afrika dan Australia

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar