Fobis.ID > News > Ini Dia Kelebihan Fitur WeChat, Apakah Layak Dicoba?

Ini Dia Kelebihan Fitur WeChat, Apakah Layak Dicoba?

FOBIS.ID – WeChat saat ini tengah ramai menjadi perbincangan karena ada beberapa kelebihan dari fitur yang ada di dalamnya.

WeChat merupakan aplikasi perpesanan yang dibuat oleh pengembang atau developer dari China, yaitu WeChat Internation Pte. Ltd.

Aplikasi perpesanan ini sejatinya sudah meluncur sekitar 20 tahunan yang lalu tepatnya pada tahun 2011.

BACA JUGA: Cara Daftar WeChat Dengan Mudah, Cuma 9 Langkah Langsung Jadi!

Dari perilisannya tersebut, kini WeChat telah menggaet lebih dari 800 juta pengguna dari seluruh dunia pada tahun 2017, meskipun beberapa negara tidak mengizinkan keberadaan WeChat.

Selagi hal tersebut tidak berlaku di Indonesia, kamu tetap bisa mengunduh WeChat melalui App Store maupun Google Play Store.

Dengan keberadaannya, kamu bisa mencoba kelebihan dan fitur dari aplikasi WeChat yang menarik perhatian ini.

Apa saja kelebihannya? Berikut ini adalah uraian mengenai kelebihan fitur WeChat yang mungkin membuat kamu tertarik untuk mencobanya.

Kelebihan Fitur WeChat

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ada di dalam fitur WeChat dan ternyata ada keunikan di dalam aplikasi ini.

Bagaimana tidak, selain dari fitur perpesanan, aplikasi ini juga dapat menjadi metode pembayaran untuk melakukan jual beli, Lho!

BACA JUGA: Elon Musk Ingin Terapkan Fitur WeChat Pada Twitter X, Apa Alasannya?

Lebih jelasnya, berikut ini adalah kelebihan yang ada di dalam fitur aplikasi WeChat yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Sebagai Aplikasi Perpesanan

Kelebihan fitur WeChat yang pertama tentunya adalah sebagai aplikasi perpesanan karena memang sejatinya begitu.

Apalagi, logo dari aplikasi ini juga mengusung ikon bubble chat yang membuatnya identik sebagai media sosial untuk bertukar pesan.

Keunggulan dalam perpesanannya terletak pada kemampuan grup, undangan dengan kode QR, panggilan suara atau video, kirim file, status, atau bagikan momen.

Hampir mirip seperti aplikasi WhatsApp yang kita pakai sehari-hari, WeChat menawarkan kapasitas grup yang mencapai 500 orang angota di dalamnya.

Selain itu, undangan grup juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan kode QR sehingga tidak perlu repot melakukan simpan kontak atau undangan pribadi dengan tautan.

BACA JUGA: Elon Musk Ingin Jadikan Twitter Platform Pembayaran Kripto

Kemudian, kamu juga bisa melakukan panggilan suara atau video secara individu maupun secara kelompok sehingga bisa mengadakan rapat urgent dengan mudah.

Berikutnya, kamu juga bisa mengirim video, foto, dokumen, atau tautan, bahkan GIF stiker untuk menghidupkan suasana ruang perpesanan.

Sama seperti WhatsApp dengan fitur “Status” miliknya, kamu juga bisa membagikan momennmu dalam fitur “Moments” yang ada di WeChat.

2. Dukungan Bahasa yang Beragam

Selain dari fitur perpesanannya yang unggul, kamu juga bisa mengkustomisasikan bahasa saat kamu menggunakan aplikasi WeChat.

Pasalnya, WeChat tersedia dalam berbagai bahasa dan saat ini bahasa yang tersedia dalam aplikasi ini telah mencapai 18 bahasa berbeda.

Jadi, di manapun kamu berada, kamu bisa mengatur agar WeChat sesuai dengan bahasa di negaramu atau tetap menggunakan bahasa Indonesia.

BACA JUGA: Cara Download Status Whatsapp Mudah Dan Tanpa Ribet

Kehadiran bahasa yang beragam dari aplikasi ini kemungkinan juga akan meningkat seiring dengan penggunaannya yang semakin masif di berbagai wilayah di dunia.

Selain dari dukungan bahasa dalam aplikasi, kamu juga dapat menikmati perpesanan dengan orang di luar negeri dengan mudah.

Pasalnya, WeChat memberikan fitur di mana dia bisa menerjemahkan pesan yang dikirim dengan menggunakan bahasa lain.

Jika kamu sering memulai percakapan atau memiliki partner bisnis dari negara asing, maka WeChat mungkin akan tepat untuk kamu.

3. Kelebihan WeChat Menyediakan Fitur Pembayaran

Selain dari kelebihan fitur perpesanan dan dukungan bahasa yang beragam, WeChat juga menyediakan fitur pembayaran.

Pembayaran yang ada dalam aplikasi WeChat tersedia dalam fitur “Pay” dan “Wallet” yang berfungsi sebagai pembayaran.

BACA JUGA: WhatsApp Web, Cara Login dan Tips Trik Pakainya

Jadi, pelaku usaha yang melakukan transaksi dalam aplikasi WeChat juga akan berlangsung dngan nyaman dan berada di bawah pengawasan.

Selain dari pembayaran, kamu juga dapat mengirimkan uang kepada keluarga, kerabat, atau teman untuk melakukan pembayaran pembelian.

Untuk sistem pembayarannya, WeChat mengintegrasikannya dengan rekening bank sehingga pembayaran bisa berlangsung instan dan nyaman.

4. WeChat Tidak Berbayar

Selain dari keunggulan yang sudah disebutkan, WeChat juga menawarkan kelebihan dalam segi fitur unduhannya.

Mungkin kamu sering mendapati bahwa beberapa aplikasi dari negara asing mungkin menerapkan pembayaran tertentu untuk berlangganan dan sebagainya.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk WeChat karena kamu bisa menginstal aplikasi ini tanpa perlu membayar.

BACA JUGA: Fitur Baru WhatsApp Cara Bisukan Telepon dari Nomor Tidak Dikenal

Berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi ini juga sepenuhnya gratis sehingga kamu tidak perlu khawatir memiliki tagihan dan semacamnya.

Dengan berbagai kelebihan fitur WeChat, maka kamu bisa mencoba berbagai fitur dengan cara menginstalnya lewat handphone kamu.

Namun, perlu kamu ingat bahwa aplikasi ini dibuat oleh developer dari China, jadi tentunya berbeda dengan versi yang ada di China.

Tentunya, fitur untuk wilayah China akan lebih lengkap daripada di Indonesia mengingat aplikasi ini juga menjadi perangkat perpesanan yang utama.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba aplikasi WeChat dan menginstallnya di HP-mu.

Ikuti Kami di Google News

Tinggalkan komentar