Fobis.ID > News > Gaji Rp6 Juta di Jakarta Apakah Cukup Untuk Hidup?

Gaji Rp6 Juta di Jakarta Apakah Cukup Untuk Hidup?

Jakarta, sebagai ibukota Indonesia, sering kali menjadi destinasi bagi banyak lulusan baru yang sedang memulai karier mereka. Gaji Rp6 Juta di Jakarta apakah Cukup Untuk Hidup?

Pertanyaan umum yang muncul adalah “Apakah gaji Rp6 juta cukup untuk hidup di Jakarta?” Apakah benar hidup di Jakarta sangat mahal?

Apalagi semakin taun biaya hidup di Jakarta semakin besar. Bagaimana jika di Tahun 2023 ini, apakah gaji 6 juta di Ibu Kota masih layak.

Merantau ke Jakarta dengan Gaji 6 Juta: Cukupkah?

Berdasarkan pengalaman, berikut adalah estimasi biaya hidup bulanan untuk seorang pekerja muda yang baru merantau ke Jakarta:

  1. Biaya Kost Ber-AC: Sekitar 2 juta rupiah per bulan.
  2. Biaya Makan: Mengasumsikan kita makan 3 kali sehari dengan biaya makan 25 ribu rupiah per kali makan, maka total biaya makan dalam sebulan adalah Rp 2.250.000,-.
  3. Biaya Makan Mewah: Sekali seminggu kita mungkin ingin makan mewah, misalkan dengan budget 100 ribu rupiah. Dalam sebulan, biaya ini menjadi Rp 400.000,-.
  4. Biaya Pakaian: Sebagai karyawan baru, Anda mungkin perlu membeli pakaian kerja dan pakaian casual. Untuk itu, siapkan budget sekitar Rp 500.000,- untuk masing-masing jenis pakaian, atau totalnya Rp 1.000.000,- per bulan.
  5. Biaya Lainnya: Ini termasuk jajan, snack, kopi, dan lainnya yang dapat memakan biaya sekitar Rp 350.000,- per bulan.

Jika kita menjumlahkan semua biaya ini, totalnya adalah Rp 6.000.000,-. Dengan Gaji Rp6 juta di Jakarta, Anda mungkin bisa bertahan hidup di Jakarta, namun tentu saja dengan gaya hidup yang sangat hemat.

Baca juga: Cara Menjawab Pertanyaan Ingin Gaji Berapa Saat Interview Kerja

Namun, perlu dicatat bahwa ada banyak biaya lain yang mungkin belum termasuk dalam perhitungan di atas.

Lanjut laman 2 ya ..

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar