Fobis.ID > News > Golkar Mendominasi Jawa Barat, Pakar Politik Unpad: Ace Hasan Berperan Sentral

Golkar Mendominasi Jawa Barat, Pakar Politik Unpad: Ace Hasan Berperan Sentral

FOBIS.ID – Berdasarkan hasil real count KPU RI, Partai Golongan Karya (Golkar) berhasil meraih suara terbanyak di Provinsi Jawa Barat pada Pemilu 2024, baik untuk pemilihan anggota DPR RI maupun DPRD provinsi. Keberhasilan ini menandai kemenangan yang signifikan bagi partai berlambang pohon beringin di wilayah yang menjadi salah satu basis pemilih terbesar di Indonesia tersebut.

Contohnya, dalam Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat II, berdasarkan hasil pleno KPU di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, Golkar memperoleh 497.508 suara untuk pemilihan anggota DPR RI.

tb AC Hasan Golkar
TB. Ace Hasan Syadzily, Ketua DPD Golkar Jawa Barat

Di dapil tersebut, Golkar meraih dua kursi. TB Ace Hasan Syadzily, Ketua DPD Golkar Jawa Barat, berhasil meraih suara tertinggi dengan total 107.704 suara, disusul oleh Dadang M Naser yang memperoleh 100.690 suara.

Menurut pakar politik dari Universitas Padjajaran (Unpad), Asep Sumaryana, kemenangan Golkar di Jawa Barat tidak hanya karena kerja keras pimpinan, kader, dan simpatisan partai, tetapi juga dipengaruhi oleh pengalaman panjang Golkar dalam dunia politik.

“Selain pengalaman, kerja keras para kader dan simpatisan yang didukung oleh pimpinan partai Golkar juga memiliki peran penting dalam membangun kepercayaan masyarakat di Jawa Barat,” ujarnya Selasa 7 Maret 2024.

Asep menambahkan bahwa perilaku elemen Golkar yang konsisten juga membantu dalam mempertahankan suara Golkar dari pemilu sebelumnya.

Lebih lanjut, ia menyoroti peran penting TB. Ace Hasan Syadzily (Kang Ace) sebagai Ketua DPD Golkar Jawa Barat. Menurutnya, kemenangan Golkar di Jawa Barat tak lepas dari kemampuan Ace Hasan dalam memimpin partai tersebut.

“Sosok Ace Hasan memiliki peran sentral. Caranya dalam memotivasi para kader dan simpatisan sangat baik, yang tercermin dari dukungan luas yang ia terima dari berbagai elemen,” tambahnya.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar