Fobis.ID > News > Google Hapus Aplikasi iRecorder dari Play Store Karena Ancaman Keamanan

Google Hapus Aplikasi iRecorder dari Play Store Karena Ancaman Keamanan

Berita Tekno – Google telah menarik aplikasi populer iRecorder dari Play Store setelah ditemukan bahwa aplikasi tersebut memiliki kemampuan untuk merekam percakapan, mencuri pesan, dan melacak pergerakan pengguna tanpa izin mereka.

iRecorder, yang merupakan aplikasi perekam layar, telah diunduh sekitar 50 ribu kali sebelum dihapus dari toko aplikasi.

Para peneliti keamanan dari ESET menemukan bahwa aplikasi tersebut mampu memasukkan bug AhMyth RAT ke dalam perangkat pengguna.

Awalnya, ketika aplikasi ini pertama kali diunggah ke Play Store pada tahun 2021, tidak ada tanda-tanda adanya perangkat lunak jahat. Namun, para penjahat siber kemudian menambahkan kode berbahaya ke dalam aplikasi tersebut.

Baca juga: Game Eksklusif PlayStation 5, Ratchet & Clank: Rift Apart, Siap Meluncur di PC Juli 2023

Pengguna yang telah menginstal versi awal iRecorder yang tidak berbahaya mungkin telah terpapar bug AhMyth RAT jika mereka memperbarui aplikasi tersebut.

Pembaruan aplikasi merupakan fitur umum pada ponsel. Dan banyak pengguna mungkin telah mengunduh pembaruan tersebut tanpa menyadari potensi bahaya yang mengancam.

ESET mengatakan bahwa kasus ini menunjukkan bagaimana aplikasi yang awalnya aman bisa berubah menjadi aplikasi berbahaya dan memata-matai pengguna, mengorbankan privasi mereka.

Pengguna yang mungkin telah menginstal aplikasi ini dianjurkan untuk memeriksa perangkat mereka dan segera menghapusnya.

“Sebagai mitra Google App Defense Alliance, ESET mengidentifikasi versi terbaru aplikasi tersebut dikategorikan sebagai aplikasi berbahaya. Mereka segera membagikan temuan tersebut kepada Google. Menyusul peringatan kami, aplikasi tersebut telah dihapus dari toko,” kata tim ESET.

Baca juga: Gara Gara AI: CEO Nvidia Menyebut AI Bikin Orang Jadi Programmer

“Sebagaimana yang dilaporkan oleh Bleeping Computer pada 24 Mei 2023. Ahli penelitian malware dari ESET, Lukas Stefanko, telah memberikan wawasan penting terkait topik ini.”

Panduan untuk menghapus aplikasi iRecorder dari perangkat pengguna meliputi membuka aplikasi Google Play Store. Mengetuk ikon profil di bagian kanan atas. Memilih ‘Kelola aplikasi dan perangkat’. Mengetuk nama aplikasi yang ingin dihapus. dan mengetuk ‘Copot pemasangan’.

*Berita ini dirangkum dari berbagai sumber.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar