Fobis.ID > News > Cara Top Up DANA di Alfamart Anti Ribet!

Cara Top Up DANA di Alfamart Anti Ribet!

FOBIS.ID – Siapa yang menyangka kalau top up DANA bisa Anda lakukan di gerai Alfamart terdekat.

Caranya juga mudah karena Alfamart akan menjadi perantara dan pengguna hanya menunggu proses top up berhasil.

DANA merupakan dompet digital atau lebih sering dijuluki sebagai “e-wallet”. Jika melihat dari unduhannya di Google Play Store, DANA telah mencapai lebih dari 50 juta pengguna.

Pencapaian tersebut bukanlah hal yang mengherankan mengingat e-wallet ini memang multifungsi.

DANA bisa Anda pakai untuk membayar tagihan bulanan, belanja online, transfer, dan masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan di DANA.

Sebagai e-wallet, tentu saja uang yang ada di dalam DANA tidak berbentuk fisik, melainkan saldo. Untuk melakukan transaksi melalui e-wallet ini, maka Anda perlu memastikan saldonya terisi.

BACA JUGA: Begini Cara Bayar Patungan Lewat Aplikasi DANA

Pengisian saldo e-wallet biasanya disebut sebagai “Top Up” dengan cara yang beragam. Bisa melalui bank transfer, transfer dari teman, bahkan bisa melalui agen top up lainnya.

Berapa Minimal Isi Saldo Dana di Alfamart

Untuk Isi saldo Dana di minimarket salah satunya Alfamart ada batas maksimum maupun minimum yang ditransfer.

Nilai minimum Top Up dana di Alfamart adalah senilai Rp 50.000 sedangkan nilai maksimum isi saldo dana adalah senilai Rp 1 juta.

Selain itu pengisian dalam kelipatan 50 ribu. Jadi nominal untuk top up semisal 50 ribu rupiah, 100 ribu rupiah dan seterusnya.

Nah bila ingin mengisi saldo dana dari Alfamart senilai Rp 1.400.000 maka harus dilakukan dua kali top up.

Top up saldo dana di minimarket bisanya juga dikenakan biaya jasa tambahan. Nominalnya sangat rendah sekitar Rp 2.500.

JIka sudah terisi saldo Dana ini bisa dipakai untuk belanja online.

Cara Top Up DANA di Alfamart

Salah satu agen yang menyediakan layanan untuk top up DANA ialah gerai Alfamart. Cara untuk top up DANA di Alfamart juga mudah dan praktis, anti ribet!

Top up DANA di Alfamart
Alfamart

Untuk mengetahui cara top up DANA di Alfamart, Anda bisa menyimak penjelasan dan langkah-langkah berikut ini:

  • Datang ke gerai Alfamart terdekat Anda lalu langsung menuju bagian kasir
  • Bicarakan keinginan Anda untuk top up DANA dan biasanya kasir akan menanyakan nomor ponsel terdaftar
  • Beritahu kasir nomor ponsel yang terdaftar untuk akun DANA Anda serta sebutkan nominalnya
  • Lihat total transaksi di monitor atau tunggu kasir memberitahu Anda berapa yang harus Anda bayarkan
  • Simpan struk dari kasir agar proses mudah apabila terjadi keluhan
  • Pastikan proses top up sudah berhasil dan nominal yang Anda ajukan sudah sesuai dengan yang masuk
  • Proses top up DANA di Alfamart selesai!

Bagaimana? Mudah, bukan? Kita hanya perlu memberitahu kasir Alfamart dan mereka akan memproses transaksi top up. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus Anda ingat saat melakukan top up di gerai ini.

Syarat untuk Top Up DANA di Alfamart

Misalnya, hal paling mendasar ialah mengenai biaya admin atau biaya top up. Jika Anda mendapati nominal saldo dengan nominal yang harus Anda bayarkan ke Alfamart berbeda, maka itu adalah hal yang wajar.

Setiap pengisian saldo DANA di Alfamart akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 untuk tiap transaksi. Contoh, jika Anda ingin mengisi saldo DANA Rp 50.000, maka Anda harus membayar Rp 52.500.

BACA JUGA: Praktis! Begini Cara Top Up Saldo DANA Lewat BRI

Namun, akan lebih baik lagi jika Anda langsung menanyakan total pembayaran langsung ke kasir Alfamart. Karena, bisa jadi biaya admin tersebut berubah atau mengalami kenaikan tertentu.

Kemudian, Anda juga perlu memperhatikan minimal top up saldo DANA di Alfamart. Pasalnya, gerai ini memiliki batas minimum dan maksimum untuk mengisi saldo akun DANA Anda.

Minimum transaksi top up di Alfamart ialah sebesar Rp 50.000 dan kelipatannya. Untuk maksimumnya ialah Rp 1.000.000 sehingga perlu melakukan transaksi berkali-kali bila ingin mengisi saldo lebih dari Rp 1 juta.

Contohnya, Anda ingin mengisi saldo sebanyak Rp 1,5 juta, maka Anda perlu melakukan transaksi pertama Rp 1 juta dan transaksi kedua Rp 500.000. Biaya adminnya tentu saja terhitung sesuai transaksi yang Anda lakukan, dua kali.

Namun, biasanya jarang sekali yang mengisi saldo DANA dengan nominal yang besar. Terlebih, saat ini banyak metode lain untuk melakukan pengisian atau top up DANA.

Cara Lain untuk Top Up

Jika tempat tinggal Anda sangat dekat dengan gerai Alfamart, maka Anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk top up DANA. Namun jika tidak, ada beberapa metode lain untuk mengisi saldo DANA.

Cara lain top up DANA
DANA Indonesia

Cara lain mengisi saldo DANA yang pertama ialah dengan Mobile Banking. Metode top up ini juga mudah untuk Anda lakukan karena Anda hanya perlu memasukkan kode Virtual Account (VA) dan mengisi nominal top up.

BACA JUGA: Cara Transfer ShopeePay ke DANA, Simpel dan Satset!

Kemudian, cara lainnya adalah melalui ATM dan memasukkan kode VA yang sesuai dengan bank transfer. Ada pula cara lain top up DANA adalah melalui gerai Indomaret jika memang yang dekat dengan tempat tinggal Anda adalah gerai ini.

Intinya, DANA juga memberikan banyak sekali pilihan untuk top up saldo guna kelancaran transaksi. Semua cara mudah untuk Anda lakukan dan Anda hanya perlu memilih mana yang sekiranya lebih praktis dan cocok.

Itulah cara top up DANA di Alfamart serta informasi singkat mengenai metode lain mengisi DANA. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar