Fobis.ID > News > Google Bakal Produksi Smartphone Pixel di India

Google Bakal Produksi Smartphone Pixel di India

FOBIS.ID – Alphabet’s Google (GOOGL) telah mengumumkan niatnya untuk memulai produksi smartphone Pixel di India, dimulai dengan Pixel 8 pada tahun 2024.

Langkah Google ini tentunya menambahkan catatan industi smartphone yang memilih India sebagai salah satu pusat produksinya.

Sebelumnya Samsung dan Apple juga memilih negeri anak benua ini sebagai salah satu tempat memproduksi smartphone.

Keputusan ini diungkapkan selama acara ‘Google untuk India,’ saat Google terus memperkuat kehadirannya di pasar India.

Baca juga: Update Android 14 Kini Tersedia untuk HP Google Pixel, Menyusul Samsung dan Lainnya

Selain manufaktur, Google telah merinci rencana untuk memperluas layanannya memproduksi HP Google Pixel di India.

Termasuk kolaborasi dengan pemberi pinjaman non-bank India, DMI Finance, untuk menawarkan pinjaman kecil kepada pedagang, dengan jumlah mulai dari 15.000 rupee India ($180).

Langkah strategis ini sejalan dengan tren yang ditetapkan oleh raksasa teknologi lain seperti Apple (AAPL) dan Samsung, yang juga mencari diversifikasi rantai pasokan mereka dengan meningkatkan operasi manufaktur di India.

Yang patut dicatat, iPhone 15, model terbaru Apple, menandai kali pertama Apple meluncurkan ponsel yang diproduksi baik di India maupun di China.

Meskipun potensi pertumbuhan di India, Google menghadapi beberapa tantangan regulasi dan bisnis di negara tersebut.

Perselisihan hukum muncul, termasuk tantangan dari startup dan perusahaan besar seperti Disney, yang berkaitan dengan kebijakan Google yang mengenakan biaya layanan sebesar 11%-26% pada pembayaran dalam aplikasi di India.

Saham Alphabet mengalami kenaikan sebesar 0,7% dalam perdagangan tengah hari pada hari Kamis, pekan lalu dengan kenaikan yang mencolok sepanjang tahun hampir mencapai 58%.

Sebagaimana diketahui India memiliki potensi sumberdaya manusia yang sangat melimpah. Negara di Asia Pasifik ini memiliki jumlah penduduk nomor dua di dunia setelah China dan diperkirakan akan menyusul menjadi nomor satu di dunia.

Dunia pendidikan yang mendukung menghasilkan sumberdaya manusia yang mumpuni, terutama di bidang teknik dan teknologi informasi. Ini kemungkinan yang menjadi salah satu alasan dari berbagai alasan Google berencana mendirikan pabrik smartphone Google Pixel di India. Tentunya selain kemudahan perizinan dan investasi di negara India tersebut.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar