Fobis.ID > News > Curug Pletuk Banjarnegara, Wisata Air Terjun Diapit Hutan Menghijau

Curug Pletuk Banjarnegara, Wisata Air Terjun Diapit Hutan Menghijau

FOBIS.ID – Pada perbukitan selatan Banjarnegara ada tempat wisata yang memanjakan mata, Curug Pletuk. Air terjun yang diapit hijaunya hutan ini berada di Desa Pesangkalan Kecamatan Pagedongan Banjarnegara.

Salah satu pesona dari Curug Pletuk Banjarnegara ini adalah air terjun tersebut mempunyai empat tingkatan. Air jatuh dari ketinggian dan memercik pada bebatuan lantas mengalir ke anak sungai yang jernih.

Suasana alamnya masih asri, sekelilingnya adalah rerimbunan pohon hutan. Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian tersebut memberikan pengalaman menyegarkan dan menenangkan bagi pengunjung yang datang.

BACA: Wisata Curug Sikarim Air Terjun Tertinggi di Wonosobo

Air terjun ini berada diantara hutan yang menghijau yang menciptakan nuansa alam yang sejuk dan asri. Pengunjung akan betah berlama-lama di sini.

Akses menuju Desa Pesangkalan tempat Curug Pletuk ini berada mudah dijangkau. Akses menuju Desa Pesangkalan sudah beraspal, dan pemandangan menuju air terjun ini berupa perbukitan yang memikat mata.

Jalan diantara perbukitan, dengan sesekali membelah hutan jadi pengalaman asyik bagi wisatawan. Namun demikian berkendara menuju Curug Pletuk selepas kota Banjarnegara perlu hati-hati karena jalannya berkelok.

Dikelola Desa Wisata

Pengelola Wisata Curug Pletuk Banjarnegara adalah masyarakat setempat dengan desa. Selain menghadirkan wisata alam masyarakat juga turut serta menjaga alam di sekitar Curug Pletuk sehingga menjadikannya sebagai daya tarik utama bagi para pengunjung.

curug pletuk
Curug Pletuk. Foto: IG curugpletuk

Melansir dari Visit Jawa Tengah, agar obyek wisata ini berkembangDesa Wisata Pesangkalan mengambil alih manajemen Curug Pletuk ini. Tujuannya guna memaksimalkan potensi wisata alam di wilayah tersebut.

Adanya langkah pengelolaan yang lebih intensif, Desa Wisata Pesangkalan berharap dapat memberikan pengalaman wisata yang lebih baik kepada para pengunjung.

Mereka tidak hanya berfokus pada pengelolaan wisata semata namun juga menjaga berkewajiban keberlanjutan ekosistem di sekitar Curug Pletuk.

BACA: Wisata Posong Temanggung, Keindahan Panorama Lereng Sindoro

Program konservasi alam serta upaya pelestarian lingkungan aktif diterapkan di sekitar obyek wisata ini. Tujuannya untuk memastikan bahwa keindahan alam ini dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Adanya pengelolaan wisata langsung oleh masyarakat setempat menjadi obyek wisata ini memberi dampak ekonomi yang postif. Masyarakat sekitar Curug Pletuk Banjarnegara bisa membuka usaha sekitar air terjun tersebut.

Warga setempat ada yang mengelola loket tiket, penyewaan peralatan, warung, dan layanan pendukung lainnya.

Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferry Wawan Cahyono mengatakan pengelolaan yang maksimal ini memberikan dampak positif bagi ekonomi desa. Pemerintah juga berkomitmen untuk melestarikan keindahan alam yang menjadi aset berharga tersebut.

Pemerintah desa setempat berharap bahwa keberadaan Curug Pletuk dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar melalui sektor pariwisata.

Spot Foto Curug Pletuk Banjarnegara

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam di sini. Mereka juga bisa mengabadikan kunjungan dalam jepretan kamera smartphone. Ada banyak Spot foto yang instagramable di Curug Pletuk ini.

BACA: Kapan DCF 2024 Dilaksanakan Simak Ini Agenda Dieng Culture Festival

Air terjun, sungai yang jernih, hutan yang menghijau, dan lokasi wisata yang bersih menciptakan latar belakang yang sempurna untuk berbagai jenis pemotretan.

Bila berkunjung ke Curug Pletuk Banjarnegara maka perhatikan jam buka wisata ini. Untuk hari Senin hingga Jumat, Curug Pletuk buka mulaipukul 8.00 WIB hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan atau hari libur nasional, Curug Pletuk buka mulai pukul 8.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar